Sponsors Link

Tata Lampu dalam Seni dan Penjelasannya

Salah satu hal atau unsur yang sangat penting keberadaanya dalam sebuah seni adalah dari tata lampu sebagai pendukung suksenya acara tersebut. Sebut saja seperti pada saat akan adanya sebuah pemenatasan seni ayau teather atau bisa juga seni musik, maka unsur yang sangat penting yang ada di dalamnya adalah tata lampu atau yang sering disebut dengan lighting. 

ads

Adapun tata lampu atau lighting tersebut merupakan penataan peralatan pencahayaan yang dalam hal ini adalah untuk menerangi panggung untuk mendukung sebuah pementasan karena jika tidak ada pencahayaan sudah barang tentu pementasa tidak akan terlihat dan meskipun ada pencahayaan tetapi kurang maksimal maka akan mengurangi kemeriahan sebuah panggung.

Untuk ulasan selengkapnya mengenai tata lampu seni tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

Dalam Sebuah Seni, Tata Lampu Terbagi Atas Dua Jenis, Yakni :

  • Lighting Sebagai Penerangan

Yakni tata lampu yang berfungsi hanya sebagai penerangan dalam sebuah pentas seni atau panggung serta unsur-unsur dalam pementasan agar terlihat dengan baik.

  • Lighting Sebagai Pencahayaan

Yakni lighting yang berfungsi untuk artistik pementasan. Lighting dalam hal ini berfungsi untuk mendukung suasana sesuai dengan tuntunan naskah.

Unsur Unsur Penting Dalam Lighting

Dalam tata lampu seni, maka ada beberapa unsur yang harus diperhatikan untuk mendapatkan lighting atau tata lampu yang bagus, antara lain adalah sebagai berikut .

  • Tersedianya Peralatan dan Perlengkapan

Yang termasuk dalam peralatan dan perlengkapan adalah tersedianya lampu, kabel, holder dan juga beberapa peralatan yang seyogianya berhubungan dengan lighting dan listrik. Pastikan peralatan dan perlengakapan yang ada butuhkan sesuai dengan acara yang sedang terselenggara.

  • Tata Letak dan Titik Fokus

Tata letak adalah penempatan lampu sedangkan titik fokusnya adalah daerah jatuhnya cahaya. Pada umumnya sobat, penempatan lampu dalam pementasan adalah ditas dari arah depan panggung, oleh karena itu titik fokus tepat berada di atas panggung. Dalam hal ini tata panggung dalam seni sangatlah penting.

  • Keseimbangan Warna

Keseimbangan warna merupakan keserasian penggunaan warna cahaya yang dibutuhkan. Hal ini berarti lightigman harus memiliki pengetahuan tentang warna yang tepat dalam tata lampu tersebut.

  • Penguasaan Alat dan Perlengkapan

Dalam hal ini lightingman harus memiliki pemahaman betul akan sifat dan karakter cahaya yang dibutuhkan dari perlengakapan tata lampu yang ada. Tata cahaya ini sanat erat hubungannya dengan listrik, maka seoarang lightingmen juga harus memiliki pengetahuan tentang kelistrikan yang berhubungan dengan  tata lampu tersebut.

  • Pemahaman Naskah

Lightmen juga harus paham mengenai naskah yang akan dibawakan dalam sebuah seni. Hal ini dikarenakan naskah tersebut juha berhubungan dengan lighting tersebut. Selain itu lightingmen juga harus paham dan mengerti maksud dan juga jalan pikiran sutradara sebagai “ penguasa tertinggi “ dalam pementasan tersebut.

Trik Aplikasi Warna Dalam Tata Lampu Seni

  • Apliaksikan warna cerah pada salah satu elemen luar.
  • Gunakan warna yang netral untuk fasad bangunan, namun jika anda ingin menggunakan warna cerah aplikasikan hanya pada satu bidang
  • Pada warna ruangan yang terlihat monoton, tambahkan cahaya buatan agar ruangan lebih “ hidup “ .
  • Untuk menghilangkan kesan gelap, gunakan warna yang cerah pada ruang yang menurut anda ingin ruangan tersebut lebih hidup.

Sekian ulasan mengenai tata lampu dalam  seni yang bisa penulis sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni