Sponsors Link

Kerajinan Tangan dari Jawa Tengah dan Penjelasannya

Indonesia adalah sebuah negara yang mendapat julukan negara kepulauan. Salah satu pulau di Indonesia yang padat penduduknya ialah Pulau Jawa. Jawa sendiri dibagi menjadi 3 wilayah, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

ads

Provinsi Jawa Tengah memiliki luas 25% dari luas Pulau Jawa atau sekitar 32.548 km2. Letak Jawa Tengah berbatasan langsung dengan provinsi lain Jawa Barat dan Jawa Timur.

Itulah sedikit informasi seputar wilayah Jawa Tengah. Selanjutnya kita akan membahas kerajinan tangan apa saja yang berasal dari Jawa Tengah. Kira – kira ada kerajinan tangan apa saja ya di Jawa Tengah? Simak penjelasan di bawah ini :

1.Ukir

Seni ukir merupakan cabang dari seni rupa terapan yang memiliki keindahan khas seperti lengkungan-lengkungannya yang diadaptasi dari bentuk alam sekitar (tumbuhan, hewan, ataupun manusia) dan dikemas ke dalam design-design imajinatif yang saling berkesinambungan. Seni ukir bisa diterapkan ke dalam bentuk dua dimensi, semi tiga dimensi ataupun tiga dimensi.

Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang paling banyak memproduksi ukiran sebagai Kerajinan Tangan Khas Jawa Tengah adalah Jepara. Pada tahun 2010 Jepara mengekspor produk-produknya ke 106 negara dengan nilai Rp 1,190 triliun. Lebih dari 95% dari keseluruhan produk adalah mebel dan ukiran.

Pemerintah Kabupaten Jepara telah mematenkan 99 motif ukir khas Jepara sekaligus mengajukan indikasi geografis produk-produk khas Jepara kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tahun 2010 yang lalu. Tujuan pematenan tersebut adalah untuk melindungi motif ukir dan produk khas Jepara dari klaim negara lain. kerajinan tangan dari jawa timur bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Logam, Tembaga dan Kuningan

Pusat Kerajinan Logam yang terkenal di Indonesia adalah di Dusun Tumang, Desa Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sebagian besar produk dari pengrajin tembaga dan kuningan di sentra Dusun Tumang telah diekspor ke luar negeri seperti Perancis, Australia, Malaysia, dan Amerika Serikat.

Mereka juga memasarkan hasil karyanya ke pasar lokal seperti ke Jakarta, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Bandung, dan Semarang. Produ yang dihasilkan dari kerajian logam, tembaga, dan kuningan di Jawa Tengah adalah vas, guci, relief, wastafel, bathtub, lampu meja, lampu gantung, dll. macam macam kerajinan dari bubur kertas bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Keramik

Salah satu Kerajinan Tangan Khas Jawa Tengah yang tidak kalah unik adalah keramik. Kata keramik berasal dari bahasa yunani ‘keramikos’ yang memiliki arti suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran.

Ada juga yang mengartikan keramik sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar, seperti porselen, gerabah, dan sebagainya.

Salah satu tempat yang terkenal dengan kerajinan keramik di Jawa Tengah adalah di Desa Klampok, Banjarnegara. Kerajinan keramik di tempat ini dimulai sejak tahun 1935.

Ada juga Keramik Tegowenuh dan Kundisari yang terletak di Temanggung Jawa Tengah. Kemudian untuk Sentra Pengrajin Keramik sendri ada di daerah Bayat, Klaten Jawa Tengah.

Bentuk kerajinan keramik yang banyak diminati adalah Guci. Para pengrajin memproduksi guci dengan bermacam ukuran, warna, serta motif yang bernilai seni tinggi. Guci-guci ini dapat digunakan sebagai hiasan ruang tamu atau ruang keluarga. Harganya bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

3. Wayang

Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Wayang juga populer di beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya. Kata Wayang berasal dari kata ‘Ma Hyang’ yang mempunyai arti roh spiritual, dewa, atau Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu ada juga yang mengartikan wayang sebagai istilah bahasa Jawa yang bermakna ‘bayangan’. Istilah ini disebabkan karena pada umumnya pertunjukan Wayang kulit dimainkan oleh dalang sebagai narator dialog tokoh-tokoh wayang dan sinden yang menyannyikan tembang-tembang jawa yang diiringi oleh musik gamelan.


UNESCO telah menetapkan Wayang sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Takbenda Warisan Manusia (Masterpieces of the Oral and Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada tanggal 7 November 2003.

Setelah membaca artikel ini, semoga anda bisa lebih mencintai produk lokal. Jangan sampai warisan budaya ini punah, dan kelak anak cucu kita tidak tahu kerajinan tangan asli Indonesia, seperti yang berasal dari Jawa Tengah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kerajinan Tangan