Sponsors Link

Tata Panggung dalam Seni dan Penjelasannya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, seni cakupannya sangtalah luas dan sangat banyak cabang dari ilmu tersebut. Seni itu sendiri merupakan segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang didalamnya mengandung unsur keindahan dan  juga mampu membangkitkan perasaan orang lain.

Istilah seni itu senditi berasal dari bahasa sansekerta yakni berasal dari kata sani yang dapat  diartikan sebagia pemujaan, persembahan, pelayanan, yang erat hubungannya dengan upacara keagamaan yang yang disebut dengan kesenian. 

Namun secara umum, kesenian tersebut merupakan segala sesuatu yang tumbuh dari ide kreatif dan segala bentuk manifestasi batin dan pengalaman yang bersifat estetis dengan menggunankan media bidang, garis, warna, tekstur, volum serta gelap atau terang yang tujuannya bersifaf positif yang menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Adapun beberapa fungsi dari seni tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1.Fungsi Individu

Fungsi seni dari segi individu yakni seni yang bermanfaat untuk kebutuhan prbadi individu itu sendiri yang bisa mencakup kebuthan secara emosional dan juga secara kebutuhan fisik. tata lampu dalam seni juga bisa ikut andil dalam memaksimalkan suatu pertunjukan.

2. Fungsi Sosial

Dari segi fungsi sosial, seni tersebut bermanfaat sebagai pemenuhan kebutuhan sosial sutau individu yang man kebutuhan sosial tersebut bisa bermanfaat dari segi religi atau keagamaan, dari segi fungsi pendidikan, fungsi komunikasi, fungsi reaksi atau hiburan, fungsi artistic, fungsi guna dan juga fungsi kesehatan. Nah sobat itulah beberapa jenis fungsi dari seni tersebut yang notabenenya memang sangat luas cakupannya.

Berbicara mengenai seni tersebut sobat, tentu hal ini juga ada hubungannya dengan tata panggung. Tata panggung sendiri merupakan penataan atau hiasan dan dekorasi pada panggung yang seyogianya fungsinya untuk memperindah panggung. Karena sebuah panggung tanpa adanya dekoarasi yang baik dan benar tentunya tidak akan terasa hidup. Lantas tata panggung dalam seni tersebut seperti apa? Berikut ulasannya untuk anda. perbedaan seni teater dan drama bisa anda pelajari sebagai informasi tambahan.

3. Menyesuaikan Panggung Sesuai Dengan Kebutuhan

Dekorasi panggung yang sesuai dengan kebutuhan tentuya adalah hal yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah acara. Panggung yang salah dekorasi tentunya akan membuat acara tersebut juga akan terasa salah, karena panggung merupakan domain dari sebuah acara.

Sebut saja seperti panggung yang sedang hajatan karena akikahan, panggung pernikaagn atau dekorasi pada acara kematian tentunya akan berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk itulah sanhat dibutuhkan seni dalam hal tata panggung tersebut.

Sobat semua tentunya pernah memperhatikan beberapa jenis panggung ya sobat, tentunya semua berbeda sesuai dengan tema yang sedang berlangsung. Jika tidak ada seni di dalamnya, maka sudah pasti hal ini akan tidak maksimal.

4. Memaksimalkan Fungsi Dan Dekorasi Panggung

Panggung yang sempurna tentunya tidak terlepas dari dekorsi yang ada di dalamnya. Dekorasi dalam hal ini adalah penataan dan penggabungan setiap unsur yang ada pada panggung tersebut. Hal ini berlaku untuk semua event atau semua acara karena notabenenya setiap panggung memiliki dekorasi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Sebut saja dari property yang digunakan, warna warni yang digunakan, semua hal ini akan sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan dekorasi panggung tersebut sehingga terlihat maksimal.

Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda mengenai tata pangung dalam seni tersebut. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel diatas. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya sobat. Salam hangat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni