Sponsors Link

Seni Desain dan Penjelasannya

Bagi anda yang gemar atau bahkan sedang mempelajari ilmu yang berkaitan dengan seni budaya dan paham sejarah sebagai seni, mungkin anda sudah pernah mendengar mengenai salah satu dari tiga jenis bidang seni rupa yang ada di Indonesia.

Ketiga bidang seni rupa tersebut adalah seni rupa murni misalnya karya seni tentang erupsi gunung krakatau, seni rupa kriya dan yang terakhir adalah seni rupa desain. Tetapi sayang karena pada kesempatan kali ini penulis hanya akan membahas mengenai satu dari ketiga jenis bidang seni rupa tadi yaitu mengenai seni rupa desain.

Mungkin bagi anda yang merupakan masyarakat awam masih belum terlalu banyak untuk mengetahui seni desain ini. Lantas seperti apa sih seni desain itu dan belum paham kesenian pakemplung? Bagi anda yang penasaran dan sekaligus ingin menambah wawasan, maka anda tidak pernah khawatir. Karena pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai seni desain dan penjelasannya.

Jika berbicara mengenai masalah seni rupa, mungkin anda akan teringat beberapa tahun yang lalu saat anda duduk di sekolah dasar atau mungkin SMP, di mana saat itu terdapat sebuah mata pelajaran yang biasa di sebut mata pelajaran seni budaya.

Mungkin anda masih sedikit ingat juga mengenai suatu pembahasan terkait salah satu jenis bidang seni rupa, yaitu seni desain yang dulu juga mungkin pernah di sebut oleh guru kita. Namun, bagi anda yang sudah lupa apa sih seni desain itu, maka anda tidak perlu khawatir.

Mengapa demikian? Ya, hak itu karena penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai hal tersebut. Baiklah langsung saja, berikut ini merupakan seni desain dan penjelasannya, antara lain:

  • Pengertian seni desain

Seni desain adalah suatu seni untuk membuat atau menciptakan obyek baru. Perlu anda ketahui bahwa desain atau design dapat diartikan sebagai karya seni terapan, seni industri, seni guna, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya.

Seni desain merupakan aktivitas  yang menggunakan unsur obyektif dalam mengaplikasikan gagasan visualnya. Unsur obyektif karya seni desain diantaranya adalah rekayasa, estetik, pasar, bahan, produksi dan lain sebagainya.

  • Prinsip-prinsip dalam seni desain

Seni desain memiliki beberapa prinsip yang harus ada dalam sebuah karya desain. Jadi seniman dari seni desain tidak sembarangan dalam membaut suatu desain karya. Baru kita ini merupakan penjelasan selengkapnya mengenai prinsip-prinsip yang ada dalam seni desain antara lain:

  1. Unity yaitu kesatuan yang digubah melalui unsur yang mendominasi
  2. Balance yaitu keseimbangan antara bagian yang satu dengan yang lain.
  3. Ritme yaitu susunan yang teratur dari unsur-unsur yang diulang-ulang.
  4. Proporsi yaitu perbandingan yang ideal antara bagian yang satu dengan yang lain.
  • Manfaat seni desain

Seni desain juga tentunya memiliki manfaat yang sangat membantu dalam pekerjaan manusia. Dengan menggunakan seni desain maka akan mempercepat proses pekerjaan,

dapat menyampaikan pesan dalam bentuk grafis, menjadi tempat pengungkapan perasaan, dapat menghasilkan uang dan juga memberikan hasil gambar yang lebih menarik dan indah.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai seni desain dan penjelasannya yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang telah berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan  waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda.

Dan semoga melalui artikel ini pula juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila adanya kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan tentunya pada artikel-artikel penulis selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Rupa