Sponsors Link

Tari Balian Amonraho dan Penjelasannya

Masih membahas tentang budaya yang ada di negara kita tercinta ini ya sobat, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama negara kita adalah salah satu negara yang sangat kaya akan budaya. Bayangkan saja, ada beribu pulau yang ada di negara kita, itu artinya ada ribuan kebudayaan juga yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

ads

Kebudayaan ini sendiri merupakan salah satu kekayaan negara kita yang belum tentu dimiliki oleh negara yang lainnya. Selain itu, hal yang tidak kalah membanggakan sobat, beberapa budaya yang kita  miliki tersebut sudah diakui oleh dunia internasional. Oleh karena itu, sebagai wujud dari kebanggaan kita akan budaya tersebut, kita harus turut serta melestarikannya demi terjaganya budayaa tersebut.

Nah sobat semua, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu contoh seni budaya nusantara yang berasal dari Kalimantan Selatan yaitu tarian Balian Amorahno. Untuk ulasan selengkapnya mengenai tarian Balian Amorahno tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Asal Muasal Tarian Balian Amonraho

Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas sobat, bahwasanya tarian Balian Amorahno  ini berasal dari daerah Kalimantan Selatan atau yang sering kita sebut Banjarmasin. Tarian yang satu  ini cukup terkenal di daerah Banjarmasin tersebut karena tergolong salah satu tarian yang sering digelar pada saat adanya acara acara resmi atau hiburan di daerah Banjarmasin tersebut, atau pada saat ada tamu yang berkunjung ke daerah Banjamasin tersebut, maka tarian ini sering kali digelar.

Bagaimana Gerakan Tarian Balian Amorahno Tersebut ?

Tidak jauh berbeda dengan tarian yang lainnya, maka tarian ini juga tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Gerakan yang dilakukan secara berkelompok ini bisa dikatakan memiliki gerakan yang aktif, muali dari gerakan yang lambat, gerakan yang cepat bersatu pada tarian ini sehingga menambah indahnya tarian Balian Amorahno tersebut. Dan bukan hanya itu aja sobat gerakan tarian ini juga tergolong gerakan yang membutuhkan konsentrasi agar bisa melakukan gerakan tersebut dengan baik.

Bagaimana Kostum Tarian Tersebut ?

Kostum tarian yang satu ini tergolong cukup sederhana. Tariannya ini hanya menggunakan kostum baju tarian adat khas dari Kaliantan Selatan atau Banjarmasin. Kostum yang digunakan pada umumnya berwarna hitam yang dipadukan dengan warna merah dan memiliki corak kekuningan.

Selain itu sobat, tak lupa juga selendang di pinggang berwarna hijau yang turut serta memeriahkan kostum si penari tersebut. Semantara itu sobat, untuk bagian kepalanya penarinya juga tak lupa menggunakan mahkota yang menambah keindahan para penari Balian Amonharo yang berasal dari Banjarmasin tersebut. Pada umumnya tarian ini dilakuakn secara berkelompok oleh penari wanita maupun penari pria.

Setiap budaya yang ada di negara kita tentunya adalah warisan dari para leluhur yamng harus kita jaga dan lestarikan agar kelak masih bisa kita wariskan ke anak cucu kita kelak. Karen ajika kita tidak wariskan dan lestarikan maka mungkin saja kebudayaan tersebut hanya tinggal sebagai tarian saja.

Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan buat anda pada postingan kali ini. Terima kasih kepada anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan dan rasa cinta anda akan budaya asli Indonesia. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang menarik lainnya. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari