Sponsors Link

Kerajinan Tangan dari Yogyakarta dan Penjelasannya

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan julukannya sebagai kota pelajar dan keindahan alamnya yang indah, tetapi Yogyakarta juga punya bebarapa kerajinan tangan yang indah yang cocok dijadikan sebagai oleh – oleh untuk anda yang berkunjung ke Yogyakarta. Beberapa kerajinan tangan yang ada di Yogyakarta ialah :

1.Batik

Akibat dari peperangan waktu zaman dahulu baik antara keluarga raja-raja maupun antara penjajahan Belanda dahulu, maka banyak keluarga-keluarga raja yang mengungsi dan menetap didaerah-daerah baru antara lain ke Banyumas, Pekalongan, dan kedaerah Timur Ponorogo, Tulungagung dan sebagainya.

Meluasnya daerah pembatikan ini sampai kedaerah-daerah itu menurut perkembangan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dimulai abad ke-18. Keluarga-keluarga kraton yang mengungsi inilah yang mengembangkan pembatikan seluruh pelosok pulau Jawa yang ada sekarang dan berkembang menurut alam dan daerah baru itu.

Perang Pangeran Diponegoro melawan Belanda, mendesak sang pangeran dan keluarganya serta para pengikutnya harus meninggalkan daerah kerajaan. Mereka kemudian tersebar ke arah Timur dan Barat. Kemudian di daerah-daerah baru itu para keluarga dan pengikut pangeran Diponegoro mengembangkan batik. macam motif batik tradisional bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Batik Kayu

Kerajinan adalah salah satu keunggulan  yang mampu mendukung Yogyakarta sebagai kota pariwisata. Berbagai sumber potensi mengangkat citra kota yogyakarta, salah satunya adalah sentra kerajinan, dengan berbagai macam kerajinan yang ada di kota yogyakarta, maka pantaslah bahwa kota yogyakarta mendapat julukan sebagai kota kerajinan.

Berbagai barang kerajinan tumbuh dengan pesat di kota yogyakarta. Barang kerajinan yang mereka hasilkan ada yang di jual untuk wilayah domestik, maupun mancanegara.

Di dukung dengan banyaknya sumber bahan baku dan keterampilan yang dimiliki, baik dari pengrajin bersekala besar maupun pengrajin dalam skala kecil, berusaha menawarkan produk terbaiknya pada konsumen, sehingga muncul persaingan antar mereka.

Aneka macam ragam yang ada di kota yogyakarta semakin tumbuh dan berkembang sesuai dengan permintaan pasar. Seperti halnya kerajinan batik, yang sekarang ini dikembangkan bukan hanya pada media kain, melainkan pada media kayu. kerajinan tangan dari jawa tengah bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Gerabah kasongan

Seiring berkembangnya Jaman, Gerabah disini dibuat lebih modern. Yakni setelah kawasan ini diperkenalkan oleh Seniman Yogyakarta, Sapto Hudoyo pada tahun 1971-1972.

Dengan keahlian seni yang yang tinggi akhirnya produk dari Kasongan ini dikomersilkan secara besar-besaran oleh Sahid keramik sekitar tahun 1980-an. Saat ini dapat dijumpai berbagai motif untuk berbagi model bentuk barang.

Yang paling banyak dijumpai barang bentuk Guci, Pot, Meja, Kursi, kursi, dll. Namun sekarang sudah berkembang dengan berbagi macam barang tidak hanya dari tanah liat saja namun berkembang menjadi sentra industri kerajinan yang berkualitas untuk ekspor ke mancanegara.

Anda bisa mencari beberapa kerajinan tangan di beberapa tempat dibawah ini :

  • Pasar Beringharjo

Terletak di jantung kota Yogyakarta, pasar tradisional ini hampir setua kota Yogyakarta itu sendiri. Sudah menjadi pusat perdagangan sejak tahun 1758 dan terus sampai sekarang, pasar tersebut telah mengambil peran baru sebagai tempat bersejarah, ikon pariwisata, dan seperti yang sekarang paling dikenal, tujuan yang sangat bagus untuk berbelanja batik.

Kain batik di mana-mana di dalam pasar ini dalam berbagai pola serta bentuk yang dijual oleh ratusan vendor. Di pasar ini kalian bisa menawar harga pada penjualnya dan tentu kalian akan mendapat harga lebih murah jika membeli banyak.

  • Jalan Malioboro

Jika kalian hanya memiliki waktu terbatas untuk mengunjungi Yogyakarta, maka Malioboro adalah pusat perbelanjaan utama untuk berbelanja yang patut kalian sambangi. Kalian mungkin dapat menemukan semuanya tersedia di jalan ini. Dari kios sederhana yang menjual masakan lokal sampai pusat perbelanjaan modern dan hotel mewah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya