Sponsors Link

Kerajinan Tangan dari NTB dan Penjelasannya

Nusa Tenggara Barat terkenal akan pulau Lombok yang memiliki alam yang sangat cantik.  cinderamata kerajinan tangan khas yang tidak akan dijumpai di tempat lain. Selian alamnya yang indah Nusa Tenggara Barat juga terkenal dengan pernak-pernik kerajinan tangannya yang tak kalah cantiknya. Inilah beberapa kerajinan tangan khas NTB yang wajib diketahui :

1.Batik Sasambo

Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki batik sebagai kerajinan tangan yang indah. Batik sasambo namanya. Sasambo merupakan gabungan tiga etnis yang mendiami bumi NTB – Sasak di Lombok, Samawa di Sumbawa, dan Mbojo di Bima. Ketiga Suku ini bersatu dalam hal kerajinan tangan tradisonal dan dibuatlah batik sasambo sebagai medianya.

Uniknya ketika pelepasan warna di batik sasambo. Potongan besi yang ujungnya telah dipanaskan akan ditempel pada kain untuk melepas bahan lilin sebagai pemisah warna di batik sasambo.

Untuk motif, batik sasambo memiliki motif sasambo, motif made sahe (mata sapi), motif kakando, dan uma lengge (berupa rumah tradional dengan kubah yang menyerupai kerucut). Batik dari masing-masing daerah pun dapat dibedakan dari corak dan warna yang dihasilkan. pakaian adat ntb bisa dijadikan sebagai informasi tambahan..

2. Kain Songket Sasak

Kain Songket Sasak adalah kain tenun khas Nusa Tenggara Barat. Menurut penduduk Pulau Lombok, kain tenun sangat berkaitan dengan banyak aspek dalam budaya mereka.

Maka dari itu dulu orang-orang Sasak sebagai penduduk asli melakukan ritual sebelum menenun kain yang populer juga sebagai buah tangan khas Lombok ini. alat musik tradisional ntb bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan tanah liat Tembikar dari NTB ini sangat terkenal. Tembikar mudah dijumpai di daerah Banyumelek, Lombok Barat. Tembikar dari tanah liat ini dapat dibentuk seperti Anglo, Kuali, Guci, Cerek Maling, dan sebagainya. Tembikar kha NTB ini wajib untuk membawa pulang beberapa kerajinan lokal ini sebagai oleh-oleh khas dari Lombok.

4. Anyaman Ketak

Lombok juga mempunyai desa sentra industri kerajinan tangan yang tertua dan terbesar, yaitu Desa Beleka. Bedanya, yang dihasilkan di Desa Beleka adalah pernak-pernik anyaman khas Lombok yang disebut Anyaman Ketak.

Sesuai namanya Anyaman Ketak terbuat dari tanaman liar yang disebut ketak yang kemudian dianyam menjadi berbagai bentuk, seperti tatakan gelas, tas wanita, tempat perhiasan, aneka pajangan rumah, gentong, sampai meja hias.

5. Mutiara Laut dan Air Tawar Sekarbela

Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat dikenal akan keindahan warna-warni mutiaranya. Pengrajin dan pembudidaya mutiara yang cantik dan memikat ini banyak dijumpai di daerah Sekarbela yang terletak di Kota Mataram.

Mutiara tersebut dapat dijumpai di kios, toko besar, bahkan sampai pedagang kaki lima di pinggir jalan. Mutiara yang dijualpun beragam, dari yang berupa butiran sampai yang sudah diuntai menjadi aneka perhiasan.

Selain mutiara air laut dengan berbagai bentuk dan warna, Lombok juga mempunyai mutiara air tawar yang dibudidayakan di air tawar dan biasanya berbentuk lonjong. Tidak seperti mutiara air laut, mutiara air tawar menyediakan pilihan warna yang bervariasi seperti hitam, biru, pink, putih, oranye, hijau, merah, dan kuning. Dan harganya pun lebih murah.

6. Gasing Lombok (Begasingan)

Masyarakat Sasak mempunyai permainan tradisional yang tergolong cukup tua yang dinamakan Begasingan atau sejenis gasing. Wah jadi teringat masa kecil kita ya! Bedanya, gasing khas Lombok ini mempunyai jenis tersendiri, gasing besar untuk memukul disebut pemantok, dan gasing kecil untuk diputar atau dipasang dinamakan penggorong atau pelepas.

Bahan gasing khas Lombok Timur ini terbuat dari kayu asam dan besi pinggirnya dari beji baja kolaher yang dipande. Nah, bagi Anda yang kangen masa-masa kecil Anda, nggak ada salahnya untuk membawa pulang gasing tradisional khas Lombok ini sebagai cinderamata.

Demikianlah beberapa kerajinan tangan khas Nusa Tenggara Barat yang sangat cantik dan cocok dibawa sebagai cinderamata untuk orang-orang yang dicintai.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya