Sponsors Link

Kerajinan Tangan dari Sulawesi Tenggara dan Penjelasannya

Pesona alam dan budaya Sulawesi Tenggara tak kalah indahnya dengan wilayah lainnya di Indonesia. Banyak dijadikan pilihan sebagai destinasi wisata, Sulawesi Tenggara banyak menghasilkan berbagai macam kerajinan tangan yang juga tak kalah unik dengan ciri khas Sulawesi Tenggara.

ads

Kebudayaan dan juga kerajinan tangan penduduk setempat sangat berkaitan. Berikut ini beberapa kerajinan tangan khas Sulawesi Tenggara yang paling banyak diburu para wisatawan.

1.Kain Tenun khas Kendari

Sama seperti wilayah di Indonesia lainnya, Sulawesi Tenggara terdapat pula batik tenun yang bernama motif Tolaki. Batik tenun Tolaki ini merupakan primadona kain tenun khas Sulawesi Tenggara. Motif Tolaki ini memiliki ciri khas benang emas yang membentuk garis halus dan ada aksen bunga kecil-kecil.

Motif yang terkenal di masyarakat Tolaki adalah ragam hias mua. Dan pewarnaannya meliputi jingga muda, biru laut, kuning susu dan merah samar. Hingga saat ini tradisi menenun masih berkembang karena kecintaan masyarakatnya terhadap kain tradisional tersebut. pakaian adat sulawesi tenggara bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

2. Kain Tenun Buton

Kerajinan tenun dari Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara adalah kerajinan tenun lainnya yang tak kalah cantiknya. Tenun Buton juga kaya akan warna-warna.

Inilah yang menjadi kekhasan kerajinan tenun dari Buton. Dari sekian motif dan warna yang dihasilkan penyebutannya selalu disesuaikan dengan penngamatan alam dengan mengunakan nama-nama daerah dari berbagai jenis tumbuhan yang ada di Pulau Buton Oleh masyarakat Buton.

Kerajinan tenun ini dianggap mampu menjadi perekat sosial bagi masyarakat Buton, sebab tenun Buton adalah pengejawantahan orang-orang Buton memahami lingkungan alamnya. alat musik tradisonal sulawesi tenggara bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Kerajinan Gerabah

Penduduk lokal Sulawesi Tenggara juga memproduksi kerajinan gerabah. Kerajinan jenis ini bisa anda lihat di daerah Lipu Bau-Bau Buton. Kerajinan gerabahini  merupakan jenis usaha kecil (yang dijalankan oleh keluarga) yang menghasilkan aneka periuk, vas bunga, wajan dan peralatan rumah tangga lainnya.

4. Kerajinan Perak Kendari

Kendari adalah ibu kota dari Sulawesi Tenggara yang sangat terkenal dengan kerajinan Peraknya. Kerajinan perak Kendari sudah terkenal akan keindahan keanggunan dan kehalusannya. yang tidak kalah dengan beberapa pusat kerajinan perak di Indonesia misalnya .

Konon cerita dari penduduk lokal bahwa motivasi kerajinan perak di Kendari ini diawali dengan mengamati seekor laba-laba sedang membuat sarangnya, dengan sebuah jarum dan benang perak mulailah dibuat segala bentuk hiasan, bingkai-bingkai perak dan mengisinya dengan jaringan benang perak yang halus.

Kemudian perhiasan diciptakan berbentuk bunga anggrek, mawar atau bahkan sarang laba-laba. Juga bentuk-bentuk yang lebih besar, seperti kapal layar, Cerek dan lain sebagainya.

5. Kerajinan Gembol Ukir

Masyarakat Kendari, mengenal kerajinan gembol sebagai kerajinan tumor kayu. Bahan dasar dari kerajinan ini diambil dari apar kayu yang menyerupai benjolan tumor pada manusia. Bahan-bahan tersebut biasanya diperoleh dari aneka pohon besar yang tumbuh di Provinsi Sulawesi Tenggara.

6. Berbagai Pernak-Pernik Dekorasi Rumah

Tak hanya tenun dan kerajinan perak, di Kota Kendari Toppers juga bisa menemukan banyak produk dekorasi rumah menarik yang bisa dijadikan buah tangan khas Kendari yang menarik.

Umumnya, oleh-oleh khas Kendari ini bertemakan laut seperti miniatur pesiar kerajinan-kerajinan dari kerang dan pernak-pernik khas kawasan pesisir lainnya.

7. Panamba

Panamba adalah salah satu kerajinan khas Buton yang masih kurang dikenal. Panamba kerajinan tudung saji yang tidak kalah menarik dengan kerajinan khas Sulawesi Tenggara lainnya.

Walaupun tidak banyak pegarajinnya, Panamba dapat ditemukan yang di Kelurahan Melai Kecamatan Murhum Kota Baubau. Kerajinan tudung saji tradisional panamba ini biasanya digunakan oleh masyarakat buton sebagai penutup talang pada acara-acara budaya seperti Pekakande-kandea.


Pembuatan kerajinan tudung saji tradisional panamba, tersebut berbahan dasar dari daun kepala tua kemudian dirajut hingga menghasilkan hasil karya yang sangat indah sekali.

Itulah beberapa kerajinan khas Sulawesi Tenggara yang sangat menarik. Selain sebagi mata pencaharian penduduk lokal, kerajinan tradisional ini merupakan warisan budaya leluhur yang patut untuk dilestarikan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya