Sponsors Link

Jenis Jenis Tarian Banten dan Penjelasannya

Helo sobat terkasih semua, berjumpa lagi dengan penulis nih di kesempatan kali ini. Seperti biasa ya sobat, penulis akan membagikan informasi yang bermanfaat bagi anda. Dengan begitu anda akan mempunyai wawasan baru dan bisa dishare ke teman – teman lainnya.

ads

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah menjadi kewajiban ya sobat untuk melestarikan warisan budaya dan adat istiadat. Dengan begitu negara kita tercinta ini akan tetap mempunyai harta yang berharga dan identitas yang menjadi ciri khas.

Berbeda dengan pembahasan sebelumnya yakni jenis jenis tarian jawa barat atau pun jenis jenis tarian jawa tengah, pada kesempatan kali ini kami ingin mencoba membagikan informasi untuk anda agar bisa menambah wawasan baru mengenai jenis – jenis tarian banten. Yuk bagi anda yang ingin mengetahui ulasan lengkapnya bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Daerah Banten juga mempunyai banyak seni tari yang unik dan menarik lo sobat. Namun sayangnya, beberapa diantara kurang dikenal di masyarakat karena jarang dipelajari atau pun dipertunjukkan. Berikut ini terdapat beberapa tarian yang berasal dari Banten, antara lain :

1. Tari Maler Bedug

Tari yang satu ini diciptakan dengan memanfaatkan beberapa keberagaman alat musik tradisional banten. Kostum padu padan antara warna merah dan biru sudah melekat pada tarian ini sobat. Jadi masyarakat sudah bisa menebak, meskipun tariannya belum dipertunjukkan hanya dengan melihat kostum penarinya.

Untuk gerakannya sendiri diadobsi dari bedug pamarayan dan juga silat trumbu. Karena gerakan dari tari maler bedug mempunyai kesan dinamis, maka sangat cocok dan tepat jika digunakan sebagai pertunjukan pembuka suatu acara untuk memberikan penyambutan kepada tamu sobat terkasih semua.

2. Ngebaksakeun

Untuk tarian yang kedua ini tidak berbeda jauh dengan tari maler bedug sobat. Karena gerakkannya diadobsi dari silat trumbu dan sangat cocok dijadikan sebagai tarian pembuka suatu acara untuk memberikan penyambutan kepada tamu. Kostumnya pun identik dengan warna biru.

3. Tari Grebeg Terbang Gede

Tarian yang ketiga ini juga identik dengan kostum warna biru sobat. Kata grebeg mewakili keramahtamahan, keterbukaan dan juga kereligiusan dari masyarakat Banten. Tari grebeg terbang gede diadobsi dari gerakan kesenian terbang gede yang berasal dari daerah Serang dan juga gerakan silat yang berasal dari daerah Banten. Tari ini ternyata juga mempunyai tujuan untuk memberikan sambutan kepada para tamu.

4. Tari Topeng

Tari topeng mempunyai ciri khas gerakan gemulai dan hanya dilakukan oleh satu orang pria saja (individu). Terciptanya tari topeng ini dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa dendam pada seorang gadis yang telah melakukan penolakan terhadap cinta seorang pria. Sesuai dengan namanya ya sobat tari topeng, kostumnya pun menggunakan topeng, sehingga wajah asli dari penarinya tidak bisa dikenali. Hal ini sangat menguntungkan bagi penari yang mempunyai tingkat nerveous yang tinggi.

Jika dillihat dari tujuannya, tari dari daerah Banten sebagian besar mempunyai tujuan sebagai penyambut tamu ya sobat. Selain 3 jenis tarian yang sudah penulis ulas di atas, masih terdapat beberapa jenis tarian lainnya yang bisa sobat ketahui. Di kesempatan selanjutnya penulis akan memberikan ulasan satu persatu secara lengkap ya sobat. Sebagai tambahan, tarian yang penulis maksud ialah :

  • Tari Cokek
  • Tari Dzikir Zaman
  • Tari Katuran
  • Tari Gitik Cokek
  • Tari Bedug Warnane
  • dan lain – lain.
Sponsors Link

Demikian yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai jenis – jenis tarian banten. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari