Sponsors Link

Tari Balian Sawa dan Penjelasannya

Kalimantan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang sangat menjadi potensi bagi negara kita tercinta Indonesia ini. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya tambang yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan.

ads

Sebut saja seperti tambang emas, tambang batubara, tambang niken dan juga tambang yang lainnya yang menjadikan provinsi Kalimantan tersebut merupakan salah satu daerah yang sangat menjanjikan dan berpotensi. Pada awalnya sobat, daerah Kalimantan tersebut sebut dengan nama daerah Borneo Island karena Kalimantan tersebut memiliki sejuta keindahan alam yang tak dimiliki oleh daerah yang lain.

Tidak hanya memiliki keindahan alam yang eksotik, namun juga Kalimantan ini memiliki berbagai kesenian yang unik dan menarik yang tentunya berbeda dengan kesenian daerah yang lainnya. Sebut saja seperti salah satu contoh seni tari seperti tarian Bali Sawa. Tarian ini cukup terkenal di daerah Kalimanatan Tengah tersebut. Untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Dari Mana Asal Tarian Balian Sawa Tersebut ?

Seperti yang sudah penulis utarakan diatas sobat, bahwasanya tarian Balian Sawa berasal dari Kalimantan Tengah yakni pada masyarakat Dayak.  Tarian Balian Sawa ini sering sekali ada hubungannya dengan dunia mistis karena dibawalan oleh orang-orang tertentu pula, karena pada umumnya tarian Balian Sawa ini bukan dijadikan sebagai hiburan untuk masyarakat, namun lebih ke acara tertentu yang berhubungan dengan nuansa mistis yang kental.

Namun seiring perkembangan budaya dan juga pengetahuan masyarakat , tarian Balian Sawa ini sudah diadaptasi oleh masyarakat pedalaman sehingga tarian ini suah banyak di kenal dan maskih digunakan oelh masyarakat hingga sekarang ini.

Bagaimana Gerakan Tarian Balian Sawa Tersebut ?

Pada umumnya tarian Balian Sawa ini sangat kental dengan artinya, sehingga tidak bisa diperankan oleh  sembarang orang. Setiap gerakannya memiliki arti tersendiri dan tentunya berhubungan dengan mistis.

Gerakan tarian ini menggambarkan permohonan kepada Tuhan untuk diberi kesembuhan kepada mereka yang sedang sakit namun meminta kesembuhan kepada Tuhan, namun dengan acara yang berbau mistis. Namun meski demikian sobat, tarian Balian Sawa yang satu ini dilakukan dengan rasa hormat dan penuh khusyuk.

Bagaimana Kostum Tarian Balian Sawa Tersebut ?

Karena tarian Balian Sawa dikhususkan untuk meminta kesembuhan bagi mereka yang sakit, maka tentunya tarian Balian Sawa menggunakan kostum yang sopan. Umumnya mereka para penari Balian Sawa tersebut menggunakan kostum berwarna hitam dan juga merah yang disertai pula dengan selendang kuning dan di lilitkan di pinggang para penarinya.

Dan bukan hanya itu saja sobat, para penari juga menggunakan hiasan kepala berupa mahkota yang terbuat dari bunga melati. Serta tak lupa juga menggunakan beberapa gelang di tangan mereka.

Apa Properti Tarian Balian Sawa Tersebut ?

Untuk propertinya sendiri, pada saat para penari membawakan tarian Balian Sawa tersebut, maka mereka disertai dengan lilin dan juga balani yang memang di khususkan untuk ritual tersebut. Namun seiring perkembangan zaman, maka tarian ini sudah sering digunakan untuk acara-acara adat yang lainnya.

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis sajikan buat anda pada postingan kali ini. Terima kasih bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga ulasan di atas bisa menambah rasa cinta anda akan budaya. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari