Sponsors Link

Tari Baradap dan Penjelasannya

Tidak usah diragukan lagi ya sobat, negara kita tercinta Indonesia ini merupakan salah satu negara yang memiliki warisan budaya yang sungguh kaya dan indah. Dan bukan hanya tu saja sobat, jenis budaya yang kita miliki tersebut sudah terdaftar dan sudah di akui oleh dunia.

ads

Jenis budaya atau tarian tersebut tersebar dari Sabang hingga ke Merauke yang dan keseluruh nusantara yang terbentuk dari berbagai daerah dan suku, namun meski demikian  kita adalah satu dalam “ Bhinneka Tunggal Ika “ setuju ya sobat.

Dan yang paling penting, sebagai wujud dari kebanggan kita tersebut akan budaya kita, maka kita sebagai warga negara harus melestarikan budaya tersebut agar tidak lekang oleh waktu. Untuk ulasan selengkapnya mengenai tari Baradap yang merupakan contoh seni tari tradisional tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out

Dari Mana Asal Tari Baradap ?

Adapun tari yang satu ini berasal dari daerah Kalimantan atau Banjarmasin. Untuk di daerah Kalimantan sendiri, tarian yang satu ini cukup terkenal karena digelar pada saat upaara –  upacara atau acara adat dan juga dipakai pada saat penyambutan tamu besar ke daerah Kalimantan atau Banjarmasin tersebut.

Bagi mereka tamu besar atau tamu kenegaraan bisanya tari yang satu ini selalu digelar sebagai rasa penghormatan akan kedatangan tamu tersebut. Nah bagi anda yang ingin melihat dan menyaksikan langsung pertunjukan tarian yang satu ini bisa segera berkunjung ke Banjarmasin ya sobat.

Konstum Apa Saja yang Dipakai ?

Tidak jauh berbeda dari penari yang lainnya, tentunya kostum yang digunakan oleh mereka yang membawakan tari Baradap ini terdiri atas berbagai amcam kostum. Untuk mereka penari perempuan, mereka akan menggunakan kain batik sebagai kain bawahgan yang dipadukan dengan selendang batik yang menjadi salah satu ciri khas dari tari tersebut.

Semantara itu, untuk atasannya sendiri mereka akan mengguakan baju setengah lengan yang dihiasi oleh berbagai hiasan tari yang dikalungkan di bagian leher dan juga digunaka di bagian lengan mereka. Selain itu, mereka juga akan menggunakan mahkota di kepala yang dipadukan senada dengan warna selendangnya. Inilah  fungsi seni tari yang saling melengkapi.

Bagaimana Gerak Tari Baradap?

Untuk tarinya sendiri, tentu saja tari Baradap ini mempunyai tarian atau gerakan yang khusus yang berbeda dari tarian yang lainnya apda umumnya. Tangan para penari yang lemah gemulai dengan lembut memegang selendang yang ada pada tangan mereka seraya masuk ke area panggung tarian.

Selain itu, seraya memegang selendang, diikuti pula oleh gerakan kaki yang mengayuh secara perlahan mengikuti gerakan tarian yang sedang memegang selendang yang tadi. Bentuk tubuh yang lentur dan gerakan yang lemah gemulai menjadikan tarian yang satu ini banyak di minati oleh masyarakat paa saat anda acara –  acara tertentu.

Perkembangan Tari Baradap

Seiring dengan perkembangan yang ada, maka tari Baradap ini juga ikut mengalami perekembangan juga tentunya, namun meski demikian tidak menghilangkan keaslian dari tari Baradap tersebut. Mulai dari perkembangan kostum hingga property yang digunakan, namun tak mengurangi keindahan tarian tersebut.

Itulah sobat uraian singkat mengenai tarian Baradap tersebut. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan menjadi penambah wawasan bagi anda yang cinta akan budaya. Mari kita tingkatkan terus kemajuan budaya kita agar kuta semakin bernilai. Salam budaya dan salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari