Sponsors Link

Tari Nagasari dan Penjelasannya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, bahwasanya negara kita tercinta Indonesia ini memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Selain itu setiap pulau tersebut juga memiliki ciri khas nya masing-masing sehingga menambah kekayaan negara kita tercinta ini.

ads

Sebut saja seperti makanan atau kulner khas, tempat wisata, baju adat, alat musik serta berbagai jenis lainnya yang dimiliki oleh masing-masing daerah di negara kita ini. Jadi oleh karena itu sobat, tidak heran jika negara kita ini dikenal sebagia negara yang kaya akan pulau dan budaya. Sobat semua tentunya harus turut serta berbangga akan negara kita tercinta Indonesia ini. Setuju ya.

Salah satu jenis kekayaan yang dimiliki oleh daerah di negara kita seperti yang sudah penulis utarakan diatas adalah dari segi budayanya. Jika kita berbicara mengenai budaya sudah barang tentu kita juga akan membahas mengenai tariannya.

Setiap daerah di negara kita juga tentunya memiliki keaneka ragaman tarian. Nah sobat salah satu jenis tarian yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah mengenai tari Nagasari dan penjelasannya. Untuk ulasan selengkapnya mengenai tarian Nagasari tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Dari Mana Asal Tari Nagasari

Adapun tarian Nagasari ini berasal dari daerah Banjar atau Kalimantan Selatan. Tarian yang satu ini tergolong jenis jenis tarian kalimantan selatan yang cukup dikenal masyarakat karena cukup sering dipertontonkan atau dipertunjukkan di kalangan masayarakat. Tarian Nagasari yang satu ini kerap sekali dijadikan ajang sebagai penghiburan pada masyarakat pada saat ada acara tertentu.

Selain itu, pada saat acara panen tiba tarian Nagasari ini juga tidak lupa dipertunjukkan sebagai ucaoan rasa syukur atas hasil panen yang sudah diterima selama satu tahun penuh. Itulah yang mengakibatkan seluruh daerah Banjar sudah mengenal tarian ini karena sudah melegenda secara turun temurun.

Bagaimana Gerakan Tarian Nagasari ?

Tarian Nagasari ini biasanya dibawakna secara kelompok atau grup. Selan itu, pada umumnya tarian ini dibawaka oleh kaum wanita, namun tidak jarang pula dipadukan dengan penari kaum pria.  Gerakannya sendiri ditirukan hampir sama dengan gerakan naga, namun tarian ini diperagakan seindah mungkin, sehingga muncullah nama “ Nagasari “.

Para penari umumnya akan berbaris berbentuk seperti Naga mulai dari Kepala yang besar dan hingga bagian ekor yang lama kelamaan akan mengecil. Gerakan tarian melingkar liut yang diibaratkan seekor naga yang sedang mengintai mangsanya. Tak sedikit yang melakukan pertunjukan Naga yang sedang memangsa pada saat tarian Nagasari ini dipertunjukkan kepada masayarakat pada saat aara tertentu.

Bagaimana Kostum Tarian Nagasari Tersebut ?

Untuk kostumnya sendiri tergolong sangat mewah. Dimulai dari baju atasan yang berwarna hijau yang berkilau atau ada juga yang menggunakan warna kuning, dan juga bagian bawahya berwarna kuning yang di padukan dengan berbagai aksesoris yang menarik mulai dari kaki, lengan, tangan dan kalung yang tergolong sangat indah.

Selain itu sobat, yang tidak kalah penting adalah mahkota dikepalanya yang menggambarkan seekor naga namun sudah di desogn sedemikan rupa, sehingga terlihat elok dan indah.

Demikian sobat ulasan mengenai tari Nagasari dan penjelasannya yang bisa penulis sajikan buat anda pada postingan ini. Semoga setelah membaca ulasan di atas, rasa cinta anda semakin bertambah akan budaya kita. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari