Sponsors Link

Macam Macam Kerajinan Tangan Dari Manik Manik Terlengkap

Dalam ilmu seni kita mngenal berbagai cabang cabang seni seperti seni tari, seni musik, dan seni rupa yang telah hadir sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Berbagai macam karya seni telah hadir dan menghias setiap lini kehidupan serta dapat dinikmati dengan segala macam fungsi maupun bentuknya. Salah satu karya seni yang banyak dijumpai dalam wujud benda atau barang adalah seni rupa.

ads

Dalam perkembangannya, muncul beberapa cabang seni rupa yang karyanya dapat dengan mudah kita jumpai dan kita nikmati keindahannya Salah satu bentuk karya seni rupa dapat kita jumpai melalui kegiatan kerajinan tangan yang biasanya sering diajarkan di sekolah melalui pelajaran seni. Kerajinan tanggan merupakan kegiatan untuk memproses dan mengubah suatu bahan dengan bantuan alat maupun bahan lainnya menjadi bentuk yang lebih indah dan memiliki fungsi tertentu.

Berbagai macam bahan dapat dibuat menjadi kerajinan tangan seperti kertas, barang bekas, kardus, bahan alam, manik manik, dan lainnya. Macam macam kerajinan tangan dari kardus, kertas, kain perca dapat anda lihat di dalam blog ini. Dalam artikel ini, kita akan lebih menitik beratkan untuk mempelajari berbagai macam macam kerajinan tangan dari manik manik. Menurut definisinya, manik manik merupakan perhiasan kecil yang berlubang dari bahan bahan seperti kaca, permata, emas, dan perak. Manik manik sudah ditemukan sebagai salah satu perhiasan sejak lama dan sering dibuat menjadi sebuah kalung.

Kalung yang dibuat dari manik manik bahkan telah ditemukan pada beberapa mumi mesir  yang menunjukkan bahwa kerajinan tangan mengunakan bahan manik manik telah sangat lama dibuat dan dipelajari oleh manusia. Yang menjadi perbedaan antara kerajinan tangan manik manik terdahulu dengan sekarang adalah bahan manik manik yang digunakan. Dulu manik manik yang digunkan lebih berasal dari emas maupun perak, sedangkan saat ini manik manik yang digunakan cenderung mengunakan bahan kaca maupun plastik. Untuk lebih mengenal dan mengetahui macam macam kerajinan tangan dari manik manik, berikut contoh kerajinan dan prinsip dasar pembautannya.

  1. Kalung dari manik manik

Manik manik sering kali dibuat kerajinan tangan yang berkaitan dengan perempuan. Bentuk yang sering kali dihasilkan dari kerajinan tangan menggunakan manik manik adalah kalung. Kalung dibuat dengan menyatukan manik manik menjadi satu kesatuan yang panjang dengan bantuan tali pengait melalui yang dimasukkan kedalam sela sela lubang manik manik. Kalung dari manik manik ini cocok digunakan sebagai aksesoris yang dapat menambah indah penampilan seseorang yang mengenakan dan biasanya akan dipadu padankan dengan pakaian yang digunakan.

  1. Gelang dari manik manik

Selain kalung dari manik manik, contoh kerajinan tangan lainnya dari bahan manik manik adalah gelang. Sama halnya dengan kalung, gelang yang dibuat dari manik manik ini banyak digunakan oleh kaum hawa untuk mendukung penampilannya. Gelang berbahan dasar manik mainik ini digunakan dipergelangan tangan wanita untuk mendukung bentuk fasion yang dikenakan. Banyaknya peminat gelang dari bahan manik manik ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menghasilkan pendapatan tambahan dengan cara menjualnya.

