Sponsors Link

Jenis Jenis Tarian Kalimantan Tengah dan Penjelasannya

Tahukah anda contoh seni tari yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah? Begitu banyaknya ragam seni budaya yang diwariskan oleh leluhur kita kepada bangsa besar seperti Indonesia ini, sudah selayaknya anda semua menjaganya ya sobat.

ads

Pada kesempatan kali ini kami ingin mencoba membagikan informasi untuk anda yang tidak kalah menarik pembahasannya yakni jenis jenis tarian sumatera selatan, agar bisa menambah wawasan baru mengenai jenis jenis tarian kalimantan tengah. Yuk bagi anda yang ingin mengetahui ulasan lengkapnya bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Tari Balean Dadas

Di lingkungan masyarakat Kalimantan Tengah tari balean dadas merupakan tarian yang biasa digunakan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk diberikan kesembuhan atas penyakit yang sudah diderita oleh masyarakat secara umum.

Identitas yang paling mencolok dari tarian ini ialah terletak pada kostumnya yang mempunyai ragam warna seperti kuning, merah, hijau, putih dan hitam. Balean dadas sendiri di masyarakat Kalimantan Tengah ialah sebutan seorang dukun.

Dukun ini nantinya akan ikut mempertunjukkan tarian untuk memanjatkan doa. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, tarian balean dadas digunakan sebagai pertunjukan untuk menyambut para tamu atau pun upacara peresmian saja.

2. Tari Giring Giring

Anda pasti tidak asing lagi dengan suku dayak ya sobat. Tari giring ialah seni budaya yang diciptakan oleh suku dayak asli. Selanjutnya mulai berkembang dan dikenal oleh masyarakat Kalimantan Tengah dan area sekitar Kabupaten Barito. Tahukah anda apa arti dari kata giring – giring itu sendiri?

Giring – giring mempunyai sebutan lain yakni gangerang. Keduanya memiliki arti yang sama yakni sebuah potongan pohon bambu yang di dalamnya terdapat biji piding. Tari giring giring dicipatakan dengan maksud dan tujuan untuk menyampaikan betapa sedang gembiranya mereka semua.

3. Tari Kayau

Tari satu ini memang mempunyai arti yang cukup menyeramkan sobat. Kayau jika dalam bahasa masyarakat Kalimantan Tengah artinya adalah melakukan pemotongan terhadap kepala musuh. Suku dayak khususnya memang mempunyai kebiasaan yang luar biasa sehingga harus melakukan prosesi pemenggalan kepala musuhnya dalam upaya melindungi kelompoknya sobat.

Berbagai ancaman dari musuh bisa ditunjukkan dengan keberanian, kekuasaan dan juga kejantanan. Namun perlu diingat bahwasannya tidak semua anggota kelompok diperbolehkan untuk melakukan pemenggalan, karena sudah terdapat aturan sendiri di suku dayak tersebut mengenai siapa saja yang sudah ditunjuk untuk melaksanakannya.

Sponsors Link

4. Tari Kinyah Mandau

Memang tarian di daerah Kalimantan Tengah didominasi oleh tarian yang berasal dari suku dayak, termasuk pada tarian kali ini yang akan saya bahas. Tari kinyah mandau merupakan tarian yang bertujuan untuk menceritakan seni bela diri, karena di dalamnya memang menonjolkan segi bela dirinya.

Tahukah anda apa arti dari kinyah mandau? Dalam suku dayak kinyah mempunyai arti tarian yang digunakan saat perang. Sedangkan mandau mempunyai arti sebagai alat yang digunakan untuk mendukung berlangsungnya perang yakni senjata.

Sebagai tambahan, masih ada list tarian – tarian lainnya seperti di bawah ini yang tidak bisa saya jelaskan satu persatu di kesempatan kali ini. Namun jangan khawatir sobat, pada kesempatan berikutnya saya akan mengupas tuntas satu persatu tarian tersebut secera mendalam. Tarian tersebut antara lain :

  • Tari Manasai
  • Tari Mandau
  • Tari Tambun dan Bungai
  • Tari Hugo dan Huda
  • Tari Putri Malawen
  • Tari Tuntung Tulus
  • Tari Manganjan
Sponsors Link

Demikian yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai jenis jenis tarian kalimantan tengah. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari