Sponsors Link

Manfaat Seni Teater Secara Umum dan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Manfaat Teater dalam kehidupan bermasyarakat adalah sebagai media pendidikan dan sarana pengembangan diri. Selain itu, masih banyak lagi manfaat teater yang dapat kita dapatkan. Untuk itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Manfaat Seni Teater baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun manfaat yang tidak dapat dirasakan secara langsung. (Baca juga : Kebudayaan Indonesia yang Mendunia)

ads

Manfaat Seni Teater Secara Umum

Manfaat Seni Teater secara umum dapat diklasifikasikan kepada dua subjek, yaitu pelaku dan penonton / pemirsa. Tentunya kedua subyek tersebut akan merasakan dua manfaat yang berbeda, tergantung perannya pada sebuah pertunjukan teater, entah itu sebagai pemain / pemeran ataupun hanya sebagai penonton / apresiator.

Bagi pemeran / artist / pemain yang terlibat dalam sebuah pertunjukan teater, manfaat yang didapatkan diantaranya :

  1. Melatih kerja sama yang baik dalam organisasi atau kelompok.
  2. Mengembangkan kecakapan sosial
  3. Menambah relasi / pertemanan
  4. Mengembangkan tiap individu dalam hal daya kreasi
  5. Mengembangkan emosi yang sehat pada tiap diri pemain
  6. Menghilangkan sifat malu. Gugup, tegang, takut, dll.
  7. Belajar memberikan apresiasi kepada diri sendiri dan orang lain dalam kelompok
  8. Melatih kepemimpinan dan kerja keras.

Nah, sedangkan manfaat bagi penonton yang menyaksikan sebuah pertunjukan teater diantaranya :

  1. Belajar memberikan apresiasi atas karya seni seseorang/kelompok
  2. Memperkaya ilmu pengetahuan sosial karena sebuah pertunjukan sosial biasanya membawakan cerita rakyat atau cerita sosial.
  3. Sebagai sarana pendidikan

Jadi, dapat disimpulkan bawah seni teater memiliki manfaat secara umum sebagai sarana pendidikan, dimana pendidikan yang dimaksud berupa pendidikan karakter, emosi dan sosial setiap orang yang terlibat di dalamnya.

Baca juga :

Manfaat Dalam kehidupan Sehari-hari

Selain manfaat yang bisa didapatkan secara umum, sei teater juga memiliki manfaat lain yang dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaat tersebut? Ini dia :

  1. Manfaat Sosial

Seperti kita ketahui bahwa pertunjukan teater bukanlah sebuah pertunjukan seni yang dapat dikerjakan oleh individu atau oleh satu orang saja. Sebuah pertunjukan seni teater melibatkan banyak sekali pihak, baik pihak manajemen maupun non-manajemen. Pihak manajemen mencakup semua orang di balik layar (Seperti : Produser, sutradara, Bagian keuangan, dll) sedangkan non-manajemen adalah pihak-pihak yang bersentuhan langsung dengan pentas seperti Penulis Naskah, Artis/pemeran, MUA, dll. Keterlibatan semua pihak dalam sebuah pertunjukan teater dapat memiliki manfaat tersendiri, seperti relasi yang baik. Selain itu, manfaat soasial yang dapat kita dapatkan dari sebuah pertunjukan teater adalah :

ads
  • Manfaat dalam bidang pendidikan sosial & budaya
  • Dapat membantu menyampaikan pesan moral dan pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjalin hubungan dengan berbagai pihak yang terlibat dan dapat menjadi jembatan silaturahmi

Artikel Terkait : ( Nama Alat musik TradisionalJenis jenis seni musikJenis Alat Musik)

  1. Manfaat Ekonomi

Poin ekonomi dalam sebuah pertunjukan teater juga merupakan hal yang penting, karena sebuah pertunjukan teater dapat membantu kebutuhan finansial setiap pihak yang terlibat di dalamnya. Ketika sebuah komunitas atau sanggar tertentu membuat sebuah pertunjukan teater, maka akan ada biaya yang harus dikeluarkan. Baik untuk venue, kostum, makeup, konsumsi, dll.

ads

Dari manakan mereka mendapatkan dana tersebut? Dana di dapatkan dari investor dan sponsor. Dana yang didapatkan digulirkan pada penjualan tiket masuk, sehingga mereka akan mendapatkan keuntungan yang dapat dibagikan kembali ke setiap pemainnya / pihak yang terlibat. Tetapi, sebuah pertunjukan teater juga bisa saja diselenggarakan untuk sebuah kegiatan amal, dimana semua dana yang didapatkan akan disumbangkan atau diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Artikel Terkait :

Manfaat Belajar Seni Teater

Nah, jika sebelumnya kita membahas manfaat yang bisa kita dapatkan dalam sebuah pertunjukan teater, pada poin ini kita akan membahas manfaat yang bisa kita dapatkan dari belajar seni tater.

Orang bijak pernah berkata, belajar itu bisa dilakukan dimana saja. Tidak perlu di ruang kelas atau sekolah. Kita dapat belajar dari mana saja, dari buku, dari teman, di sanggar seni tari, teater, dll.

Manfaat terbersar dari belajar seni teater adalah meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Hal ini berguna sekali bagi anak-anak yang tengah berada dalam usia pertumbuhan. Untuk meningkatkan kepercayaan diri anak, orangtua dapat memasukan anak ke sanggar-sanggar seni seperti tari ataupun teater.

Selain itu, seseorang yang mempelajari atau bergelut di dunia teater cenderung cepat dalam proses petumbuhan non-fisiknya. Pertumbuhan non-fisik itu apa? Non-fisik di sini maksudnya adalah kemampuan bersosialisasi, kreativitas, daya pikir, imajinasi, empati dan apresiasi. Seseorang yang bergelut dalam dunia ini cenderung dapat bersosialisasi dengan lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak. Pertumbuhan non-fisik yang cepat tersebut membuat seseorang yang belajar seni dapat memahami sesuatu dengan cepat atau lebih peka dan sadar pada kondisi / situasi disekitarnya.

Baca juga :

Beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa seni teater dapat bermanfaat untuk merekatkan hubungan sosial. Mengapa? Karena ketika para peran berkomunikasi sebagai tokoh yang diperankan di atas panggung tidak dapat terjadi begitu saja. Chemistry tidak didapatkan begitu saja. Pada prosesnya, terjadi pendekatan yang dilakukan setiap hari atau setiap kali latihan guna menjalin chemistry yang nyata. Hal ini membuat hubungan dan komunikasi antar pemeran pada kehidupan nyata juga terjalin dengan baik.

Sponsors Link

Semua penjelasan di atas merupakan penjelasan mengenai manfaat yang bisa kita dapatkan dari seni teater. Baik dalam hal pertunjukan ataupun pembelajaran. Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua, pelatih dan pemerintah untuk menyikapi hal ini? Tentunya, setiap orangtua ataupun pelatih hingga pemerintah memiliki perannya masing-masing. Bagi pelatih penting sekali untuk menggunakan teknik pelatihan yang bisa meningkatkan kepercayaan diri, kepekaan ataupun aspek non-fisik lainnya, sehingga anak dapat mendapatkan manfaat yang maksimal.

Sedangkan untuk orangtua, diharapkan dapat mempercayakan proses pelatihan dan pertunjukan kepada pelatih. Hal tersebut dapat dimulai dengan tidak menunggui anak selama proses latihan, namun tetap datang dan menonton ketika anak-anak melakukan pertunjukan di atas panggung. Pemerintah dapat mulai mengembangkan sanggar-sanggar seni atau budaya hingga dapat lebih berkembang dan maju. Atau dapat mengadakan lomba guna mengembangka potensi setiap pemainnya.

Demikian penjelasan mengenai manfaat seni teater. Ingat kata orang bijak, belajar itu tidak harus di dalam kelas. Belajar dan bekerja keraslah untuk mengembangkan setiap potensi yang ada pada setiap diri kita.

Artikel Terkait :

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 10th, October 2017 / 04:52 Oleh :
Kategori : Seni Pertunjukan