Sponsors Link

Tari Kembang Goyang dan Penjelasannya

Sebagai salah satu seni budaya yang cukup populer di seluruh masyarakat Indonesia, tari Kembang Goyang ini tentunya sudah “ familiar “ di telinga anda. Tarian yang satu ini berasalan dari Provinsi Jawa Timur dan menjadi salah satu tari yang dibanggakan dari Jawa Timur tersebut.  jenis jenis tarian jawa timur memang cukup banyak, namun hanya beberapa yang populer.

ads

Sobat semua yang berasal dari Jawa Timur tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis tari yang satu ini ya sobat, karena memang tergolong contoh seni tari yang sering digunakan atau di gelar pada saat –  saat acara tertentu, sehingga semua masyarakat pun mengenal dan memahami jenis tarian yang satu ini.  Namun untuk menambha wawasan anda akan tarian Kembang Goyang tersebut, yuk sobat merapat bersama penulis dan langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Penjelasan Singkat Mengenai Tari Kembang Goyang

Sesuai dengan namanya menggunakan “ Kembang Goyang “, maka tarian ini adalah tarian yang salah satu propertinya adalah menggunakan kembang goyang tentunya. Kembang goyang ini merupakan perhiasan yang dipasangkan pada rambut atau sanggul ( konde ) dan dapt bergerak –  gerak apabila digoyangkan atau digerakkan karena apda bagian tengah atau bawahya kembang goyang ini memiliki pegas.

Hiasan kembang goyang ini sendiri dibuat dari logam atau kuningan dan juga terkadang dibuat hiasan berupa batu permata sehingga tidak salah jika kembang goyang ini sangat popuer digunakan pada saat acara tradisional di negara kita. Kembang goyang ini, lazim dikenakan untuk aksesoris pengantin, penari. Karena pada saat menari kembang tersebut ikutan bergoyang, oleh karena itulah tercetuslah nama tari Kembang Goyang tersebut.

Kostum Penari Tari Kembang Goyang

Penari yang melakoni tari Kembang Goyang ini adalah kaum wanita. Sesuai dengan namanya “ kembang goyang “, maka setiap penarinya pastinya akan disematkan kembang goyang tersebut pada rambut atau sanggul yang mereka gunakan pada saat membawakn tarian tersebut.

Sedangkan untuk kostumnya sendiri, pada bagian atasan penari bisa saja menggunakan kebaya namunn cenderung mereka menggunakan kemben pada saat acara berlangsung atau bisa juga menggunakan kida –  kida. Sedangkan untuk bagian bawah, mereka akan menggunakan kain yang senada warnanya dengan kida –  kida yang tadi.

Selendang lembut sutra juga tidak kalah penting dari seorang wanita yang membawakan tarian Kembang Goyang tersebut. Sedangkan untuk bagian tangan dan lengannya mereka menggunakan gelang kilat bahu dan juga dengan gelang kaki yang senada dengan kita bahu yan tadi digunakan. Dengan menggunakan semua kostum tersebut, maka terlihatlah seorang penari Kembang Goyang yang anggun tersebut.

Fungsi Tari Kembang Goyang

Pada setiap ada acara perkawinan secara tradisional, maka tidak pernah lupa menggelar tari Kembang Goyang tersebut, karena memng peruntukannya untuk hal seperti itu. Selain itu, tari Kembang Goyang ini juga kerap dibawakan pada saat ada acara atau event tertenutu yang melibatkan orang –  orang penting atau tamu penting yang hendak berkunjung ke daerah tersebut. Oleh karena itulah tari kembang goyang yang satu ini sangat akrab dengan masyarakat.

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis share buat anda mengenai tari Kembang Goyang tersebut. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel tersebut. Jaga terus kelestarian budaya kita dengan turut serta memperkenalnya budaya tersebut ya sobat. Jangan lupa untuk mengikuti setiap perkembangan artikel – artikel terbaru selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari