Sponsors Link

Kerajinan Tangan dari Kalimantan Tengah dan Penjelasannya

Kalimantan Tengah merupakan salah satu wilayah Indonesia yang masih banyak didominasi oleh hutan lindung dan juga kawasan konservasi. Terkenal dengan keindahan dan kekayaan alam yang melimpah, provinsi yang memiliki ibu kota Palangkaraya ini banyak menarik para wisatawan Indonesia maupun maanca negara.

 Selain memiliki daya pikat alamnya yang indah, Kalimantan Tengah juga memiliki berbagai macam kerajinan tangan dari para pengrajin lokal yang tak kalah menariknya. Berikut ini beberapa karya kerajinan tangan khas Kalimantan Tengah antara lain :

1.Rambat

Kerajinan tangan yang masih asing oleh para wisatawan adalah Rambat. Rambat adalah jenis kerajinan tangan khas dari Kalimantan Tenagh yang terbuat dari rotan dengan 2 varian warna yaitu coklat muda dan hitam tua.

Warna coklat muda yang dihasilkan adalah warna rotan yang telah dikeringkan sedangkan warna hitam dihasilkan dari perendaman rotan yang telah dihaluskan kedalam lumpur selama beberapa hari.

Rambat adalah kerajinan tangan menyerupai tas kegunaannya untuk membawa barang barang yang cukup ringan. Oleh karena itu sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh. pakaian adat kalimantan tengah bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Lanjung

Lanjung adalah salah satu alat tradisioanal yang biasanya dipakai oleh para penduduk lokal untuk membawa hasil panen. Lanjung terbuat dari rotan yang telah diraut tips dan ada juga rotan yang dibelah menjadi dua sebagai tulangan dan tempat duduk lanjungnya ditanah.

Berbeda dengan rambat, lanjung hanya menggunakan warna coklat muda sebagai warna nya karena memang lanjung tidak seperti rambat yang bisa dibawa ke sebuah acara lanjung umumnya digunakan sebagai tempat membawa padi, sayur, atau buah. alat musik tradisional kalimantan tengah bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Tikar Kajang

Tikar Kajang adalah kerajinan tangan yang masih kurang populer dari Kalimantan Tengah. Tikar Kajang adalah anyaman yang terbuat dari tumbuhan air yang daunnya menyerupai daun pandan namun daunnya keras dan berduri.

Kajang umumnya digunakan sebagai alas untuk suku dayak di rumah mereka, dapat juga mereka gunakan sebagai alas untuk menjemur padi.

4. Seni Kerajinan Ukir

Suku Dayak adalah salah satu suku yang paling mendominasi di Kalimaantan Tengah. Ukiran Suku Dayak sangat terkenal karena keetnikannya.

Seni Kerajinan Ukir Kalimantan Tengah memiliki corak khas dan unik. Hal ini bisa dilihat dari topeng, perisai, bangunan sandung (tempat menyimpan tulang belulang), hulu dan sarung mandau, patung sapundu dan lain-lain.

Pola-pola serta motif-motif yang umumnya digunakan oleh suku Dayak terinspirasi secara keseluruhan dari alam. Hal ini disebabkan karena kehidupan suku Dayak sangat bergantung dan dekat dengan alam. Sehingga rupanya hal tersebut juga mempengaruhi keseniannya, khusus dalam hal ini adalah seni rupa.

Dapat kita lihat bahwa pola suku Dayak memiliki bentuk yang dinamis, berupa bentuk-bentuk yang asimetris, zig-zag, atau gelombang-gelombang spiral. Hal ini menandakan kehidupan masyarakat suku Dayak yang sangat aktif mengelola hidup mereka, namun tetap dengan wawasan alam.

5. Pernak-pernik Suku Dayak Kalimantan Tengah

Selain ukiran dari Suku Dayak, berbagai macam pernak-pernik suku dayak juga sangat menarik. Mulai dari aksesoris kecil seperti gantungan kunci, dompet, cincin, kalung, hingga yang berukuran besar seperti tas bisa kamu temukan dengan mudah diberbagai pusat oleh-oleh di kota Palangkaraya.

6. Batik Benang Bintik

Benang bintik merupakan batik Kalimantan Tengah memiliki arti: “Benang” dalam bahasa setempat adalah helaian kain putih. Sedangkan “bintik” memiliki arti desain atau gambar yang ada di atas helaian kain.

Ciri khas batik benang bintik ini terletak pada jenis motif melambangkan kebudayaan suku Dayak. Motif dalam batik Kalimantan Tengah terpengaruh oleh kepercayaan suku Dayak yang disebut kaharingan.

Motif-motif yang dituangkan dalam kain batik diambil dari lukisan-lukisan atau ukiran-ukiran yang biasa digunakan oleh masyarakat Dayak zaman dahulu dalam berbagai ritual atau upacara adat.

Pada batik benang titik Pola Batang Garing merupakan pola yang paling banyak dibuat dan juga paling banyak diminati pembeli karena mencerminkan kekhasan batik benang bintik,

Itulah tadi beberapa kerajinan tangan khas dari Kalimantan Tengah yang tinggi dengan nilai kebudayaan suku setempat. Unik, otentik, dan cantik kerajianan dari Kalimantan ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya