Sponsors Link

Macam Macam Kerajinan Tangan Dari Kertas Terlengkap

Macam Macam Kerajinan Tangan Dari KertasMempelajari ilmu seni baik itu seni rupa, seni musik, maupun seni tari, dan berbagai cabang cabang seni lainnya, akan lebih mudah jika langsung mempraktekkan atau melihat contoh karyanya.Hal ini lah yang menjadi dasar mengapa setiap pelajaran seni disekolah lebih menitik beratkan pada praktek dibandingkan dengan teori semata. Dengan banyaknya praktek para murid akan lebih mengetahui gambaran langsung dari ilmu seni yang dipelajari.

ads

Berkaitan dengan hal diatas, memperlajari ilmu seni rupa juga akan lebih mudah jika mengetahui contoh contoh karya serta mempraktekkan langsung untuk membuatnya. Salah satu praktek yang biasa dilakukan untuk mengenal berbagai cabang seni rupa adalah membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan merupakan karya seni rupa yang bisa dimasukkan kedalam seni rupa 3 dimensi dan seni rupa 2 dimensi tergantung dari bentuk dan wujudnya.

Berbagai macam kerajinan tangan dapat dibuat menggunakan beraneka ragam bahan dasar. Salah satu bahan dasar yang dapat digunakan dan sangat mudah ditemui adalah kertas. Kertas merupakan lembaran yang sering digunakan dalam setiap kegiatan sehari hari mulai dari kertas yang ada pada buku untuk tempat menulis, kerta pembungkus makanan, kertas printer dan fotocopy, kertas lipat, dan kertas lainnya. Berbagai macam kertas yang ada memiliki jenis yang berbeda seperti :

  • Kertas kalkir, merupakan kertas yang biasa digunakan untuk sablon dengan warna gelap namun trasnparan.
  • Kertas duplex, merupakan jenis kertas yang hanya bisa dicetak satu sisi saja karena sisi depan putih dan bagian belakangnya abu abu.
  • Kertas Art paper, merupakan jenis kertas dengan raster halus dengan permukaan yang licin.
  • Kertas matt paper, merupakan jenis kertas yang sama dengan art papper namun memiliki permukaan yang doff.
  • Kertas Art karton, jenis kertas yang sifatnya sama dengan art paper namun dengan berat yang lebih tebal dengan permukaan yang licin seluruhnya.
  • Kertas Ivory, jenis kertas yang hampir sama dengan art karton namun memiliki perbedaan hanya satu sisinya saja yang licin.
  • Kertas HVS, merupakan jenis kertas yang paling banyak ditemui dan biasa digunakan untuk fotokopi maupun printing.
  • Fancy paper, jenis kertas yang memiliki warna dan karakteristik tertentu yang beraneka ragam dan dibedakan lewat beberapa jenis seperti hawaii, java embross, millenium, jasmin, dll.
  • Berbagai macam jenis kertas lainnya.

Banyaknya jenis kerta yang ada membuat karya seni kerajinan tangan dari bahan kerta dapat dengan mudah kita temui. Dalam proses pembuatan kerajinan tangan berbahan kertas ini lebih sering menggunakan kertas dalam keadaan bekas pakai sehingga dapat dikatakan bahwa kerajinan tangan berbahan kertas ini merupakan salah satu karya seni ramah lingkungan. Untuk memahami kerajinan tangan dari bahan kertas berikut beberapa macam macam kerajinan tangan dari kertas.

Sponsors Link

  1. Frame Foto

Frame atau bingkai foto dapat dibuat dari bahan dasar kertas. Dalam pembuatan dapat menggunakan kertas bekas maupun kertas yang masih baru. Untuk membuat frame foto atau bingkai foto ini dapat menggunakan kertas jenis apapun asalkan memiliki ukuran yang cukup tebal. Dengan kertas yang berukuran besar maka frame foto yang dihasilkan akan lebih kuat dan mudah untuk diberdirikan. Kertas tebal ini diperlukan untuk bagian belakang frame.

