Sponsors Link

Apresiasi Seni dan Penjelasannya

Bagi anda yang sudah lama dan gemar mempelajari ilmu seni budaya, pastinya anda sudah pernah mendengar sebuah materi mengenai apresiasi karya seni. Hal ini karena memang kegiatan apresiasi karya seni ini memang sangat erat kaitannya dengan sebuah karya seni misalnya macam karya seni dalam fashion. Namun, hal ini tidak akan membuat semua orang sudah memahami dan mengetahui apa sebenarnya apresiasi karya seni itu. Mungkin bagi mereka yang masih awam dalam dunia seni, masih asing dengan istilah yang satu ini. Lantas seperti apa sih apresiasi seni itu? Bagi anda yang penasaran dan sekaligus ingin lebih mengenal mengenai apresiasi karya seni, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini, penulis akan  memberikan sedikit ulasan mengenai apresiasi seni dan penjelasannya.

Apakah anda pernah mendengar mengenai apresiasi terhadap karya seni atau aspek penilaian dalam karya seni rupa? Mungkin ada banyak kegiatan yang anda lakukan atau orang lain lakukan yang juga berupa apresiasi karya seni, akan tetapi anda sendiri tidak menyadarinya. Hal ini karena apresiasi karya seni memang kerap mengalir tanpa di rencanakan karena setiap orang memiliki rasa atau selera seni yang berbeda-beda. Misalnya saja saat anda mendengarkan musik, menyaksikan pertunjukan seni atau juga mengunjungi galeri kesenian. Pasti, secara alami anda memiliki penilaian terhadap bentuk seni-seni tersebut. Lantas apa sih apresiasi karya seni itu? Kemudian bagaimana bentuknya? Baiklah langsung saja berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai apresiasi seni dan penjelasannya, antara lain:

  • Pengertian apresiasi seni

Apresiasi seni adalah sebuah istilah yang terdiri dari 2 kata dan memiliki unsur unsur karya sastra, yaitu apresiasi dan seni. Kata apresiasi mempunyai arti secara garis besar berupa penilaian terhadap sesuatu. Sehingga kegiatan apresiasi ini tidak hanya berhubungan dengan seni, akan tetapi apa pun yang memang dapat diapresiasikan. Sementara seni memiliki arti secara kamus besar yaitu karya yang bermutu dan memiliki nilai. Sehingga dapat kita simpulkan bersama bahwa apresiasi seni adalah suatu kegiatan penilaian terhadap karya seni.

  • Fungsi apresiasi seni

Apresiasi seni juga merupakan suatu kegiatan yang juga tentunya memiliki fungsi. Dalam artikel ini pula, penulis juga akan mencoba memberikan sedikit ulasan mengenai fungsi dari kegiatan apresiasi seni. Berikut ini merupakan 4 fungsi dari apresiasi seni, antara lain:

  1. Untuk meningkatkan kecintaan terhadap karya seni
  2. Untuk menciptakan penilaian
  3. Untuk mengembangkan kemampuan
  4. Untuk membangun hubungan
  • Tingkatan kegiatan apresiasi

Apresiasi seni juga memiliki beberapa tingkatan dari mulai yang hanya sekedar melihat sampai benar-benar di lihat secara kritis. Berikut ini merupakan tiga tingkatan dari apresiasi seni, antara lain:

  1. Apresiasi empatik yaitu penilaian terhadap sesuatu berdasarkan pengamatan indra saja.
  2. Apresiasi estetis yaitu penilaian terhadap sesuatu dengan yang sudah dilihat unsur-unsur keindahannya.
  3. Apresiasi kritik yaitu penilaian terdapat suatu karya seni yang dilakukan  secara kritis dan memberikan masukan-masukan yang membangun.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai apresiasi seni dan penjelasannya yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang telah berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda. Dan juga, semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain  kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni