Sponsors Link

Tari Burung Simbangan Laut dan Penjelasannya

Masih membahas salah satu jenis jenis tarian kalimantan selatan atau Banjarmasin ya sobat, karena memang seperti yang sudah kita ketahui bersama, provinsi yang satu ini sangat kaya sekali akan budaya dan seni yang menjadikan kota atau provinsi yang satu ini bukan hanya kaya akan tambang emasnya namun juga akan warisan budaya yang ada di daerah Banjar tersebut.

Nah sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu jenis tarian yang cukup populer di daerah Banjar tersebut, yakni Tari Butung Simbangan Laut. Untuk ulasan selengkapnya mengenai tarian tersebut, yuk sobat berikut ini ulasan selenkapnya untuk anda. Cekidot.

Asal Usul Tari Burung Simbangan Laut

Adapun  Tari Burung Simbangan Laut ini merupakan salah satu contoh seni tari tradisioanl yang masih bertahan dan diguankan oleh masyarakt Banjar hingga saat ini. pada awalnya, tari Tari Burung Simbangan Laut ini merupakan tari yahng digunakan untuk pengobatan, namun sesusi dengan perkembangan zaman dan sesuai dengan kebutuhan, akhirnya Tari Burung Simbangan Laut yang satu ini diubah menjadi jenis tari yang sifatnya untuk hiburan atau pertunjukan.

Kategori Penari Tari Burung Simbangan Laut

Untuk jumlah penari  Tari Burung Simbangan Laut sendiri berjumlah 5 sampai dengan 7 orang .  dan para penari tersebut adalah wanita yang berumur sekitar 15 sampai dengan 25 tahun. Untuk musik pengiring tari ini tergolong sangat sederhana, yaitu hanya terdidi dari biola, terbang berjumlah 3 buah dan disertai dengan gong.

Kostum Penari Tari Burung Simbangan Laut

Untuk kostum yang digunakan oleh penari Tari Burung Simbangan Laut ini juga terglong cukup sederhna, dimana para penarinya hanya menggunakan baju layang dan juga tapih ari suci. Pergelaran Tari Burung Simbangan Laut ini biasanya digelar pada malam hari, yakn pada saat ada acara – acara kesenian, seperti peringatan hari besar yang diadakan di suatu kampung, atau bisa juga di gelar pada saat ada acara perkawinan, sunatan dan juga acara yang lainnya.

Pertunjukan atau pagelaran Tari Burung Simbangan Laut ini biasanya dilengkapi dengan panggung , meskipun panggung itu sendiri tergolong sangat sederhana namun tetap bisa menghibur penontonnya dan juga tamu undangannya.

Gerakan Tari Burung Simbangan Laut

Untuk gerakan Tari Burung Simbangan Laut sendiri memiliki gerak yang beragam, gerak yang bergam tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Para penari nasuk ke arena dengan gerak dasar yaitu maju ke depan, putar badan kearah kanan dan kembali ke tempat.
  • Siuk, yang berputar ke arah kiri
  • Menghadap ke kiri yang dilanjutkan dengan geser ke kiri dan juga mundur
  • Gerak lempar tangan
  • Gerak memuja, dilakukan dengan posisi maju ke depan dan menggeser ke arah kiri dan mundur gerak lempar tangan yang di ukang – ulang hingga beberapa gerakan.
  • Persembahan, kaki para penari rapat dan kedua tangan dirangkapkan ke badan, kepala dalam posisi menunduk yang menunjukkan rasa hormat.
  • Gerakan membuka sayap kanan geser ke kiri, kemudian lempar tangan dan dilanjutkan dengan gerak membuka sayak kiri dan lempar tangan yang dilakukan hingga tarian benar – benar selesai.

Demikian sobat ulasan singkat mengenai Tari Burung Simbangan Laut yang bisa penulis sajikan buat anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel terbaru selanjutnya. Salam budaya dan salam hangat dari penulis

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari