Sponsors Link

4 Aspek Penilaian dalam Karya Seni Rupa

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat,  karya seni ada banyak jenisnya seperti unsur seni dalam busana. Salah satu karyanya adalah seperti karya seni rupa. Karya seni rupa itu sendiri merupakan salah satu cabang kesenian yang membentuk sebuah karya seni dengan menggunakan media yang dapat ditangkap secara kasat mata

dan juga dapat dirasakan ataupin disentuh dengan menggunakan indra peraba. Sebuah karya seni rupa akan menciptkan sebuah karya yang meluapkan sebuah eksrepsi, keindahan, kecintaan dan juga berbagai hal yang dituangkan dalam sebuah media yang bisa dilihat secara langsung ataupun bisa disetuh.

Misalnya saja seperti hasil karya lukisan dengan seni lukis aliran romantisme seornag pelukis, yang meluangkan imajianasinya dan mengekspresiaknnya dalam sebuah kanvas yang pada akhirnya akan menghasilkan sebuah lukisan yang indah yang bisa kita rasakan keindahannya lewat perpauan warna yang terdapat pada lukisan tersebut.

Nah sobat semua, berbicara mengenai karya seni rupa tersebut, maka akan membutuhkan beberapa teknik penilaian yang terkandung di dalamnya. Dari aspek atau ukuran penilaian yang akan dibahas tersebut, terdapat beberapa aspek. Untuk ulasan selengkapnya mengenai Aspek Penilaian dalam Karya Seni Rupa tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

  • Asek Ide atau Gagasan

Proses kreatif dalam dunia seni rupa seperti seni patung untuk keindahan rumah, meruapakan suatu proses yang timbul dari sebuah imajinasi menjadi sebuah kenyataan. Proses mencipta suatu benda melalui pikiran, dan melaksanakannya melalui proses sehingga masyarakat dapat

menikmati dan memanfaatkannya. Ekspresi yang muncul akibat adanya rangsangan dari luar dan juga ilham dari dalam yang tentunya menciptakan keunikan tersendiri. Nah sobat, keunikan dari ekspresi itulah yang disebut dengan kreativitas.

  • Aspek Kegunaan

Aspek kegunaan merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari karya seni rupa tersebut. Aspek kegunaan ini merupakan hal yang sangat penting yang merupakan fungsi utama dari seni rupa tersebut. Segi-segi penilaian yang perlu dipertimbangkan dalam kegunaan adalah segi kenyamanan dalam penggunananya, dari segi keluwesan/ fleksibilitas dan juga dari segi keamanan dalam hal penggunaanya.

  • Aspek Penguasaan Teknis

Adapun aspek teknis merupakan cara untuk mewujudkan suatu ide menjadi hal-hal yang kongkrit dan juga tentunya mempunyai nilai. Ketidakterampilan dalam menggunakan atau menguasai teknik akan berdampak pada hasil karya yang dihasilkan.

Demikian juga dalam hal pemilihan teknis, segala sesuatunya membutuhkan pertimbangan dalam pembuatan karya seni tersebut. Kesalahan dalam pembuatan teknik, juga akan berdampak pada hasil karya seni itu sendiri oleh karena itu, pemilihan teknik dalam sebuah hasil karya tentunya merupakan hal yang harus dipertimbangkan.

  • Aspek Penguasaan Bahan

Setiap bahan dalam karya seni mempunyai sifat dan juga karaketristik yang berbeda  satu dengan yang lainnya. Untuk itu, seorang pencipta karya seni tersebut harus tau betul sifat dan juga karakter bahan yang akan digunakan dalam

karya seni rupanya tersebut. Kesalahan dalam pemilihan bahan, juga akan berakibat pada hasil karya yang dibuat oleh seorang seniman tersebut. Oleh karena itulah sobat aspek penguasaan bahan dalam penilaian karya seni rupa terapan  patut  dipertimbangkan.

Nah sobat semua, itulah beberpa aspek penilaian dalam karya seni rupa yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini, sampai jumpa diartikel selanjutnya dengan pembahasan yang lebih menarik untuk ada. Salam hangat, salam seni.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Rupa