Sponsors Link

Alat Musik Tradisional Bali dan Penjelasannya

Bali merupakan pulau yang memiliki nuansa hindu budha yang kental dan juga terkenal dengan budaya mistis nya.Alat musik yang ada di Bali masih bisa di bilang langka dan asli.banyak turis lokal dan mancanegara apabila berkunjung ke pulau dewata ini berburu cinderamata alat musik yang ada di sana.

ads

Apakah kamu tahu alat musik apa saja yang berasal dari pulau dewata ini ? Dalam pembahasan kali ini kita akan lebih mengenal alat musik apa saja yang berasal dari Pulau Bali ini. yuk simak selengkapnya agar sobat paham kebudayaan suku Bali

1. Rindik

Apabila kamu berkunjung ke Pulau dewata,kamu di sana akan melihat alat musik yang satu ini yang dimainkan bersama aliran seni patung, bambu merupakan bahan dasar untuk membuat rindik. Cara memainkan alat musik rindik ini dengan cara dipukul dan mempunyai nada selendro.Para pemain rindik terdiri dari 3 sampai 5 orang,untuk 2 orang bertugas untuk memainkan rindik dan yang lainnya bertugas memainkan alat musik yang lain.

Masyarakat bali biasa menggunakan alat musik rindik ini untuk acara hiburan rakyat yaitu ’Joget bumbung’.Dengan semakin berkembang nya zaman,alat musik rindik ini digunakan untuk pelengkap dalam acara pernikahan dan juga untuk penyambutan para tamu.

2. Gerantang

Sama dengan alat musik rindik yang merupakan pelengkap unsur unsur pertunjukan musik tradisional,bahan dasar pembuatan gerantang yaitu bambu, potongan bambu akan disusun secara berderet. Cara memainkan alat musik gerantang ini dengan cara dipukul dengan menggunakan 2 alat pemukul yang dibuat secara khusus yang bentuk nya menyerupai Gambang (alat musik yang berasal dari Jawa)akan tetapi alat musik gerantang ini dengan menggunakan bambu.

Pada acara kegiatan gamelan dan angklung,alat musik gerantang ini sering digunakan.Apabila di Jawa Barat,alat musik seperti gerantang ini dikenal dengan sebutan calung,yang tentunya berbeda antara alat musik dari Jawa dan Bali ini.

Cupak dan Gerantang merupakan nama tokoh dari dua orang kakak beradik. Cupak digambarkan seperti semua sifat buruk pada manusia,sedangkan gerantang adalah sifat sebaliknya yaitu yang mencerminkan sifat baik pada manusia. Cara membuat alat musik gerantang ini dengan menyiapkan bambu sebagai bahan dasar nya, parang, gergaji, amplas, obeng, serta palu. Bambu yang digunakan yaitu sekitar 45-95 cm.

3. Pereret

Sampai saat ini alat musik pereret ini masih ada,pereret merupakan alat musik tradisional dari Bali yang mempunyai bentuk seperti terompet,pereret ini berasal dari Bali kuno.Cara memainkan alat musik pereret ini sama dengan meniup terompet biasa,dengan meniupkan bagian ujung pada pereret tersebut. Dalam acara pementasan seni Sewo Gati,masyarakat bali menggunakan alat musik pereret ini,dalam acara pementasan seni ini para penari hanya duduk saja.

Hampir sama dengan kesenian Arja di Bali.Bagi masyarakat di Bali mereka masih mempercayai,bahwa alat musik pereret ini bisa digunakan untuk mencegah atau menangkal dari perbuatan yang tidak baik.Kebanyakan dari masyarakat di Bali mereka mempercayai bahwa pereret ini bisa juga digunakan untuk guna-gua supaya para wanita yang disukai oleh pria bisa dinikahi oleh pria tersebut.

4. Cengceng

Diantara musik tradisional yang berasal dari Bali yang sudah disebutkan tadi,alat musik cengceng inilah yang mempunyai peranan penting diantara alat musik yang lainnya.Sesuai dengan namanya cengceng,memang suara yang dihasilkan dari alat musik ini berbunyi cengcengceng. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara memukul pada bagian tembaga yang berbentuk bundar yang berada diatas.

Supaya menghasilkan suara yang lebih keras lagi,kamu bisa memegang kedua bagian yang ada diatas dengan kedua tangan kamu.Oleh masyarakat Bali alat musik cengceng ini biasanya oleh mereka digunakan untuk barungan gamelan,


demar pegulingan,gong gede,gong gebyar,barongan,pelegongan dan lain sebagainya.Di Bali ada acar yang cukup terkenal,yaitu Tari Barong Batubulan Bali,untuk menikmati acara tersebut kamu bisa membeli tiket pertunjukannya.

Demikianlah pembahasan mengenai alat musik tradisional yang berasal dari daerah Bali,kalau kamu akan berkunjung ke Pulau dewata ini,kamu bisa melihat alat musik tersebut pada saat ada acara-acara pertunjukkan di sana.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Musik