Sponsors Link

10 Contoh Seni Teater Serta Penjelasannya

Perkembangan zaman menjadikan berbagai macam ilmu memunculkan hal hal baru yang ditemukan dan menjadi sesuatu yang berbeda dari sebelumnnya. Pernyataan tersebut juga berlaku untuk ilmu seni, dengan berkembangnya zaman berbagai cabang cabang seni mulai mengalami perubahan dengan ide ide baru yang lebih baik dan berbeda dari sebelumnnya. Yang paling terlihat dari perkembangan dunia seni adalah adanya perubahan fungsi dari seni sehingga yang mulanya hanya sebua karya yang dinikmati keindahannya namun sekarang ada berbagai macam contoh karya seni dengan manfaat lainnya yang disebut sebagai seni terapan.

ads

Kembali kepada pembahasan cabang dari sebuah seni, setiap seni memiliki cabang atau jenisnya sendiri sendiri seperti cabang seni rupa, cabang seni musik, dan cabang seni lainnya. Dalam artikel ini, ilmuseni.com akan membahas menganai cabang seni teater. Pengertian Seni teater menurut wikipedia adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience. Seni teater dapat diartikan sebagai istilah lain dari drama dalam artian yang lebih luas dan mendetail. Dalam proses perubahan sebuah drama menjadi teater disebut sebagai proses teater atau dengan nama lain yang lebih singkat “berteater”. Seni teater juga memiliki cabang atau jenisnya tersendiri yang dijelaskan dalam ulasan dibawah ini.

Seni Teater Traditional

Cabang seni teater yang pertama adalah seni teater traditional yang juga dikenal dengan nama lain “teater daerah” karena memang berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia. Cerita yang dibawakan oelh teater daerah ini biasanya akan bersumber dari legenda maupun fakta hidup dari masing masing daerah. Manfaat seni teater traditional sebagai penyapai pesan pesan moral. Beberapa contoh teater yang masuk kedalam seni teater daerah diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Lenong

Lenong merupakan teater daerah yang berasal dari suku betawi di jakarta.Dalam proses pertunjukannya, lenong akan diiringi oleh suara musik yang berasal dari gambang kromong. Lenong akan bercerita tentang kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan hubungan sesama manusia dan mengandung berbagai macam pesan moral yang diselingi dengan beberapa guyonan sindiran khas betawi. Karena lenong merupakan kebudayaan suku betawai asli maka bahasa yang digunakan pun juga bahasa Betawi. Keseninan daerah lenong saat ini mencapai masa keterpurukan sejak pernah merajai pertelevisian saat dimasa kejayaannya.

  1. Ketoprak

Contoh seni teater traditional lainnya adalah ketoprak. Ketoprak merupakan seni teater daerah yang berasal dari Jawa tengah, tepatnya dari surakarta. Seni ketoprak yang awalnya menggunakan iringan lesung atau alat tumbuh padi ini sekarang sudah diringi dengan alat musik yang berbeda yakni gamelan. Cerita yang dikisahkan dalam seni ketoprak ini berupa cerita legenda/masyarakat setempat yang mengandung nilai moral dan dapat ditonton untuk segala usia. Dewasa ini, ketoprak makin jarang diminati karena diangap kuno dan tidak cocok dengan kemajuan jaman serta teknologi saat ini.

  1. Ludruk

Masih dari pulau jawa, contoh dari salah satu cabang seni teater traditional lainnya adalah ludruk. Luduk merupakan seni drama asli dari provinsi Jawa Timur ini berkisah tentang kehidupan sehari-hari dengan diiringi suara musik gamelan dan ditampilkan dalam bahasa khas Surabaya. Percakapan yang digunakan bersifat hiburan dan lawak sehingga membuat penonton tertawa. Biasanya, ludruk diawali dengan Tari Remo. Di Jawa Tengah, ada juga seni teater yang mirip dengan ludruk, yaitu ketoprak. Hal yang membedakan keduanya adalah cerita yang dibawakan. Ketoprak berisi cerita rakyat atau legenda, sedangkan ludruk berisi tentang cerita kehidupan sehari-hari.

  1. Mamanda

Seni teater lainnnya berasal dari kalimantan selatan yang dikenal dengan nama Mamanda. Seni teater mamanda ini mirip dengan lenong, di mana terdapat hubungan komunikasi langsung antara pemain dan penonton sehingga memberikan kesan ‘hidup’ tetapi mamanda cenderung kaku dengan mengikuti alur cerita kerajaan. Mamanda memiliki nilai budaya yang bersifat sebagai hiburan dan pendidikan.

Sponsors Link

  1. Makyong

Seni teater Makyong merupakan perpaduan antara seni tari dan seni teater yang berasal dari daerah Melayu tradisional, tepatnya di Kepulauan Riau yang berkembang pesat pada zaman Kerajaan Johor. Seni ini menggabungkan instrumen, vokal, dialog, tari, dan unsur ritual di dalamnya. Selain sebagai upacara persembahan, makyong juga digunakan sebagai adat istiadat di daerah Riau.

  1. Randai

Mirip dengan makyong, randai merupakan perpaduan berbagai macam seni yaitu drama, tari, lagu, dan silat. Kesenian ini berasal dari Minangkabau. Fungsi randai sebagai hiburan yang mengandung pelajaran moral berisi nasihat. Cerita yang ditampilkan berupa cerita tentang kehidupan sehari-hari atau cerita rakyat daerah Minangkabau. Pada awal kemunculannya, randai digunakan untuk mengiringi pembacaan gurindam.

  1. Wayang Orang

Seni teater traditional lainnya yang kental dengan budaya Jawa Tengah adalah wayang orang atau dalam bahasa Jawa disebut juga wayang wong. Kesenian ini sama dengan wayang yang dimainkan oleh dalang pada umumnya. Hanya saja dilakoni oleh pemain yang mengenakan kostum seperti wayang sehingga bukan alat peraga. Wayang orang diciptakan oleh Sultan Hamangkurat I pada tahun 1731. Kesenian ini memadukan beberapa unsur seni yang lain seperti seni vokal, musik, dan tari. Selain itu, kostum juga penting untuk diperhatikan, terutama sewaktu ada pementasan.

Seni Teater Modern

Cabang lainnya dari seni teater adalah seni teater modern. Seni teater modern merupakan jenis seni teater yang tumbuh dan berkembang di kota besar dan banyak dipengaruhi oleh teori serta budaya barat.

Sponsors Link

Seni teater modern lebih menekankan pada teknik teknik akting yang cukup rumit dengan tingkat kesulitan tinggi yang ditunjukan melalui ekspresi ekspresi mendalam dan memiliki berbagai macam unsur seni peran di dalamnya. Teater modern lebih bersifat universal dengan bahasa, alur cerita yang tidak terbatas pada daerah tertentu. Berbagai contoh seni teater modern diantaranya adalah.

  1. Drama Musikal

Contoh seni teater modern yang pertama adalah dram musikal. Drama musikal merupakan jenis teater yang didalamnya lebih banyak diselingi oleh musik serta para pelakunya yang menyanyi.

  1. Opera

Opera sebagai contoh dari cabang seni teater modern merupakan sebuah sandiwara atau dram yang dramatis mulai dari tata panggung dan pementasan musik.

  1. Kabaret

Kabaret juga termasuk sebagai contoh seni teater modern yang berkembang mengikutin jaman. Kabaret merupakan pertunjukan dari dunia seni yang berasal dari daerah barat (luar negeri) yang lengkap dengan hiburan musik, sandiwara, nyanyian, serta tarian tarian.

Itulah beberapa cabang dari seni teater yang masih dapat dilihat serta dinikmati sampai saat ini meskipun beberapa seni teater khususnya seni teater traditional sudah tidak banyak dinimati dan memiliki ruang serta kesempatan pertunjukan.

 

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Teater