Sponsors Link

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

Mempelajari dunia seni secara mendalam perlu sebuah dasar yang melandasinya yakni pemahaman terhadap definisi seni itu sendiri. Melalui pemahaman dari arti kata dalam dunia seni itu sendiri, kita akan dengan mudah memahami maksud, tujuan, dan semua hal terkait seni lainnya serta manfaat belajar seni. Salah satu istilah yang sering dan butuh pemahaman terhadap pengertiannya adalah seni budaya.

ads

Seni budaya merupakan sebuah frasa kata yang tersusun dari kata seni dan kata budaya. Seni berasal dari kata sani dalam bahasa sansekerta yang berarti pemujaan, persembahan, pelayanan. Sedangkan budaya berasal dari kata buddhayah dari bahasa sansekerta yang berarti akal atau budi. Dalam perkembangan yang ada, kata seni dan budaya memiliki banyak arti yang dikemukakan oleh beberapa ahli.

Dari pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli tersebut, dapat ditarik sebuah kesatuan definisi yang lebih mudah. Seni adalah Segala sesuatu yang sengaja dibuat manusia dengan menyatukan beberapa unsur kedalam sebuah bentuk untuk menghasilkan keindahan yang dapat dirasakan oleh orang lain. Dan Budaya adalah akal atau budi yang digunakan oleh manusia dan diturun temurunkan secara berkelanjutan.

Dari pemahaman setiap kata yang membentuk frasa seni budaya, dapat digabungkan menjadi satu kesatuan. Seni Budaya berdasarkan asal frasa katanya adalah Setiap karya yang sengaja dibuat melalui penyatuan berbagai unsur berdasarkan akal dan budi yang dimiliki sekelompok masyarakat serta digunakan dan diturunkan dari masa ke masa secara berkelanjutan. Untuk dapat lebih mendalami pengertian seni budaya, kita bisa memahami beberapa pengertian berikut menurut para ahli seni dan bahasa indonesia.

1. Harry Sulastianto

Salah seorang dosen seni rupa dari Universitas Pendidikan Indonesia menerangkan pengertian seni budaya adalah sebuah keahlian dalam aktivitas mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan atas bebeberapa benda, karya, atau pun suasana, yang dapat menghadirkan rasa indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.

2. Sartono Kartodirdjo

Sejarawan indonesia yang dikenal sebagai pelopor dalam penulisan sejarah dengan pendekatan mutlidimensi menyebutkan seni budaya merupakan sistem yang koheren, yang dapat digunakan untuk menjalankan komunikasi efektif melalui satu bagian seni yang dapat menunjukkan keseluruhan maksudnya

3. Ida Bagus Putu Perwita

Seorang tokoh seni yang berasal dari pulau dewata bali mengungkapkan pengertian seni budaya adalah penunjang sarana pelaksanaan aktivitas dan upacara adat.

4. M. Thoyibi

Seorang filsuf yang cukup berpengaruh di indonesia menjelaskan seni budaya dapat diartikan sebagai penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan dapat dirasakan dan diresapi oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.

Sponsors Link

Penjelasan terkait pengertian seni budaya yang dijelaskan oleh keempat tokoh tersebut sering digunakan sebagai landasan untuk memberikan pemahaman terkait apa itu seni budaya. Namun penjelasan dari pengertian saja tidak cukup untuk memberikan pemahaman terhadap seni budaya. Untuk lebih memudahkan lagi pemahaman kita terkait dengan seni budaya, mengetahui contoh karyanya akan lebih mengambarkan seni budaya itu sendiri. Beberapa contoh seni budaya yang mudah ditemui adalah sebagai berikut.

ads

  • Tari

Tari merupakan contoh karya seni budaya yang mudah ditemui pada sekelompok masyarakat di Indonesia. Di Indonesia dengan keberagamannya, kita pasti dengan mudah dapat menemui berbagai macam tarian traditional dari berbagai suku dan daerah yang sudah lama diturunkan dari generasi ke generasi. Contoh tarian yang termasuk seni budaya antara lain tari kancet papatai dari suku dayak, tari saman dari suku gayo, tari serampang dua belas dari sumatera, dan tari lainnya. Berbagai macam tari yang berasal dari berbagai suku dan daerah di Indonesia biasaya diciptakan sebagai peringatan akan suatu hal yang dipercayai oleh masyarakat suku atau daerah tersebut.

  • Kain Tenun

Kain tenun juga merupakan contoh karya seni rupa dan terapan yang dihasilkan dari seni budaya. Sama seperti tari, kita juga dapat menemukan kain tenun dari berbagai daerah yang diturunkan secara turun temurun. Beberapa contoh kain tenun yang terkenal antara lain kain tenun lombok, kain tenun sumba, kain telun ulos, kain tenun lurik, dan lain sebagainya. Kain tenun tersebut saat ini akan menjadi sebuah cindera mata khas dari daerah asal kain tersebut dan proses pembuatannya menjadikan daya tarik sendiri bagi pendatang yang berkunjung ke daerah tersebut.

  • Angklung

Salah satu karya seni musik traditional yang termasuk dalam seni budaya ini telah lama diturunkan dari generasi ke genarasi dan sudah menjadi bagian yang terkenal dari Indonesia dimata dunia. Angklung sendiri merupakan alat musik multitonal yang secara traditional telah berkembang di masyarakat suku sunda.

Angklung merupakan alat musik yang pembuatannya bebahan dasar bambu. Karena keunikan dan kekhasannya di masyarakat, angklung ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Pentas musik angklung bukan hanya menjadi hiburan tersendiri untuk warga indonesia namun kehadirannya juga telah menarik perhatian warga negara lain di dunia ini.

  • Batik

Selain angklung, negara Indonesia juga mempunyai batik yang ditetapkan sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Sebelum penetapan tersebut, batik telah dikenal lama di berbagai daerah seluruh Indonesia. Batik termasuk kedalam cabang seni lukis terapan yang menggunakan sejenis lilin sebagai bahan utama dalam mengambar pola pada selembar kain.

Batik merupakan sebuah karya yang memiliki nilai senii tinggi dan sarat akan makna filosofis didalamnya yang dapat memperlihatkan cara berfikir maupun kebiasaan suatu kelompok masyarakat  yang menjadi asal dari lahirnya karya tersebut. Tradisi membatik merupakan sebuah tradisi turun temurun yang dapat dikenali corak serta motifnya berdasarkan daerah asalnya. Beberapa contoh batik menurut jenisnya antara lain :

  • Batik tulis, merupakan batik yang prosesnya sepenuhnya hasil dari keterampilan seorang pembatik, mulai dari mengambar pola sampai dengan pewarnaan.
  • Batik Cap, merupakan sebuah modifikasi dari cara membatik murni yang proses mengambarnya dilakukan dengan bantuan sebuah cap dari tembaga.
  • Batik Sablon, merupakan batik yang sudah tidak menggunakan teknik dasar membatik dan dilakukan dengan bantuan sebuah mesin dengan pola yang sudah dibuat.

Berbagai contoh seni budaya selain keempat contoh diatas dapat kita temukan dengan mudah pada sekelompok masyarakat di Indonesia dan dapat digunakan sebagai acuan untuk memperjelas pengertian seni budaya agar lebih mudah dipahami keberadaanya. Ketiga contoh diatas hanya sebagian kecil yang dapat mewakili kita dalam memahami pengertian seni budaya secara mudah dan mendalam. Seni budaya dapat teraplikasi pada berbagai cabang cabang seni.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 23rd, November 2017 / 08:31 Oleh :
Kategori : Dasar Seni