Sponsors Link

21 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli Terlengkap

Seni rupa merupakan salah satu cabang ilmu seni yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Berbagai macam karya seni rupa pun telah banyak menghiasi kehidupan manusia di dunia ini. Seni rupa merupakan sebuah seni yang digunakan untuk menghasilkan karya dalam suatu bentuk baik dua dimensi maupun tiga dimensi yang dapat dinikmati oleh mata dan dirasakan melalu perabaan. Perbedaan seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi hanya terletak pada media dan cara menikmatinya saja.

ads

Dalam proses seni yang terjadi pada seni rupa dilakukan dengan mengolah unsur – unsurnya seperti titik, garis, bentuk, bidang, dan tekstur untuk menghasilkan sebuah karya dengan acuan estetika. Perkembangan seni rupa menghasilkan beberapa ahli dengan karya – karyanya yang sangat populer serta memunculkan istilah – istilah dalam seni rupa yang membantu proses perkembangan seni rupa. Untuk mengetahui lebih dalam tentang pengertian seni rupa, berikut adalah beberapa pengertian seni rupa menurut para ahli yang telah diakui kehebatannya dalam dunia seni.

  1. La Mery, seorang ahli seni rupa 2 dimensi yang berasal dari prancis menyatakan bahwa seni rupa adalah penglihatan ekspresi secara simbolis dalam wujud dan bentuk yang lebih tinggi dan akan lebih indah yang dinetralisir menjadi sebuah wujud indah sebagai bentuk pengekspresian diri dan emosi.
  2. Haukin. mengungkapkan bahwa, seni rupa sebagai ekspresi jiwa seseorang yang di imajinasikan pada sebuah bentuk indah yang diungkapkan dan dapat dinikmati oleh orang dalam pertunjukan atau pameran seni.
  3. Kamala devi chattopadhayaya. seorang reformis asal india yang juga berjuang untuk kemajuan seni di negeranya menyebutkan seni rupa adalah sebuah desakan ekspresi diri pada sebuah bentuk yang menjadikan seseorang mampu untuk meluapkan apa yang sedang dirasakannya sehingga mampu dirasakan banyak orang yang melihat karya tersebut.
  4. Coorig hartong. tokoh wanita asal belanda yang cukup banyak berperan pada dunia seni terutama seni tari memberikan definisi bahwa seni rupa adalah seni yang menjadi sebuah bentuk untuk pengekspresian diri dan emosi yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh banyak orang.
  5. Sussane K langer. Seorang filsuf terkenal yeng berasal dari amerika memberikan definisi Seni rupa adalah sebuah bentuk karya manusia yang indah yang dapat dinikmati dengan rasanya oleh orang lain melalui bentuk indah tertentu.
  6. Kottak, seni sebagai kualitas, hasil ekspresi, atau alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.
  7. J.J Hogman, Kesenian adalah sesuatu yang mempunyai unsur ide, aktifitas, dan artefak.
  8. Plato dan Rousseau, seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.
  9. Schopenhauer, seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni music meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak
  10. William A. Haviland, Kesenian ialah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok massyarakat dengan kebudayaan tertentu.
  11. Irving Stone, Kesenian ialah kebutuhan pokok, seperti roti atau anggur atau mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian ialah barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh manusia menjadi lapar akan kesenian seperti halnya perutnya keroncongan minta makan.
  12. Alexander Baum Garton, Seni ialah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif serta menjadikan setiap orang yang melihat atau mendengarnya merasa bahagia.
  13. Emmanuel Kant, Seni ialah suatu impian yang tidak bisa direalisasikan dengan rumus-rumus tertentu.
  14. Leo Tolstoy, Seni ialah ungkapan perasaan pencipta yang lalu diungkapkan pada orang lain dengan harapan agar mereka bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.
  15. Drs. Popo Iskandar, Seni ialah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.
  16. Prof. Drs. Suwaji Bastomi, Seni ialah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
  17. Akhdian Karta Miharja, Seni ialah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.
  18. Prof. Drs. Suwaji Bastomi, Seni ialah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
  19. Ki. Hajar Dewantara, Seni ialah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia. 
    Sponsors Link

  20. Kuntjaraningrat, Kesenian ialah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.
  21. Eric Ariyanto, Seni ialah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Penjelasan Tokoh seni yang  terkait definisi seni rupa diatas apa bila dirangkum menjadi satu dapat disimpulkan bahwa seni rupa merupakan sebuah ekspresi dari dalam diri yang ditungkan kedalam objek berbentuk sehingga rasanya dapat dilihat maupun diraba oleh orang lain yang melihatnya. Pengertian seni rupa menurut wikipedia adalah  cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. 

Sponsors Link

Dalam artikel ini hanya memuat beberapa pengertian dari tokoh dunia yang sering digunakan sebagai bahan acuan. Pengertian seni rupa menurut tokoh seni rupa indonesia yang terkenal seperti Abdullah Suriosubroto, Affandi Koesoema, Barli Sasmitawiyana, Basuki Abdullah, Delsy Syamsumar, Hendra Gunawan, dan lainnya belum bisa ditemui keterangannya. Untuk lebih memahami pengertian seni rupa, sebaiknya dilakukan dengan memahami karya karya yang sudah dihasilkan dari berbagai cabang seni rupa yang ada. Contoh karya seni rupa yang dapat dijadikan acuan dalam mempelajari seni rupa antara lain :

  1. Lukisan, merupakan hasil karya seni rupa 2 dimensi dengan mengabungkan teknik mengambar dan mewarnai dalam sebuah ekspresi yang dapat dinikmati oleh mata.
  2. Patung, merupakan hasil karya seni rupa 3 dimensi yang keberadaanya dapat dilihat maupun dirasakan dan dengan mudah kita temui di berbagai tempat di sekitar kita.
  3. Foto, merupakan contoh karya seni rupa 2 dimensi yang proses pembuatannya dilakukan dengan bantuan alat yang dinamakan kamera.
  4. Relief, merupakan hasil karya seni rupa 3 dimensi dari sebuah gambar.
  5. Kerajinan keramik, merupakan hasil karya seni rupa 3 dimensi yang menggunakan bahan dasar keramik.

Berberapa contoh diatas dapat digunakan untuk membantu pemahaman terhadap seni rupa yang lebih mudah. Dengan melihat karya seni rupa kita akan merasakan setiap unsur, teknis, dan estetika yang terkandung di dalam ilmu seni rupa.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 23rd, November 2017 / 08:33 Oleh :
Kategori : Seni Rupa