Sponsors Link

Tari Deder

Tari Dayak,siapa yang tahu tentang tari dayak ini,mungkin dari kita sering menjumpai tarian ini dalam pementasan seni tari tradisional.tari dayak ini adalah jenis tarian yang penuh dengan gerakan-gerakan aerobic,theatrical dan juga penuh dengan kreasi.

ads

Tapi tariaan dayak tersebut sudah semakin hilang.Gerakan dalam tarian dayak adalah gerakan yang meniru gerakan alam yaitu gerakan yang gemulai dan meniru dari gerakan burung tinggang dan burung antang,dan sebenarnya bukan gerakan seperti gerakan aerobic.

Tari deder ini juga dipakai dalam ritual acara-acara sacral yakni sebagai fungsi seni pertunjukan bagi masyarakat,seperti tari muda mudi,tari pergaulan dan tarian yang sifatnya massal.Dalam pembahasan ini kita akan membahas jenis tarian apa saja yang berasal dari suku dayak,mari kita simak ulasannya.

1. Tari Tomitoto

Dalam acara upacara adat dan acara pesta tiwah,tarian tomitoto inilah yang ditampilkan dalam acara tersebut,tarian yang berasal dari suku dayak yang memiliki kebudayaan suku dayak. Nama alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian ini adalah ketambung,dan nama tarian ini

diambil dari bunyi tetabuhan yang dihasilkan dari alat musiknya.Pada awalnya tarian tomitoto ini hanya dibawakan oleh seorang pisur(imam), akan tetapi semakin berkembangnya zaman,tarian tomitoto ditarikan oleh semua yang hadir dalam acara tersebut.

2. Horoliung Lunuk

Tarian horoliung lunuk ini dibawakan dalam upacara adat atau yang disebut dengan Totoh atau bopura dan acara pesta-pesta.Tarian ini dibawakan massal,dimana para penari membentuk lingkaran dan berputar-putar mengelilingi sangkai lunuk atau contoh tari kreasi

(pohon lunuk atau pohon beringin didirikan didalam daun-daunan diikat dengan kuat)yang berdiri di tengah-tengah rumah betang.Makna dari tarian horoliung lunuk ini mempunyai maksud dan tujuan yaitu sebagai rasa syukur kepada sang pencipta.

3. Tari Turuk Tuwo

Rangkaian dari kesenian tarian ini adalah tarian yang dibawakan dalam acara upacara adat yaitu Ngolunuk antang.Tarian ini dibawakan oleh pemuda yang duduk berantai dan mereka memeluk pohon yang bernama pohon lunuk secara erat-erat,tarian ini merupakan jenis tarian permainan.

Nantinya para pemuda tersebut mencabut pohon lunuk tersebut sampai pohon nya tercabut.Para penari pemuda tersebut berperan sebagai semut yang gigit,cara yang dilakukan yaitu dengan mencubit,bahkan menggunakan api agar diibaratkan sakitnya gigitan semut yang paling menyakitkan.

4. Tari Cuhuk Onyuh

Sama dengan tari turuk tuwo,tari curuk onyuh ini juga tari permainan,yaitu tari pergaulan para muda mudi.Tarian ini dilakukan dengan cara para pemuda duduk rapat dan berdampingan dan mereka sambil menyembunyikan kelapa

yang diletakkan diantara paha mereka.Para penari gadis mengelilingi para pemuda yang meletakkan kelapa yang disembunyikan dipaha mereka.Apabila kelapa yang disembunyikan didapati oleh penari gadis,maka pemuda tadi harus siap menjalani hukuman yang diberikan.

5. Tari Deder

Menurut istilah dayak ngaju,arti dari kata deder yaitu menyanyi,tari deder ini adalah tari pergaulan.Jadi apabila diartikan tari deder ini adalah menari juga menyanyi,tarian ini juga dilantunkan pantun secara bersahut sahutan.Oleh sebab itu tarian ini digunakan para pemuda pemudi untuk ajang percintaan.

6. Tari Karang Alu

Pada saat menanam padi atau pada saat panen,tari karang alu ini dibawakan oleh para pemuda pemudi.Gerakan tarian ini lemah gemulai,lincah,seiring dengan irama ketukan alu.Tarian karang alu ini sering digunakan untuk penyambutan tamu dikampung.

Sponsors Link

7. Tari Manompak

Oleh masyarakat suku dayak siang,tari manompak ini dikenal dengan sebutan tarian giring-giring atau tari ganggereng.Alat musik yang digunakan yaitu bamboo yang dihias dan diisi kerikil dan akan menghasilkan bunyi suara

dan seirama dengan instrument pengiring.Pada awalnya tarian ini hanya digunakan untuk menyambut datangnya para pahlawan yang menang dalam peperangan,tetapi sekarang tarian ini digunakan untuk penyambutan tamu terhormat.

8. Tari Bodunce

Sama dengan tari deder,tarian ini merupakan tarian dari pergaulan muda mudi. Tarian ini juga saling berbalas pantun. Itulah jenis-jenis tarian yang berasal dari suku dayak,sebagai generasi muda kita harus tetap melestarikan kesenian tarian tersebut.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari