Sponsors Link

Pengertian dan Jenis Jenis Seni Grafis

Bagi sobat semua yang merupakan penggemar seni dan memahami seni masa kecil yang mengurangi stres tentunya  dan sudah pasti ya sobat mengerti apa itu seni grafis.  Seni grafis tersebut merupakan ungkapan visual yang digambarkan dalam bidang dua dimensi.  Seni grafis ini merupakan

ads

salah satu cara dalam menciptakan karya seni dengan memanfatka media cetak untuk mencetaknya.  Dengan menggunakan media cetak tersebut, maka sebuah karya akan dapat diproduski atau dilipat gandakan dalam jumlah yang tertentu

tanpa mengubah atau menghilangkan orisinalistas atau keasliannya. Adapun istilah grafis yang memiliki makna ketenangan jiwa dapat diraih dengan karya seni tersebut berasak dari bahasa Inggris atau “ graph “  atau “ grapich “

yang berarti membuat tulisan  atau gambar dengan  cara ditoreh atau digores.  Grafi atau grafis tersebut juga bisa diartikan sebagai gambaran yang nyata. Untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

1. Apa Itu Seni Grafis

Adapun yang dimaksud dengan seni grafis berhubungan dengan macam aliran seni lukis tersebut merupakan suatu seni yang membuat tulisan, gambar, atau lukisan yang dikerjakan dengan cara digores atau ditoreh.  Selain itu, seni grafis tersebut juga merupakan salah satu hasil

karya seni rupa murni yang berwujud dua dimensi, yang mana proses pembuatannya melalui teknik cetak. Menurut tekniknya, seni grafis dapat dibedakan menjadi lima dimensi, yakni cetak saring ( silkscreen)  atau cetak sablon, cetak datar ( lothigraphy ) , cetak tinggi ( woodcut ) , cetak dalam ( intaglio ) dan juga cetak foto ( fotografi ) .

2. Jenis Jenis Seni Grafis

Adapun  beberapa jenis snei grafis tersebut antara lain adalah sebagia berikut ;

  • Cetak Saring ( Silkscreen )

Yakni salah satu teknik cetak yang banyak dikenal oran dengan nama sablon. Adapun teknik yang digunakan untuk mencetak adalah dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari kain kasa ( screen )  yang bersifat elastis, lentur dan juga halus. Cetak saring ini umumnya digunakan untuk pembuatan poster, spanduk, kaos dan juga sablonan yang lainnya.

  • Cetak Datar ( Lithography )

Lithography ini berasal dari bahaya Yunani yakni “ lithos “ atau batu da juga “ graphein “ atau menulis. Jadi dengan kata lain lithography ini merupakan salah satu seni grafis dengan teknik cetak datar yang menggunakan acuan cetak dan lempeng batu kapur yang berfungsi untuk mengisap lemak dan tinta.

  • Cetak tinggi ( Woodcut )

Cetak tingggi atau cetak timbul ini adalah cara yang digunan untuk membuat acuan cetak dengan membentuk gambar timbul pada permukaan media cetak.  Contoh sederhana dari media cetak yang satu ini adalah seperti stempel.


  • Cetak Dalam ( Intaglio )

Adapun cetak dalam atau intaglio ini merupakan salah satu snei grafis yang menggunakan acuan cetak dari lempeng logam dengan menggunakan teknik ditoreh atau digoreskan langsung dengan menggunakan alat tumpul.

  • Cetak Foto ( Fotografi )

Cetak foto atau fotografi merupakan ragam seni grafis yang pembuatannya melalui proses pemotretan dengan kamera, pencucian film, dan juga pencetakan gambar atau foto.  Teknik yang satu ini menggunakan bahan film, kertas foto, dan bahan cuci film.

Itulah sobat ulasan mengenai Pengertian dan Jenis Jenis Seni Grafis yang bisa anda jadikan sebagai refrensi. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa diulasan selanjutnya tentunya dengan pembasahan lainya. Salam.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni