Sponsors Link

Ciri Khas Batik Bali dan Penjelasannya

Tidak usah diragukan lai ya sobat, Bali atau yang sering kali kita sebut dengan pulau Dewata ini merupakan salah satu destinasi yang cukup diminati oleh banyak bangsawan, baik itu bangsawan mancanegara maupun lokal.

Keindahan alam yang bisa kita nikmati dari pulau Dewata ini  bisa mengembalikan semangat setelah sekian lama menghabiskan waktu untuk bekerja. Dan selain keindahan alam yang terdapat di Bali tersebut, maka ada juga unsur kebudayaan yang juga bisa kita nikmati dan kagumi dari pulau Bali tersebut.

Berbicara mengenai budaya dari Bali tersebut, maka tentunya pembahsan kita tidak akan terlepas dari budaya nya. Salah satu budaya atau kesenian yang terkenal dan layak dikagumi dari Bali tersebut adalah batik bali. Nah sobat, untuk ulasan selengkapnya mengenai batik Bali tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

Pada umumnya, kebanyakan motif  batik bali tersebut adalah motif batik yang merupakan perpaduan design lokal yang tentunya motifnya disukai oleh ornag Bali itu sendiri maupun orang yang berkunjung ke daerah Bali tersebut. Para seniman seminan Bali tersebut juga mengekspresikan dirinya secara bebas dalam semua motif yang ada pada motif batik Bali tersebut. ciri khas batik yogyakarta bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Berikut ini adalah beberapa ciri khas Batik Bali tersebut, antara lain :

  • Memiliki corak objek wisata dari nuasnsa alam bali seperti bunga kamboja dan juga bunga kembang sepatu, corak burung burung atu ikan, juga gambaran dari kegiatan sehari hari masyarakat Bali tersebut. Semua motif atau corak tersebut dikemas dan dituangkan dalam bentuk batik yang khas dari Bali tersebut.
  • Memiliki corak atau motif budaya seperti upacara ngaben atau agama di Bali
  • Memiliki corak dan juga mitologi dari makhluk gaib seperti kala, barong, buta dan singa bersayap seperti yang ada pada umumnya.

Selain itu, ada beberapa hal juga yang lainnya yang menjadi ciri khas lainya dari batik Bali tersbeut, antara lain :

  •  Aksen Batik Bali

Adapun aksen yang akan diberikan pada setiap motif serta corak dari batik Bali tidak akan sama besar antara satu dengan yang lainnya.

  •  Jenis Kain Batik Bali

Motif dan juga corak kain batik bali menggunakan kain mori yang berbeda beda dengan menggunakn motif serta corak batik dari daerah-daerah yang lainnya, yakni bobot atau berat dari kain baik Bali tersebut akan berbeda dengan kain batik yang lainnya. ciri khas batik solo bisa anda pelajari lebih lanjut.

  •  Perpaduan Motif Tradisonal dan Modern Menjadi Satu

Perpaduan motif serta corak yang digunakan oleh batik Bali ini adalah perpaduan antara motif tradisional dan juga modern. Sebut saja seperti corak khas pulau Bali seperti Kura-kura, Naga, Burung bangau serta ada juga rusa didalamnya. 

Selain itu, motif tersebut juga akan dipadukan dengan  sentuhan motif modern, design yang modern, warna serta kain yang cenderung bersifat modern semua dituangkan dalam batik Bali tersebut. Selain itu, hal yang tidak kalah penting lainnya dari batik Bali tersebut adalah adanya aroma khas dari batik tersebut yakni aroma yang berasal dari bahan pewarna alami yang digunakan.

Nah sobat semua, bukan hanya tempat wisata atau destiansinya saja yang perlu anda kagumi dari Bali tersebut, namun juga dengan budaya dan salah satunya batik dari Bali tersebut. Semoga bermanfaat ulasan tersebut. Salam

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya