Sponsors Link

Suku Tengger dari Jawa Timur dan Penjelasannya

Bagi sobat yang lahir dan besar serta bertempat tinggal di wilayah pulau Jawa bagian wetan alias Jawa timur, mungkin sudah banyak yang mengenal mengenai segala sesuatu yang berasal dari daerah Jawa timur tersebut.

ads

Mulai dari adat istiadat, kebudayaan-kebudayaan, kesenian, kerajinan, yang berasal dari daerah Jawa Timur. Namun apakah sobat sudah mengetahui bahwa di wilayah Jawa Timur terdapat sebuah suku yang bernama suku Tengger?

Bagi masyarakat yang masih awam dan tidak mengetahui banyak hal mengenai hal-hal seperti ini, mungkin masih penasaran mengenai keberadaan suku Tengger dari Jawa Timur tersebut. suku osing dari jawa timur bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Nah, bagi sobat yang ingin lebih mengetahui dan mengenal suku Tengger ini, maka sobat tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai suku Tengger dari Jawa Timur.

Jawa Timur adalah sebuah provinsi yang memiliki luas wilayah sekitar 47.992 km² dan memiliki jumlah penduduk yang mencapai sekitar 42.030.633 jiwa saat di sensus pada tahun 2017 yang lalu.

Bahkan provinsi ini memiliki wilayah yang paling luas diantara 6 wilayah provinsi yang ada di pulau Jawa dan memiliki total penduduk terbanyak nomor dua setelah Jawa Barat di Indonesia.

Dengan angka-angka tersebut, tentunya Jawa Timur memiliki tradisi dan budaya serta suku yang berlimpah. Salah satu suku yang ada di Jawa Timur adalah suku tengger.

Lantas seperti apakah suku tengger itu? Bagi sobat yang penasaran, maka tidak perlu khawatir. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai suku tengger dari Jawa Timur, antara lain:

1.Pengertian dan asal nama Suku Tengger

Suku tengger dari Jawa Timur atau wong tengger atau juga bisa disebut dengan wong bramamerupakan Suku yang mendiami dataran tinggi sekitaran pegunungan Bromo-tengger-Semeru-Jawa timur-Indonesia.

Penduduk Suku tengger menempati sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan, kabupaten Lumajang, kabupaten Probolinggo, dan kabupaten Malang. Kemudian mengenai asal nama dari Suku tengger ini ada 3 teori yang menjelaskan asal nama Suku tersebut. kebudayaan suku sasak bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Yang pertama bahwa tengger berarti berdiri tegak atau diam tanpa gerak, yang melambangkan watak orang tengger yang berbudi luhur, yang harus tercermin dalam segala aspek kehidupan.

Yang kedua yaitu tengger bermakna pegunungan, yang sesuai dengan daerah yang di tinggali Suku tengger. Dan teori yang ketiga adalah bahwa nama tengger diperoleh dari gabungan dari nama leluhur suku tengger, yakni Rara Anteng dan Jakarta Seger.

2. Agama dan kebudayaan Suku tengger

Suku tengger dari Jawa Timur dahulu dikenal sebagai suatu Suku yang taat dengan aturan dan agama Hindu. Hal ini karena penduduk Suku tengger diyakini merupakan keturunan langsung dari Kerajaan Majapahit.

Namun, seiring dengan penyebaran agama Islam di Nusantara tidak menutup kemungkinan jika saat ini juga banyak masyarakat Suku tengger yang telah memeluk agama Islam.

Bagi Suku tengger, gunung Bromo dipercaya sebagai gunung yang suci. Oleh karena itu setiap satu tahun sekali mereka mengadakan upacara yadnya kasada atau kadoso. Upacara adat lain yang diamalkan oleh Suku tengger adalah unan-unan, leliwet, entas-entas, dll.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai suku tengger dari Jawa Timur yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini.


Semoga saja dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya