Sponsors Link

Manfaat Seni Tari Secara Umum Paling Lengkap

Jika kita berbicara mengenai tari, tentunya hal yang satu ini sudah tergolomg hal yang tidak asing bagi kita ya sobat. Sobat semua tentunya pernah melihat atau bahkan pernah melakukan salah satu gerakan tari yang anda sukai atau gemari.

ads

Namun meski demikian sobat, hal tersebut tidak akan menjamin kita semua mengerti akan apa sebenarnya  pengertian dari tari atau seni tari tersebut. Padahal seperti yang sudah kita ketahui bersama, negara kita Indonesia tercinta ini memiliki ribuan jenis tari yang juga tentunya berasal dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke tersebut.

Untuk itulah sobat, selain mengenal tarian dari budaya kita tersebut ada juga harus mengerti apa manfaat dan makan dari tarian atau seni tari tersebut. kelebihan dan kekurangan seni tari modern bisa anda pelajari lebih lanjut.

Untuk ulasan selengkapnya mengenai tari dan juga manfaat seni tari secara umum, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini, karena pada postingan kali ini penulis akan menyajikannya untuk anda. cekidot.

1.Apa Itu Seni Tari?

Adapun tari merupakan gerakan gerakan yang dilakukan oleh manusia sebagai ungkapan perasaan dan juga  jiwa seseorang. Jika berbicara mengenai tari, maka pembahasan kita tidak akan terlepas dari kesenian tradisional yang kemudian diiiringi dengan beragam alat musik dan juga lagu pendukungnya. 

Atau dengan kata lain, tari adalah gerakan tubuh yang dilakukan secara berirama pada waktu dan tempat tertentu sebagai wujud dari ungkapan perasaan maupun pikiran seseorang, sekelompok, maupun masyarakat.

Dari pengertian tari tersebut, maka bisa kita simpulkan bahwa seni tari tersebut merupakan sebuah kesenian yang digunakan atau dilakukan sebagai wujud ungkapan pikiran dan perasaan seseorang. Namun hal yang harus anda pahami sobat, tidak semua gerakan tersebut dianggap adalah tari atau seni tari, namun harus gerakan yang beriraman serta sesuai dengan konsep keadaan sekelompok orang.

2. Manfaat Seni Tari Secara Umum

Secara umum, maka manfaat dari tari tersebut secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni :

  • Manfaat Tari Sebagai Hiburan

Berbagai macam jenis contoh seni tari tradisional khas negara kita Indonesia sebut saja seperti tari tor tor, tari piring, tari kipas, tari jaipong, tari pendet, tari topeng, atau berbagai jenis tari yang lainnya sering sekali dimanfaatkan sebagai sarana hiburan untuk masyrakat.

Hal ini dilakukan atau dipertunjukkan umumnya pada saat ada acara umum untuk masyarakat, sehingga dengan adanya pertunjukan tari tersebut maka semua peserta atau penonton akan semakin terhibur dengan adanya tarian tersebut.

  • Manfaat Tari Sebagai Komunikasi

Selain sebagai hiburan, maka tarian tersebut juga nermanfaat sebagai sarana komunikasi. Hal ini ditandai dengan  gerakan demi gerakan yang terdapat pada tarian tersebut memiliki nilai komunkatif baik antara sesama penari dan juga bagi para penotonnya. 

Hal ini juga ditandai dengan gerakn demi gerakan tarian tersebut memiliki pesan tertentu untuk disampaikan kepada orang lain atau kepada para penikmat tarian tersebut sehingga bisa seni tarian tersebut bisa diterjemahkan ke dalam situasi atau kondisi tertentu yang tengah terjadi atau dialami oleh seseorang pada daerah tertentu sehingga melalui tari tersebut komunikasi antara penikmatnya bisa berjalan satu dengan yang lainnya.


Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih kepada anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa sobat, salam seni selalu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Seni