Sponsors Link

Tari Balian Dadas

Seperti yang sudah kita ketahui, Pulau Kalimantan merupakan pulau yang mempunyai sejuta kendahan yang ada didalamnya oleh sebab itu Pulau ini mendapat julukan sebagai Borneo Island dan memiliki jenis jenis tarian Kalimantan tengah. Bukan hanya Cuma keindahan alamya yang sangat menarik akan tetapi Pulau Kalimantan mempunyai beragam kesenian tradisional yang menarik dan juga unik.

ads

1. Riwayat

Yang menjadi salah satu tarian Tradisional khas Kalimantan Tengah yaitu Tari Balian Dadas.Apakah kamu Tari Balian Dadas itu ? Tarian yang berasal dari Kalimantan Tengah ini adalah tarian yang biasa digunakan oleh masyarakat asli khas Kalimantan Tengah yaitu suku dayak yang memiliki kebudayaan suku dayak.Mereka menggunakan tari-tarian ini biasanya digunakan untuk meminta kesembuhan penyakit,

mereka mempercayai bahwa mereka akan diberikan kesembuhan oleh Ranying Hatala langit (sebutan untuk Tuhan mereka),yang melakukan penyembuhan biasanya dilakukan oleh dukun perempuan asli suku dayak. Mengapa tarian tersebut dinamakan dengan Balean Dadas ? Balean Dadas ini atau tarian tradisional Indonesia adalah sebutan untuk nama dukun perempuan yang ada di Kalimantan Tengah,dan masyarakat dayak menyebutnya dengan Balean Dadas.

2. Berhubungan dengan Mistis

Kebanyakan tari-tarian yang ada di Pulau Kalimantan mengandung unsur mistis,begitu juga dengan Tari Balian Dadas ini.Pada zaman dahulu tarian ini sering digunakan oleh masyarakat untuk menyembuhkan orang sakit.Akan tetapi lama kelamaan tari Balian Dadas ini sudah dikolaborasi oleh masyarakat suku dayak yang berada di Kalimantan Tengah ini dan dilestarikan sebagai kebudayaan asli khas Kalimantan Tengah,tradisi ini masih sering dipakai masyarakat dayak.

3. Gerakan

Bukan hanya sekedar gerakan tarian an yang seperti biasanya, gerakan dari tari balian dadas ini mengandung makna.Dengan tari balian dadas ini mereka memohon meminta agar diberi kesembuhan bagi pasien. Dalam tarian ini menggunakan perantara diantaranya balanai dan damar,lilin sebagai alat untuk penyembuhan.

4. Pakaian

Untuk pakaian yang digunakan dalam tari balian dadas ini penuh corak seperti ada warna merah, putih, kuning, hitam, putih, dan hijau.Mereka menggunakan warna-warna tersebut karena warna tersebut adalah warna khas dari suku dayak. Dan juga dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris seperti kaling taring,janur dan gelang.

Tari Balian Dadas ini terdiri dari 6 wanita dan 2 laki-laki,mula-mula tari ini akan dibuka oleh 2 orang penari wanita sebagai dayang-dayang dukun nya,penari akan memakai baju berwarna kuning dan akan memakai hiasan danun janur dan daun sanur.Penari akan memakai gelang yang cukup lumayan berat yang terbuat dari bahan kuningan,dan pada tangan kiri penari memakai 2 gelang kuningan,

5. Lagu

iringan lagu para penari dengan menggunkan mantra.Setelah para penari wanita melakukan adegan tari-tarian,selanjutnya penari laki-laki 2 orang yang berperan sebagai seorang dukun,sama dengan penari wanita,penari laki-laki juga menggunakan hiasan danur janur dan daun sawan,dan menggunakan gelang tetapi ukuran nya lebih besar dari gelang yang digunakan oleh wanita.

Gerakan dari tari balian dadas ini memiliki formasi yaitu melingkar dan berputar-putar,dan itu menandakan bahwa gerakan tersebut merupakan bagian dari ritual dan menggunakan lirik lagu yang merupakan mantra. Akan tetapi seiring majunya zaman dan perkembangan zaman,tari balian dadas ini tidak Cuma hanya untuk media penyembuhan saja,tetapi sudah banyak juga yang menggunakan untuk acara peresmian,penyambutan,dan banyak digunakan dalam acara-acara festival kebudayaan.

Sponsors Link

6. Sebagai Sarana Hiburan

Tari balian dadas ini digunakan untuk sarana hiburan,dan tarian ini sudah mengalami perubahan dari aslinya atau sudah mengalami modifikasi agar tidak terlalu terlihat mistis seperti yang aslinya.Banyak sanggar tari di Kalimantan Tengah menggunakan tarian tersebut,banyak para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kalimantan Tengah menyaksikan tari balian dadas sehingga kita bisa lebih memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia.

Tari Balian dadas ini diiringi dengan alat musik seperti gong,gendang,kecapi.Tetapi untuk zaman sekarang alat musik tersebut diganti dengan menggunakan kaset atau CD. Demikian lah ulasan mengenai Tari Balian Dadas yang berasal dari Kalimantan Tengah ini,semoga dengan membaca ulasan Tari Balian Dadas ini dapat menambah wawasan kita mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari