Sponsors Link

Inti Sari Barong dari Bali dan Penjelasannya

Negara kita adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali budaya dan kesenian yang tersebar disemua pualu pulau dari Sabang hingga  Merauke. Berbeda pulau maka akan berbeda pula budaya atau kesenian yang mereka miliki.

ads

Selain itu sobat budaya serta kesenian yang kita miliki tersebut sudah diakui oleg negara yang lainnya, sehingga tidak akan bisa di klaim sebagai budaya atau kesenian milik negara yang lain.

Oleh karena itulah sobat, kita sebagai rakyat Indinesia harus bangga menjadi bagian dari seni dan budaya tersebut, sehingag kita sebagai genari penerus daru budaya tersebut hendaknya melestarikan budaya tersebut agar tak tergerus oleh ruang dan juga waktu.

Nah sobat semua, berbicara mengenai budaya dan kesenian tersebut pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu seni atau budaya yang berasal dari Bal yakni Barong Bali.

Sobat semua tentunya sudah tidak asing dengan Barong Bali tersebut ya sobat, berikut ulasan selengkapnya untuk anda mengenai inti sari Barong dari Bali tersebut. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Baring dari Bali?

Adapun Barong Bali tersebut merupakan salah satu tarian yang berasal dari Bali. Tarian ini merupakan tarian tradisioanal yang menggunakan media topeng ddan juag kostum sebagai perwujudan dari makhluk makhluk yang dipercaya oleh masyrakat Bali tersebut.

Menurut keprcayaan masyarakat Bali, tarian Baring ini dianggap seabgai tarian yang sakral sehingga sudah tidak asing lagi jika terdapat kesan mistis di dalam tarian tersebut. 

Tarian barong ini merupakan salah satu tarian yang cukup terkenal di Bali atau yang sering disebut pulau Dewata tersebut yang tentunya tidak akan terlepas dari makna spiritual yang ada di dalamnya. inti sari dari acara ngaben di bali bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Inti Sari Barong Dari Bali

Secara mitologis, maka tari Baring Bali ini memiliki inti sari yakni tarian yang ditujukan untuk mengusi penyakit yang diakibatkan oleh roh jahat ( leak ) yang menggangu manusia. Selain itu, saking sakralnya tarian Barong Bali ini masyarakat Bali menyetarakannya dengan gelar kekuasaan Dewa Dewa umat Hindu di daerah Bali tersebut.

Adapun gelar yang dimkasud dalam hal ini adalah seperti Ratu Lingsir, Ratu Sakti, Ratu Gede dan yang lain sebagainya. Penamaan tersebut dikarenakan Barog dari Bali ini secara mitologis dianggap sebagai penjelamaan atau simbol dari Dewa Brahma untuk menghalau roh jahat yang akan menyebarkan penyakit kedunia ini.

Oleh karena itu sobat, denga kata lain inti sari Baronh dari Bali tersebut merupakan sebuah kesenian yang berbau mistis yang tujuannya digunakan sebagai penghalau roh jahat tersebut. alat musik tradisional bali bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Kostum Tari Barong

Kostum tari barong yang digunakan pada saat pertunjukan tari barong tersebut berbeda beda sesuai dengan jenis tari Baromg tersebut karena setiap barong memiliki perwujudannya  tersendiri. Namun yang pasti mereka menggunakan kostum perpaduan antara Harimau, Singa dan juga Lembu.


Kostum Barong ini pada umumnya digunakan oleh sepasang penari Barong tersebut, tak jauh berbeda dengan Barongsai pada umumnya, namun jeniis kostum yang digunakan berbeda. Pada saat adanya pertunjukan tarian Barong ini, maka umumnya wiasatan akan merasa antusias.

Sekian ulasan mengenai inti sari Barong dari Bali yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih untuk anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Salam seni.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Seni