Sponsors Link

Tari Rabana dan Penjelasannya

Pernah melihat atau mendengar rabana sobat ? Tentu saja pernah ya. Alat musik yang satu ini pada awalnya merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Timur Tengah. Namun seiring berkembanganya ajaran Islam di negara kita, maka lambat namun pasti alat musik yang satu ini sudah berkembang di negara kita yaitu Indonesia tercinta ini. Setuju ya sobat.

ads

Alat musik tradisional khas Timur Tengah ini biasanya sering digunakan pada saat adanya acara kesenian. Ada beberapa kesenian juga yang menggunakan alat musik rebana ini, sebut saja seperti kasidah, hadroh dan jenis kesenian yang lainnya. Bentuknya merupakan seperti gendang yang berbentuk bundar dan pipih yang terbuat dari bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut. Dinegara kita sendiri alat musik yang satu ini tergolong terkenal.

Bukan hanya jadi alat musik saja sobat, ternyata ada juga tarian yang namanya tari rabana. Nah sobat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tarian rabana tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

Berasal Mana Tarian Rabana ?

Tarian Rabana ini umumnya berasal dari darah Betawi atau yang kita sebut dengan Jakarta sebagai ibukota negara kita tercinta Indonesia ini. contoh seni tari yang satu ini cukup sering dimainkan atau dipertunjukkan khususnya jika ada acara seni yang tentunya melibatkan segenap masayarakat.

Oleh karena itulah tarian Rabana ini sering dipertunjukkan untuk menghibur masyarakat sehingga tarian ini cukup dikenal oleh msayarakat Indonesia. Sobat semua juga tentunya pernah mendengar bahkan melihat tarian yang satu ini ya sobat.

Gerakan Tarian Rabana

Gerakan tarian rabana ini tergolong tarian yang gampang gampang susah. Para penarinya harus lihai dalam melakukan gerakan yang tergolong cepat. Tarian yang satu ini dibawakan secara berkelompok baik antara sesama penari wanita atau bisa juga dikombinasikan dengan penari pria tergantung atau sesuai dengan kebutuhan. Tarian rabana ini tentunya menggunakan rabana sebagai propertinya.

Geraknnya dilakuakn dengan menepuk nepuk rabana tersebut secara perlahan, kemudian diikuti dengan gerakan gerakan yang lebih cepat dan cepat. Sehingga tarian ini dimulai dari gerakan yang lambat, dan lama kelamaan akan lebih cepat. Itulah keunikan dan sekaligus kesulitan gerakan dari tarian Rabana ini karena harus bergerak secara lihai.

Bagaimana Kostum Penari Rabana ?

Pada umumnya para penari rabana ini menggunaka kostum yang rapih dan  diserai dengan berbagai aksesoris. Namun yang pasti salah satu ciri khasnya pada penari wanita taroan rabana ini adalah menggunakan kerudung atau  hijab.

Tak lupa juga berbagai aksesoris sepeti gelang, kalung dan perhiasan yang lainnya turut serat memperindah kostum para penari ini. Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah Rabananya ya sobat, karena rabana tersebut merupakan property utama ynag digunakan oleh para penarinya.

Tarian rabana ini sering dimainkan pada saat ada acara ynag berhubungan dengan acara keagamaan atau acara kesenian, sehingga tarian ini cenderung lumayan terkenal dan diminati oleh segenap rakyat.

Itulah sobat ulasan singkat mengenai tari rabana dan penjelasannya secara singkat untuk anda. Teruslah melestarikan tarian khas negara kita ya sobat, karena dengan melestarikannya itu artinya kita menghargai budaya serta tarian tersebut agar kelak tarian daan budaya tersebut tidak akan lekang oleh waktu dan nantinya masih bisa dilihat oleh anak cucu kita. Salam budaya dan salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari