Sponsors Link

Fungsi Seni Bagi Sosial

Bagi anda yang gemar dan memiliki jiwa seni tinggi dan paham ketenangan jiwa dapat diraih dengan karya seni, mungkin dengan melakukan kegiatan pengamatan atau hanya sekedar melihat sebuah karya seni akan membuat anda merasakan sensasi yang berbeda. Hal ini tentunya sangat tentunya sangat dipengaruhi oleh fungsi dari karya seni itu sendiri.

Perlu anda ketahui tentang bidang seni rupa, bahwa seni sendiri memiliki beberapa fungsi di berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali dalam bidang sosial. Lantas apa saja sih, fungsi dari seni dalam bidang sosial? Mungkin bagi anda yang sudah terbiasa menikmati suatu karya seni akan tahu tentang hal ini.

Namun, bagi anda yang masih awan dalam hal ini atau belum mengerti manfaat diadakannya lomba seni, maka tak ada salahnya untuk sekedar membaca artikel ini. Mengapa demikan? Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai fungsi dari seni bagi sosial.

Perlu anda ketahui bahwa negara tercinta kita ini, yaitu negara Indonesia memiliki begitu banyak keanekaragaman seni dan budaya yang menyebar dari berbagai kalangan masyarakat.

Tentunya, seni yang ada di negara Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaat dan fungsi. Selain memiliki fungsi individual dalam memenuhi kebutuhan secara fisik dan emosional atau psikis, seni juga memiliki fungsi secara sosial atau kemasyarakatan. Tentunya fungsi sosial ini menyangkut pribadi banyak orang.

Lantas apa saja sih fungsi dari seni bagi sosial itu? Bagi anda yang penasaran, maka anda tidak perlu khawatir. Berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai fungsi dari seni bagi sosial, antara lain:

  • Seni sebagai sarana rekreasi atau hiburan

Fungsi seni bagi sosial yang pertama adalah seni sebagai sarana rekreasi atau hiburan. Jadi melalui sebuah karya seni, anda dapat melepas segala jenis kejenuhan yang selama ini anda rasakan.

Oleh karena itu, masyarakat yang melihat suatu karya seni tersebut dapat terhibur sehingga akan membuat mereka bahagia. Biasanya dengan menyaksikan seni seperti musik, tarian, film atau mungkin lawakan akan membuat anda dapat melupakan kesedihan.

  • Seni sebagai sarana komunikasi

Fungsi seni bagi sosial yang kedua adalah seni sebagai sarana komunikasi. Jadi, melalui sebuah seni anda dapat memanfaatkan untuk menyampaikan segala sesuatu seperti ide atau gagasannya, pesan, kritik, kebijakan-kebijakan dan menawarkan sebuah produk kepada masyarakat. Contohnya adalah lagu balada, poster, drama komedi dan reklame.

  • Seni sebagai sarana pendidikan

Fungsi seni bagi sosial yang ketiga adalah seni sebagai sarana pendidikan. Jadi, melalui sebuah seni akan dapat memberikan sebuah nilai moral atau suatu pembelajaran kepada masyarakat.

Hal ini karena memang biasanya seni tersebut memiliki pesan yang mendidik. Contohnya adalah gambar ilustrasi dalam sebuah buku pelajaran, poster ilmiah dan lagu-lagu anak.

  • Seni sebagai sarana religi atau keagamaan

Fungsi seni bagi sosial yang keempat yaitu seni sebagai sarana religi atau keagamaan. Jadi melalui sebuah karya seni dapat anda manfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan yang berbau keagamaan atau religi. Contohnya adalah kaligrafi, arsitektur tempat ibadah, busana keagamaan dan sebagainya.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai fungsi seni bagi sosial yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang telah berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda.

Dan semoga melalui artikel ini pula juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel penulis selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Seni