Sponsors Link

Kerajinan Tangan dari Kalimantan Selatan dan Penjelasannya

Kalimantan Selatan terkenal dengan kota Banjarmasin yaitu kota seribu sungai. Kekayaan dan juga keindahan alam yang ada dimanfaatkan oleh masyarakat  setempat sebagai bahan baku membuat beraneka kerajinan tangan yang unik.  Berikut ini beberpa kerajinan tangan yang dibuat langsung oleh pengrajin asal Kalimantan Selatan :

ads

1.Lampit rotan khas Banjarmasin

Lampit adalah salah satu barang kerajinan tikar buatan  tangan khas Kalimantan Selatan. Lampit Banjarmasin ini memiliki motif yang etnik dan unik. Biasanya digunakan dalam pembuatan karpet, gorden, tas, dan sebagainya.

Lampit rotan ini juga dapat digunakan untuk sejadah dengan tampak depan dilapisi kain bermotif dan belakangnya rotan. Lampit rotan ini mudah digunakan, mudah dibersihkan dan banyak ditemui di daerah Martapura, Kalimantan Selatan.

Jika karpet identik dengan karakternya yang hangat, lampit justru menawarkan permukaan yang dingin karena dapat menyerap udara dingin.

Lampit yang bernuansa etnik tradisional umumnya digunakan untuk pelengkap dekorasi rumah, restoran, resort dan hotel. Bentuk lampit yang sederhana memberi kesan hangat dan cantik untuk menghiasi ruangan dengan perpaduan furniture rotan lainnya.

Bentuk lampit yang sangat sederhana dan warnanya yang natural, sangat mudah untuk dikreasikan diberbagai sudut ruangan sesuai selera. pakaian adat kalimantan selatan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Tas Rotan Bermotif Dayak

Warga Banjarmasin memanfaatkan rotan maupun pernak-pernik untuk membuat tas, mulai dari tas selempang hingga tas besar. Bahan yang digunakan terbuat dari manik-manik yang memiliki motif warna-warni, rotan, purun dan bambu yang memiliki motif anyaman. alat musik tradisional kalimantan selatan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Sasaringan

Sasirangan adalah kain adat suku Banjar yang hanya ada di Banjarmasin. Sasirangan dahulunya sering digunakan dalam upacara adat. Namun sekarang sasirangan sering diolah menjadi tas, fashion, seragam, acara resmi dan souvenir.

Motif sasirangan yang terkenal adalah Kambang Raja, Bayam Raja, Daun Jajuru dan Kambang Tanjung. Sasirangan ini dapat kamu temui di daerah Pangeran Samudra dan Martapura.

4. Perhiasan Batu Intan

Kalimantan Selatan terkenal dengan batu intannya. Batu intan beraneka ragam bias ditemui di Kota Intan Martapura, Kalimantan Selatan. Di pasar ini banyak terdapat toko penjual batu permata dan batu mulia lainnya, dan cendera mata dari Banjarmasin.

Kerajinan mengasah batu intan ini hanya dengan alat penggosok sederhan. Intan yang dihasilkan misalnya intan trisakti, intan galuh cempaka, intan galuh badu.

Disana juga terdapat banyak penjual yang sedang menggunakan kaca pembesar untuk membuat batu-batu tersebut. Mereka mengatakan bahwa apakah batu tersebut memiliki “tahi lalat” atau keretakkannya akan memengaruhi nilai jual.

5. Pernak-pernik Banjar

Kota yang dijuluki sebagai kota serambi mekah ini juga memiliki kerajinan tangan unik, yaitu Pernak Pernik Banjar. Bahan yang digunakan biasanya dari batu-batu.

Biasanya diolah menjadi gelang, kalung, tasbih atau hanya menjual batu-batunya saja untuk diolah sendiri oleh pembeli. Toko-toko yang berada di Kota Intan tersebut memiliki sekitar 70 buah toko.

Itulah beberapa kerajinan tangan dari Banjarmasin yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin.

6. Seni Ukir

Salah satu kerajinan penduduk Klaimantan Selatan yang telah ada sejak dulu adalah mengukir (menatah), memberikan tatah. Ukiran kayu umumnya yang diukir adalah perhiasan rumah-rumah dan alat-alat perkakas yang digunakan oleh masyarakat juga ukiran-ukiran pada perahu-perahu, makam.

Sifat dan dasar ukiran yang sebagian berasal dari pengaruh suku Dayak yang disebut ukir bini, misalnya dengan motif bunga-bungaan, pohon-pohonan, buah-buahan dan binatang. Alat pahat yang digunakan antara lain pucuk rabung, gigi haruan, jembangan dan awan


Perkakas yang digunakan adalah ukiran surut, ukiran berangkap dan ukiran dalam. Ukiran surut misalnya takaran beras, hul pisau raut dan lain sebagainya. Ukir dalam dan ukir berungkap misalnya pet, kalandan, penginangan kayu, kepala keris, badik, parang, sarung tombak, nisan kubur, kepala tongkat dan sejenisnya. 

Itulah beberapa kerajinan tangan khas Kalimantan Selatan yang dibuat oleh penduduk lokal menggunakan bahn-bahan alam yang sanat cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya