Sponsors Link

Manfaat Seni Sastra Secara Umum Paling Lengkap

Jika kita  membahas seni sastra tentunya cakupannya akan sangat luas sekali.  Sastra itu sendiri sudah ada sejak dari ratusan tahun yang lalu yang hingga kini kasih tetap ada dan akan selalu ada, karena sastra tersebut merupakan salah satu warisan leluhur nenek moyang kita.

ads

Adapun sastra atau kesusastraan tersebut adalah salah satu bentuk seni yang mennjolkan adanya keindahan tutur kata dan juga cerita yang indah di dalam sebuah sastra tersebut.

Selain itu sastra atau kesusastraan tersebut adalah sesuatu yang berbentuk tulisan maupun dalam bentuk cerita yang memiliki nilai seni dan budaya yang menyajikan keindagan tutur dan bahasa yang tentunta bertujuan untuk menyampaikan makna tertentu.

Oleh karena itulah sobat contoh seni sastra ini sangat dijunjung tinggi di negara kita tercinta Indosia ini. Dan untuk ulasan selengkapnya dan manfaat seni sastra secara umum, berikut ini penulis akan menyakikannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Seni Sastra?

Adapun dengan seni sastra tersebut berasal dari dua kata, yakni seni dan juga sastra. Seni tersebut bisa kita artikan sebagai ungkapan perasaan manusia yang tentunya memiliki nilai keindahan yang muncul dari hasil pemikiran dari seseorang tersebut atau bisa juga dikatakan dari kreativitas yang timbul dari seseorang tersebut.

Sementara itu sobat, sastra merupakan kata serapan dari bahasa sanskerta yang artinya adalah panduan, pedoman atau perintah dalam bentuk teks maupun suara.

Atau dengan kata lain, dapat pula kita simpulkan bahwa seni sastra tersebut merupakan seni atau tulisan atau cerita yang berasal dari ungkapan perasaan manusia yang memiliki nilai keindahan dan yang biasanya berasal dari pemikiran atau kreativitas seseorang. karya sastra bercorak budha juga bisa anda pelajari lebih lanjut.

2. Apa Saja Unsur Unsur Yang Terdapat Pada Sastra?

Unsur intrinsik adalah unsur yang mempengaruhi seni sastra yang ada dalam seni sastra itu sendiri. Adapun unsur intrinsik yang dimaksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Tema

Yakni pokok persoalan yang ada dalam cerita

  • Amanat

Yakni  pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada para pembaca  hasil karya atau sastra tersebut.

  • Karakter atau Perwatakan

Yakni tokoh dalam cerita. Karakter tersebut dapat digolongkan menjadi :

Tokoh utama yakni tokoh yang menjadi sorotan utama dalam cerita tersebut. Tokoh pembantu, yakni tokoh yang mendampingi tokoh ata pameran utama

  • Konflik

Yakni permasalahan yang dialami oleh karakter dalam cerita

  • Setting atau Latar

Yakni kekerangan atau pencahayaan tempat acara

  • Plot atau alur

Yakni jalan cerita dalam sastra tersebut mulai dari awal hingga akhir

  • Sudut Pandang

Yakni penggambaran karakter tokoh penulis dalam cerita

3. Manfaat Seni Sastra Secara Umum

Adapun manfaat seni sastra secara umum antara lain adalah :

  • Menunjukkan kebenaran dan kenyataan hidup melalui kisah yang ada dalam seni sastra tersebut.
  • Memperkaya rohani para penikmat seni sastra tersebut
  • Melampaui batas bangsa dan zaman. Karya sastra  tersebut tetap hidup dan dinikmati oleh semua kalangan meski sudah bertahun tahun  lamanya.
  • Menambah nilai kesadaran akan budaya yang yang ada.

Sekian sobat ulasan mengenai manfaat seni sastra secara umum yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih untuk anda yang sudah membacanya. Semoga bermanfaat, salam hangat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Sastra