Sponsors Link

Perbedaan Ciri Batik Antar Daerah Jawa Tengah

Tidak usah dijelaskan lagi ya sobat bawasanya batik merupakan salah satu warisan budaya kita yang sudah diakui oleh seluruh dunia bahwasnaya batik tersebut adalah kebudayaan nasional bangsa kita tercinta Indonesia ini. Oleh karena itu sobat,

ads

kita sebagai warna negara Indonesia harus bangga menggunakan batik tersebut dan harus turut serta daam pelestariannya agar batik tersebut tetap eksis dan tidak lekang oleh waktu. Batik itu sendiri merupakan kain yang dilukis menggunakan canting

dan caian lilin malam sehingga akan membentuk lukisan lukisan bernilai seni tinggi yang dibentuk atau dicetak di atas kain mori. Batik itu sendiri berasal dari kata “ amba “ dan juga “ tik “ yang merupakan bahasa Jawa yang aslinya menulis titik.

Kalau pada zaman dahulu nya disebut dengan “ mbatik” . Ambatik itu sendiri mengacu keada teknis melukis titik-titik yang serba rumit. Jadi tidak usah heran ya sobat jika anda sering melihat batik dengan motof-motif rumit, karena

sebenarnya itulah pengertian dari batik itu sendiri meski memang tidak semua batik menggunakan motif yang rumit, untuk sekarang ini, batik tersebut sudah menggunakan motif yang mderen yang tidak terlalu rumit seperti aslinya.

Batik itu sendiri tentunya bermacamp-macam ya sobat, tergantung dari daerah yang menghsilkan batik itu sendiri. Sebut saja seperti batik yang berasal dari Jawa Tengah, meski tergolomg berasal dari satu rumpun yakni Jawa Tengah, namun tetap saja ada Perbedaan Ciri Batik Antar Daerah Jawa Tengah tersebut. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Batik Pekalongan

Batik asal Jawa Tengah yakni dari Pekalongan ini pada umumnya memiliki warna yang lebih kaya dan bervariasi jika kita bandingkan dengan jenis batik yang berasal dari daerah yang lainnya dan digunakan dalam tari sintren serta kesenian lainnya.

Selain  itu sobat, yang menjadi ciri khas dari batik Pekalongan ini sendiri adalah motif batiknya cenderung motif flora.  Jadi jika anda menggunakan motif warna batik yang cerah dan berbau flora, itu artinya batik yang anda gunakana adalah batik Pekalongan.

  • Batik Solo

Adapun jenis batik yang berasal dari daerah Jawa Tengah yakni seperti Solo yang berhubungan dengan macam macam kerajinan tangan yang terkenal di Indonesia cenderung memiliki motif yang geometris dan juga memiliki motif yang cenderung rumit dibandingkan dengan motif batik Pekalongan tersebut. Selain itu sobat, dari segi warna batik Solo ini cenderung lebih redup dan lebih mengarah ke warna soga.

  • Batik Banyumas

Motif yang terdapat pada batik Banyumas ini kebanyakan memiliki bentuk yang menyeruapai tanaman seperti pakaian yang digunakan dalam tari selendang. Sebut saja seperti bunga, daun, atau yang sejenisnya. Meski ada beberapa motif yang lainnya yang berasal dari Banyumas tersebut, namun pada umumnya motifnya hampir seperti motif Joanasan dan memiliki warna yang agak gelap.

  • Batik Kudus

Batik kudus ini pada umumnya adalah batik yang memiliki motif gabungan. Gabungan tersebut bisa dari pekalongan, Yogyakarta, Solo sehingga dipadupadankan menjadi satu. Hal ini terjadi karena knon katanya kudus merupaakn tempat apra pedagang dari berbagai daerah sehingga terjadilah pencampuran tersebut.

Sponsors Link

  • Batik Jepara

Batik Jepara ini bisa kita bedakan menjadi dua jenis yakni motif baru dan juga motif lama. Motif lama memiliki waran lebih gelap dan motif baru motifnya lebih bervariasi.

Meski batik tersebut berbeda-beda, namun hal tersebut tentunya menjadi kekayaan yang berasal dari negara kita Indonesia ini. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk anda. Salam batik.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni
Search

Artikel Terbaru

Recent