Sponsors Link

Kerajinan Tangan dari Sulawesi Utara dan Penjelasannya

Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alam dan juga budayanya. Penduduk lokal Sulawesi Utara sangat melekat dengan kebudayaan setempat.

Dari kebudayaan tersebutlah banyak penduduk yang menghasilkan berbagai macam kerajinan tangan yang bernilai dan terkean otentik. Inilah beberapa macam kerajinan yang dihasilkan oleh para penduduk lokal Sulawesi Utara, yaitu :

1.Anyaman dari Bambu


Anyaman bambu adalah suatu kerajinan tangan yang dihasilkan dari bambu. Anyaman bambu biasanya dibuat oleh warga di Minahasa. Mereka memiliki kesadaran untuk menghasilkan sesuatu yang berguna dari bambu.

Anyaman bambu biasa dibuat menjadi tapisan beras atau biasa disebut sosiru, topi petani, kandang ayam, keranjang buah, sapu lidi, bakul, penutup saji, piring lidi, lisung kayu, lampion, kursi, meja, bahkan bisa dibuat menjadi gazebo, serta lainnya.

Anyaman bambu ini dapat kita temukan di tepi jalan raya Manado-Tomohon, desa Kinilow, dimana terdapat banyak pengrajin-pengrajin anyaman bambu yang berjualan.

Tak hanya di Minahasa Induk, kerajinan dari bambu ini juga bisa kita temui di daerah Minahasa lainnya, seperti Minahasa Selatan, Minahasa Utara dan Minahasa Tenggara. pakaian adat sulawesi utara bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

2. Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan dari tanah liat banyak sekali ditemukan di berbagai wilayah Sulawesi Utara. Kerajinan tanah liat biasa dibuat menjadi guci yang unik, ulekkan, tungku, vas bunga, dan lainnya.

Kerajinan tanah liat juga bisa ditemukan di tepi jalan raya Manado-Tomohon, desa Kinilow. Kerajinan ini juga biasa dibuat oleh warga Minahasa Induk dan juga Minahasa Selatan. alat musik tradisional sulawesi utara bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

3. Kain Tenun Bentenan

Kain tenun Bentenan adalah kain tenun yang di hasilkan oleh masyarakat Minahasa. Kain Tenun Bentenan, tersebar di seluruh daerah Sulawsi Utara, dimana masing-masing daerah memiliki motifnya masing-masing.

Kain Tenun Bentenan juga memiliki sejarah yang sama dengan sejarah Minahasa. Kain tenun Bentenan sering dipakai di upacara-upacara penting dulu. Seperti pada saat upacara pengobatan, biasanya kain tenun Bentenan dipakai oleh pemimpin upacara seperti Walian dan Tonaas.

Kain tenun Bentenan juga dipakai pada saat berperang sebagai ikat pinggang yang dipercaya sangat ampuh untuk mematahkan serangan lawan atau bisa dikatakan bahwa orang yang memakai kain Bentenan pada pinggangnya akan kebal.

4. Kerajinan Cangkang Telur

Kulit atau cangkang telur ayam biasanya hanya menjadi sampah. Namun, di tangan orang yang kreatif dan ulet, cangkang telur ternyata bisa dijadikan karya seni yang menghasilkan rupiah. Seperti yang dilakukan seorang seniman ukir telur bernama Frans Sega di Kota Manado, Sulawesi Utara.

5. Kerajinan Tangan dari Eceng Gondok

Eceng Gondok (Eichornia crassipes)  adalah salah satu tumbuhan air yang sangat banyak tumbuh di perairan Sulawesi Utara. Karena banyaknya tumbuhan air eceng gondok tersebut sebagian besar masyarakat dianggap musuh karena menimbukan permasalahan lingkungan, terutama sangat mengganggu aliran air.

Dari permasalahan itulah, banyak penduduk lokal yang memutar otak untuk membuat eceng gondok berguna bagi lingkugan dan juga masyarakat. Banyak penduduk lokal yang membuat kerajinan menggunakan tumbuhan tersebut.

Prosesnya cukup rumit, pertama-tama, eceng gondok diangkat dari danau atau telaga, kemudian kerat menjadi seperti tali memanjang untuk selanjutnya di keringkan dengan bantuan sinar matahari. Setelah kering proses selanjutnya adalah merajut atau menganyam.

Bahan dasar eceng gondok yang sudah kering ini menjadi berbagai produk sebelum akhirnya divernis dan menghasilkan karya seni yang begitu menakjubkan.

Berbagai macam bentuk dan ukuran, seperti meja, kursi, sofa dan perabotan rumah tangga lainnya sangat terkenal bahkan mampu menembus pasar luar negeri, khususnya Jepang dan Jerman.

Demikianlah berbagai macam kerajinan tangan khas Sulawesi Utara yang sangat unik. Karena keunikan dan juga terkesan otentik itulah beberapa kerajinan bahkan dapat menembuh pasar Internasional.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya