Sponsors Link

Seni Merangkai Bunga dan Penjelasannya

Bagi anda yang gemar dan memiliki jiwa seni dalam memanfaatkan atau menggunakan kekayaan alam seperti tumbuh-tumbuhan atau bunga atau tari tambun bungai, pastinya anda telah mengetahui mengenai sebuah seni dalam merangkai sekumpulan bunga sehingga tampak menjadi lebih indah yang berasal dari negara Jepang ini.

ads

Ya, tepat sekali seni merangkai bunga tersebut dikenal dengan sebutan ikebana. Lantas seperti apa sih seni merangkai bunga yang sudah terkenal di seantero dunia ini?

Kira-kira apa saja ya teknik dalam merangkai bunga dalam seni ini dan apakah anda tau tari tuntung tulus? Bagi anda yang penasaran dan sekaligus ingin lebih mengenal mengenai seni asal negara sakura ini, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai seni merangkai bunga dan penjelasannya.

Jepang memang dikenal sebagai negara yang memiliki berbagai macam jenis bunga yang sangat indah dan menarik untuk di pandang sebab itu yuk kenali tari monong. Mungkin karena hal inilah mengapa dalam negara tersebut berkembang sebuah seni dalam merangkai bunga.

Bahkan saat ini seni dalam merangkai bunga tersebut sudah banyak menyebar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Terkadang seni merangkai bunga atau ikebana ini menjadi sebuah souvenir atau oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung di negeri sakura Jepang.

Lantas seperti apa sih seni merangkai bunga tersebut? Bagi anda yang penasaran, maka tak ada salahnya untuk membaca artikel ini karena pada artikel ini penulis akan sedikit membahas mengenai hal tersebut. Baiklah langsung saja, berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai seni merangkai bunga dan penjelasannya, antara lain:

  • Pengertian seni merangkai bunga ikebana

Seni merangkai bunga dari Jepang atau yang biasa di sebut dengan ikebana adalah sebuah seni dalam merangkai bunga yang memanfaatkan berbagai jenis bunga, rumput-rumputan dan tanaman lainnya dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya. Seni merangkai bunga ini memang berasal dari Jepang namun, saat ini telah meluas ke seluruh pelosok dunia.

  • Asal usul seni ikebana

Seni merangkai bunga pada awalnya adalah sebuah tradisi yang mempersembahkan bunga di kuil Budha di negara Jepang. Hal ini karena seni Ikebana berkembang bersamaan dengan agama Budha yang berkembang pada abad ke-6. Ada penelitian yang juga mengatakan bahwa Ikebana berasal dari tradisi animisme orang zaman kuno yang menyusun kembali tanaman yang sudah dipetik dari alam yang sesuai dengan keinginannya.

  • Teknik dalam seni merangkai bunga

Seni merangkai bunga juga memiliki beberapa teknik untuk membuat rangkaian bunga yang indah. Jadi, Ikebana tidak sembarangan dapat di buat. Berikut ini merupakan beberapa teknik dalam merangkai bunga, antara lain:

  1. Teknik Basing, yaitu sebuah teknik dalam merangkai bunga yang digunakan untuk memberikan sebuah penekanan rangkaian bunga dari bagian bawah.
  2. Teknik layering, yaitu dengan membuat rangkaian daun terlihat apik dengan menyusun daun bunga mulai dari ukuran terkecil sampai ukuran terbesar.
  3. Teknik pave, yaitu teknik yang dilakukan dengan cara membentuk sebuah rangkaian bunga secara melingkar dan kemudian di isi dengan buangan yang sejenis.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai seni merangkai bunga dan penjelasannya yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang telah berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini.

Semoga saja dengan adanya artikel ini penulis dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda. Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel penulis selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni