Sponsors Link

Pentingnya Seni dalam Dunia Kuliner

Jika berbicara mengenai seni apa yang akan terlintas dalam benak anda sobat, apakah seni masa kecil yang mengurangi stres?  Jika membahas mengenai seni tersebut tentunya yang ada dalam pikiran kita adalah mengenai kreativitas yang berhubungan dengan imajinatif seseorang yang mana hasil dari imajinasi dan kreativitas tersebut mengandung sebuah keindahan.

Setuju ya sobat. Umumnya, ketika kita berbicara mengenai seni masih banyak orang yang berpikir bahwasanya seni tersebut hanya menyakut pada masalah musik, seni ukir, seni pahat,  seni lukisan atau bahkan ynang lainnya. Namun yang harus anda ketahui sobat,

bahwasanya dalam dunia makanan atau food juga ternyata membutuhkan seni loh sobat seperti unsur seni dalam busana, atau dalam bahasa lainnya sering kita kenal dengan “ food Plating   “.  Nah sobat semua untuk ulasan selengkapnya mengenai Pentingnya Seni dalam Dunia Kuliner tersebut, yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

  • Apa Itu Seni Makanan Atau “ Food Plating “ ?

Adapun istilah “ food plating “ dewasa ini sudah semakin dikenal oleh orang banyak tak kalah dari macam karya seni dalam fashion, terlebih mereka yang merupakan pecinta kuliner. Sering kali penampilan dari sebuah hidangan adalah kunci dari kesuksesan dari makanan tersebut.

Iya, memang benar ya sobat karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, food plating ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, dan ada banyak yang berpendapat bahwasanya food plating tersebut merupakan hal yang bisa meningkatkan selesa makan, apalagi food plating tersebut disajikan dengan cantik.

Food plating itu sendiri merupakan cara penataan atau cara penyajian makanan di atas piring atau piranti yang lainnya, dengan memperhatikan posisi dan juga komposisi makanan tersebut untuk menunjukkan nilai seni dan cita rasa ynag tinggi

dari cara penyajian atau food plating tersebut. Adapun food plating ini biasanya akan diperhatikan dan dilakukan oleh mereka chef professional yang memang pada resto tersebut juga untuk mereka yang sangat memperhatikan secara detail cara penyajian makanan tersebut.

Adapun pentingnya seni dalam kuliner tersebut memang cukuk diperhatikan oleh mereka pecinta kuliner berkelas, oleh karena itulah teknik dalam penyajian food plating tersebut harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa kaidah yang harus diperhatikan dalam food pating tersebut.

  • Teknik Dalam Food Plating

Adapun kaidah atau teknik dalam food plating antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tekanan Pada Bahan Utama

Adapun hidangan utama harus menjadi menu yang menghabiskan paling banyak ruang pada piring atau wadah dalam penyajian makanan tersebut dan harus berpenampilan cantik.

2. Keseimbangan

Anda juga harus memperhatikan komposisi hidangan pada wadah yang anda gunakan. Hindari penataan makanan yang berat sebelah.

3. Kontras

Tempatkan bentuk dan warna yang kontras yang bersandinagn sebagai daya tarik visual.

4. Tekstur

Berbagai macam tekstur pada hidangan harus terlihat dalam komposisi makanan pada wadah anda. Anda harus menghindari kepadatan komposisi hidangan dengan menggunakan sedikit elemen yang dibutuhkan agar terlihat komplit.

5. Wadah

Pilihlah wadah yang sesuai dengan ukuran dan juga susuna hingga tanpa meninggalkan terlalu banyak tempat kosong pada saat food plating tersebut.

6. Bentuk

Usahakan anda membentuk bahan-bahan makanan dalam hidangan untuk menciptakan tingkat struktur makanan dalam wadah yang ada gunakan.

Secara keseluruhan food plating tersebut memang sangat penting dalam hal dunia kuliner. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca tulisan ini. Sampai jumpa, salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Rupa