Untuk bagian depan frame dapan menggunakan berbagai macam kertas yang bisa menghias bentuk frame, mulai dari kertas warna warni sampai dengan kertas yang digulung seperti pada contoh gambar yang ada.

ads

  1. Tempat penyimpanan

Kertas yang biasa dibuat kerajinan tangan dengan bentuk sebagai tempat penyimpanan tertentu adalah kerta bekas koran atau kertas lainnya yang tipis. Kertas tersebut digulung dan dibentuk menjadi seperti stick yang kemudian disusun untuk menjadi bentuk yang diinginkan.

Macam macam kerajinan tangan dari kertas dengan fungsi sebagai tempat penyimpanan dapat dibuat seperti vas untuk menyimpan bunga, tempat atau kotak pensik, keranjang yang terbuat dari kertas, tas wanita dari kertas, dan berbagai macam tempat penyimpanan lainnya. Dari segi kekuatan, mungin tempat penyimpanan dari bahan kertas ini tidak akan sekuat bahan lainnya apalagi bila barang tersebut terkena air. Namun dari segi bentuknya lebih unik dan menarik.

  1. Karangan bunga 

Salah satu macam dari kerajinan tangan dengan bahan dasar kertas yang dapat dengan mudah kita temui adalah karangan bunga. Karangan bunda ini biasanya digunakan untuk mengucapkan kata selamat maupun kata berduka dan ucapan lainnya dari seseorang maupun suatu badan yang ditujukan untuk orang lain maupun kelompok lainnya. Meskipun namanya adalah karangan bunga, benda ini lebih sering dibuat dengan bahan kertas yang dibentuk sedemikian rupa menjadi bentuk yang menyerupai bunga.

Bentuk kerajinan tangan dari bahan kertas ini bisa bermacam macam seperti bentuk yang ada pada contoh gambar disamping, bentuk kotak dengan bagian belakang berbahan stertofoam dan bentuk bentuk lainnya.

  1. Miniatur

Miniatur merupakan bentuk karya seni yang tidak hanya termasuk kedalam macam macam kerajinan tangan dari kardus namun dapat juga dibuat menggunakan kertas. Dalam pembuatan miniatur ini bisa menggunakan kertas yang tebal maupun kertas tipis tergantung dari bentuk yang diinginkan. Pembuatan kerajinan tangan dari bahan kertas berupa miniatur ini memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi serta kemampuan imajinasi yang luas untuk membanyangkan detail wujud dari bentuk yang akan dihasilkan. Kerajinan tangan berbentuk miniatur saat ini banyak digeluti sebagai salah satu hobi dan bahkan ada beberapa orang yang memanfaatkannya untuk meraup penghasilan tambahan.

  1. Lukisan

Lukisan merupakan contoh seni rupa dua dimensi yang dibuat melalui pengolahan berbagai unsur seni rupa 2 dimensi menjadi wujud yang bisa dinikmati keindahannya oleh mata. Perkembangan dunia seni, membuat karya lukisan dapat dibuat menggunakan berbagai macam bahan dan bukan hanya menggunkan pewarna saja. Selain sebagai contoh hasil karya kerajinan tangan dengan bahan kertas, lukisan juga merupakan karya yang termasuk kedalam macam macam kerjainan tangan dari kain perca, kardus, dan bahan alam.

  1. Origami

Origami merupakan contoh kerajinan tangan dari kertas lainnya yang cukup populer di Indonesia karena mudah untuk dikerjakan dan hanya menggunakan 1 bahan saja. Origami merupakan seni melipat yang berasal dari jepang dari bentuk kertas dua dimensi menjadi bentuk yang berwujud 3 dimensi. Secara umum bahan yang bisa dibuat origami adalah kertas namun ada juga yang memanfaatkan kain untuk membuat origami.

Berbagai macam macam kerajinan tangan dari kertas diatas hanyalah sebagian contoh karya seni yang dapat dengan mudah ditemui di sekitaran. Kerajinan tangan dari bahan kertas ini dapat dijadikan salah satu kegiatan mengisi waktu luang.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kerajinan Tangan