Sponsors Link

Sejarah sebagai Seni dan Penjelasannya

Bagi anda yang tertarik dengan segala sesuatu yang berbau seni dan paham hibah seni mungkin anda perlu mengetahui tentang hal-hal mendetail tentang seni. Dalam ilmu pengetahuan, mungkin pernah dibahas mengenai teori-teori, sejarah-sejarah yang berhubungan dengan ilmu seni.

ads

Mungkin waktu dulu ketika anda pernah sekolah pernah belajar mengenai materi tentang sejarah sebagai seni dan paham pekerjaan untuk lulusan sastra. Lantas apa sih sebenarnya maksud istilah sejarah sebagai seni itu? Mungkin bagi anda yang masih awam dalam ilmu seni, belum terlalu paham atau mungkin belum pernah mendengar sama sekali tentang istilah tersebut.

Bagi anda yang penasaran dan sekaligus ingin mengetahui tentang hal ini, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian?  Karena pada kesempatan kali ini penulis akan  memberikan sedikit ulasan mengenai sejarah sebagai seni dan penjelasannya serta pahami seni rupa kontemporer.

Banyak cara yang bisa digunakan dalam menceritakan kembali suatu peristiwa-peristiwa dan fakta dalam sejarah, salah satunya adalah melalui seni. Di dalam menulis sejarah, seorang sejarawan harus memiliki seninya sendiri dalam menyajikan berbagai cerita-cerita mengenai sejarah.

Para sejarawan selalu ingin tulisan-tulisan yang ia buat  mampu membuat para pembacanya seakan merasakan langsung peristiwa yang terjadi di masa lampau. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut tentunya tidaklah mudah.

Karena seorang sejarawan harus memiliki jiwa seni yang tinggi dalam menceritakan semua kisah-kisah sejarah. Maka saat ini ada istilah yang mengatakan bahwa sejarah sebagai seni. Lantas apa sih sebenarnya maksud dari sejarah sebagian seni itu? Baiklah langsung saja berikut ini merupakan sedikit ulasan  mengenai sejarah sebagai seni dan penjelasannya, antara lain:

  • Pengertian sejarah sebagai seni

Sejarah sebagai seni memiliki maksud sebagai suatu kemampuan menulis yang baik dan juga menarik mengenai suatu kisah atau peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Jadi, sebenarnya istilah ini sangatlah melekat pada seorang yang berprofesi seni sejarawan di mana mereka sering kali menceritakan kisah-kisah sejarah.

Dan dalam menulis kisah sejarah tersebut tentunya seorang sejarawan tidak sembarangan agar tulisan yang ia buat menjadi menarik untuk di baca. Oleh karena itu, seni dibutuhkan dalam penulisan karya sejarah. Hal ini karena apabila hanya mementingkan data-data maka akan  sangat kaku dan pembaca pun akan cepat bosan.

  • Ciri-ciri sejarah sebagai seni

Sejarah sebagai seni adalah kemampuan seorang sejarawan dalam menulis dimana dalam kemampuan ini memiliki beberapa ciri. Perlu anda ketahui bahwa ada empat ciri yang terdapat dalam sejarah sebagai seni. Apa sajakah itu?

Berikut ini merupakan penjelasan selengkapnya  mengenai ciri-ciri sejarah sebagai seni:

  1. Intuisi, yaitu kemampuan dalam mengetahui atau memahami sesuatu secara langsung mengenai sebuah topik yang di teliti.
  2. Emosi, yaitu luapan perasaan yang berkembang dan masuk ke dalam penulisan tersebut.
  3. Gaya bahasa, yaitu cara khas dalam menyatakan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan.
  4. Imajinasi yaitu saya pikiran untuk mengembangkan kejadian  berdasarkan kenyataan  atau pengalaman seseorang.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai sejarah sebagai seni dan penjelasannya yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel yang saya buat ini.

Semoga saja dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak sopan dan kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni