Sponsors Link

Bidang Seni Rupa

Bagi anda yang gemar mempelajari ilmu yang berkaitan dengan seni rupa, mungkin anda telah mengetahui banyak hal yang masih memiliki hubungan dalam dunia ilmu seni tersebut misalnya manfaat seni lukis dalam ruangan. Salah satunya adalah mengenai sebuah materi tentang bidang-bidang seni rupa. Akan tetapi berbeda dengan  masyarakat umum yang masih awak terhadap hal tersebut, apalagi bila mereka tidak terlalu sering belajar mengenai ilmu seni, termasuk di dalamnya seni rupa.

Apakah anda sendiri sudah tahu apa saja sih bidang seni rupa itu dan manfaat seni rupa secara umum? Bagi anda yang penasaran dan sekaligus ingin lebih mengenal atau memahami istilah-istilah atau hal-hal tentang seni rupa, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai bidang seni rupa.

Seni rupa dan aspek penilaian dalam karya seni rupa adalah salah satu cabang seni yang mampu menghasilkan suatu karya seni dengan kualitas, nilai, atau ekspresinya dapat di lihat oleh panca indra penglihatan manusia (mata) serta dapat dirasakan melalui rabaan (kulit). Jadi dapat disimpulkan bahwa seni rupa adalah suatu seni yang wujudnya dapat dilihat dan dirasakan oleh indra manusia.

Contoh seni rupa adalah lukisan, anyaman, gerabah, patung dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui bahwa seni rupa yang berkembang di masyarakat memiliki bidang yang berbeda-beda. Jadi, selain memiliki jenis yang berbeda, seni rupa juga memiliki bidang yang juga tak sama. Lantas apa saja sih bidang seni rupa itu? Apakah anda penasaran? Baiklah langsung saja, berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai bidang seni rupa, antara lain:

  • Bidang seni rupa murni

Bidang seni rupa yang pertama adalah seni rupa murni yaitu bidang seni rupa yang asli atau murni digunakan untuk keindahan saja. Atau bisa dikatakan bahwa bidang seni rupa murni ini tidak memiliki unsur manfaat yang lain selain keindahan. Kebanyakan dari bidang seni rupa murni ini dimanfaatkan atau digunakan sebagai pajangan. Contoh dari bidang seni rupa murni atau asli antara lain sebagai berikut.

  1. Lukisan
  2. Patung
  3. Kaligrafi
  4. Ukiran
  5. Foto grafi
  6. Pahat
  7. Keramik dan lain sebagainya.
  8. Bidang seni rupa kriya

Bidang seni rupa yang kedua adalah seni rupa kriya. Seni rupa kriya adalah suatu karya seni rupa yang memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar kita. Kemampuan dan keterampilan kita dalam mengubah berbagai barang yang ada di sekitar kita menjadi suatu karya seni rupa sangatlah berpengaruh.

Semakin kreatif dan ahlinya kita dalam membuat seni maka akan menghasilkan karya yang lebih indah. Contoh bidang seni rupa Kriya adalah tekstil, rotan, bambu, tanah, logan, kulit binatang dsb.

  • Bidang seni rupa desain

Bidang seni rupa yang ketiga adalah bidang seni rupa desain. Seni rupa desain adalah seni rupa yang digunakan sebagai patokan atau acuan dalam pembuatan suatu perangkat yang akan digunakan oleh manusia.

Bidang seni rupa desain merupakan induk dari berbagai jenis seni rupa yang ada. Contoh dari bidang seni rupa ini adalah desain grafis, arsitektur, model busana, ruangan interior, model kendaraan dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai bidang seni rupa yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang telah berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini penulis dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda.

Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain  kesempatan tentunya pada artikel-artikel penulis selanjutnya. Sekian dan terima kasih.




Oleh :
Kategori : Seni Rupa