Sponsors Link

  1. Tas dari manik manik

Selain dimanfaatkan sebagai aksesoris untuk mendukung fashion dan penampilan seseorang melalui bentuk gelang dan kalung, manik manik juga dapat dibentuk menjadi bentuk tas. Kerajinan tangan berupa tas dari manik manik ini dibuat dengan cara membuat bentuk kantong dari penyatuan manik manik dengan bantuan benang. Berbagai macam bentuk tas dari manik manik bisa dibuat seseuai dengan kreatifitas dan imajinasi penciptanya. Kerajinan tangan tas dari manik manik ini dapat dijadikan salah satu kegiatan mengisi waktu luang bagi ibu ibu.

ads

  1. Hiasan dari manik manik

Selain contoh barang hasil kerajinan tangan diatas, manik manik juga dapat dibuat menjadi beraneka ragam hiasan yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Hiasan hiasan yang dapat dihasilkan dari kerajinan tangan mengunakan bahan manik manik diantaranya adalah gantungan kunci, pembungkus handphone, bros, dan beberapa bentuk dan fungsi lainnya. Dalam pembautan kerajinan tanggan berupa hiasan yang menggunakan manik manik ini tidak terlalu banyak membutuhkan bahan karena bentuknya sering kali kecil atau tidak terlalu besar.

  1. Bunga dari manik manik

Benda hasil kerajinan tangan lainnya yang dapat dibuat dari manik manik adalah bunga buatan dari manik manik. Bunda buatan dari manik manik ini dibuat dengan mengabungkan beraneka ragam warna dan ukuran manik manik yang berbeda. Kerajinan tangan dari manik manik berbentuk bunga ini dapat dengan mudah dibuat karena beberapa bentuk manik manik memang dicetak menyerupai bagian bagian bunga sehingga dalam proses pembuatan manik manik berbentuk bunga ini hanya tinggal menyatukan kompenen manik manik tersebut. Bunga bentuk manik manik ini bisa dibuat menggunakan beraneka ragam manik manik mulai dari yang berbahan plastik sampai yang berbahan kaca. Bentuk karya dari kerajinan ini dapat digunakan sebagai salah satu contoh seni rupa 3 dimensi.

  1. Magnet kulkas dari manik manik.

Selain kerajinan tangan dari manik manik diatas yang dibuat dengan bantuan benang, ada satu contoh kerajinan tangan dari manik manik lainnya yang dibuat dengan proses yang unik yakni memanasinya melalui oven. Benda dari manik manik yang dibuat denga cara diatas adalah magnet kulkas dari manik manik. Untuk membuatnya dibutuhkan beberapa bahan dan alat seperti manik manik aneka warna, magnet, lem, wadah aluminium, dan tentunya alat pemangang atau oven. cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan manik manik yang terbuat dari bahan plastik dengan beraneka ragam warna.
  • Pilihlah warna yang sesuai dengan selera, selain warna pilih ukuran manik manik yang pas.
  • Siapkan wadah yang terbuat dari aluminum dan bentuknya disesuaikan dengan bentuk yang nantinya ingin dibuat.
  • Tatalah manik manik sesuai dengan bentuk yang diinginkan, contohnya dengan membentuk beraneka ragam warna manik manik menjadi bentuk setengah lingkaran yang menyerupai pelangi.
  • Setalah terteta rapi, masukkan wadah tersebut secara hati hati kedalam oven agar bentuk yang sudah dibuat tidak berantakan.
  • Panggang wadah berisi manik manik tersebut kurang lebih selama 5 – 10 menit.
  • Tunggu sampai manik manik mencair secara perlahan.
  • Selalu perhatikan proses pemangangan ini dengan cara melihatnya setiap beberapa waktu agar proses pemanggangan manik manik ini tidak terlampau berlebihan yang menyebabkan manik manik terlalu cair.
  • Setelah dirasa cukup, hentikan proses pemanggangan manik manik tersebut.
  • Keluargan manik manik dari alat pemanggangan dan tunggu sampai dingin.
  • Setelah manik manik dingin, keluarkan dari wadah aluminumnya secara perlahan dan jangan sampai rusak atau pecah.
  • Tempelkan magnet yang telah disiapkan dengan bantuan lem atau selotip double tape.
  • Magnet pelangi sudah siap digunakan untuk menghiasa kulkas.

Itulah contoh macam macam kerajinan tangan dari manik manik yang dapat ditemui dan bahkan dicoba untuk dibuat sendiri sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah. selain dari manik manik ada macam macam kerajinan tangan dari kain perca, kertas, kardus yang dapat anda buat dirumah.

, , ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni