Sponsors Link

Pakaian Adat Sulawesi Selatan dan Penjelasannya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, negara kita tercinta Indonesia ini merupakan salah satu negara yang memiliki banyak pulau yang tersebar dari sabng hingga Merauke. Salah satu provinsi yang terdapat di antara pulau tersebut adalah provinsi Sulawesi Selatan.  Provinsi Sulawesi Selatan tersebut mayoritas dihuni oleh penduduk latar belakang Heterogen. 

ads

Diantara penduduk-penduduk tersebut, suku Makasar, suku Bugi dan juga suku Mandar adalah suku yang paling dominan pada provinsi Sulawesi Selatan tersebut. Meski ada beberpa penduduk yang mendiami daerah provinsi tersebut dan juga berbagai kebudayaan yang ada, provinsi tersebut tidak menjadikan hal tersebut sebagai suatu hal yang menjadi pemisah atau pembeda, namun hal tersebut dianggap sebaga suatu hal yang membuatnya menjadi kaya.

Oleh karena ada beberapa suku di provinsi Sulawesi Selatan tersebut, maka tentunya terdapat juga beberapa budaya yang ada disana dan salah satunya adalah seperti pakaian adatnya. Untuk ulasan selengkapnya mengenai pakaian adat dan penjelasannya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Setiap suku yang terdapat pada Sulawesi Selatan memiliki pakaian adat yang berbeda satu dengan yang lainnya. Namun yang lebih populer dari pakaian adat Sulawesi Selatan tersebut adalah baju baju bodo. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Pakaian Adat Wanita Sulawesi Selatan

Baju Bodo merupakan salah satu pakaian adat yang paling umum dan paling mayoritas di Sulawesi Selatan. Baju Bodo ini dibuat dari bahan kain kain muslin. Kain ini adalah kain hasil pintalan kapas yang dijalin bersama kain benang katun. Rongga dan juga kerapatan benang yang cukup renggang, menjadikan kain ini sejuk digunakan sehingga sangat cocok  digunakan di Sulawesi Selatan yang memiliki iklim tropis.  Baju Bodo ini juga sering disebut dengan bodo gesung.

Aturan Pemakaian Baju Bodo Lesung :

  • Warna jingga dipakai oleh perempuan yang berumur kurang dari 10 tahun
  • Warna jingga dan merah darah dipakai oleh perempuan berumur 10 hingga 14 tahun
  • Warna merah darah dipakai oleh wanita 17 hungga 25 tahun
  • Warna putih dipakai oleh para inang dan juga dukun
  • Warna hijau dipakai oleh putri bangsawan
  • Warna ungu dipakai oleh para janda

Pakaian Adat Pria Sulawesi Selatan

Untuk kaum pria, masyarakat Sulawesi Selatan tersebut menggunakan pakaian adat yang disebut dengan Bella dada. Baju ini dikenakan bersamaan dengan paroci ( celana ), lipa garusuk ( kain sarung ) , dan passapu ( tutup kepala seperti peci ). Model baju bella dada ini sendiri baju yang berbentuk jas dengan tutup berlengan panjang dengan kerah dan kancing sebagai perekatnya.

Selain itu sobat, baju ini juga dilengkapi dengan saku dibagian kiri dan juga kananya. Namun baju ini berbeda dengan baju bodo yang pada umumnya digunakan oleh musim ya sobat, baju adat atau pakaian adat Sulawesi Selatan ini memiliki kain yang lebih tebal. Selain itu menggunakan passapu sebagai tutup kepala yang dibuat khusus dari anyaman daun lontar sehingga terlihat unsur klasik dan budayanya.


Pakaian Adat Lainnya yang perlu anda ketahui :

Demikain ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini.  Terima kasih untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini.  Semoga bermanfaat dan menjadi refrensi untuk anda. Sampa jumpa, salam hangat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya