Sponsors Link

Inti Sari Reog Ponorogo Asal Jawa Timur dan Penjelasannya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat negara kita Indonesia yang tercinat ini sangat terkenal dengan keanekaragaman budaya dan juga kesenain yang menyatu didalamnya. Dan yang lebih membuat indah lagi, budaya dan seni tersebut berasal dari tiap tiap daerah atau pulau  yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

ads

Dan salah satu budaya yang ada dan tentunya sudah dikenal oleh dunia adala seperti reog ponorogo dari Jawa Timur. Kesenian dan budaya yang satu ini tergolong salah satu  budaya yang cukup dikenal di Indonesia sendiri maupun di kancah internasional. Nah sobat semua, untuk ulasan selanjutnya, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Pengertian Reog Ponorogo

Adapun Reog Ponorogo Asal Jawa Timur tersebut merupakan salah satu kesenian yang berasal dari daerah barat laut ponorogo sendiri sehingga sesuai dengan namanya. Disebut sebagai kesenian reog Ponorogo dikarenakan pada gerbang  masuk kota ke ponorogo tersebut terdapat dua sosok bagian dari seni  reog tersebut.

Adapun dua sosok tersebut adalah Warok dan Gemblak.  Kesenian yang satu ini sering kali dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat mistis, karena memang dari segi seninya masih berbau mistis dan juga ilmu kebatinan yang kuat. tari reog ponorogo juga bisa anda jadikan pembelajaran lebih lanjut.

Tokoh Yang Diperankan Dalam Reog Ponorogo

  • Jathil

Yakni tokoh yang menggambarkan dari prajurit berkuda yang merupakan salah satu tokoh dala seni Rego tersebut.

  • Warok Ponorogo

Warok Ponorogo atau “ warok” ( mewarah  ) yang artinya orang yang memberikan tuntunan dan perlindungan tanpa pamrih dan juag bertekad suci

  • Barongan ( Dadak Merak )

Barongan ( dadak merak ) merupakan peralatan tari dari kesenian reog ponorogo itu sendiri yang berbentuk kepala harimau. Kepala Harimau tersebut terbuat dari kerangka kayu, rotan, bambu yang ditutup dengan kulit harimau gembong.

  • Bujang Ganong ( Ganogan )

Bujang ganong atau Patih Pujangga Anom merupakan salah satu tokoh Patih Muda yang cekatan, berkemaun keras, cerdik, jenaka, sakti dan juga sangat energik, kocak dan sekalgus memiliki seni bela diri yang hebat dalam dirinya.

  • Klono Sewandano

Yakni seorang raja sakti Mandraguna sang raja yang tampan dan tentunya memiliki pusaka andalan berupa Cemeti Klono Sewandono yang disebut Raja Kelono, yang selalu dibawa kemanapun pergi. pakaian adat jawa timur bisa anda pelajari juga ya.

2. Inti Sari Reog Ponorogo Asal jaw Timur

Pada umumnya, seni reog ponorogo ini dipertunjukkan untuk berbagai acara. Sebut saja seperti acara perkawainan, selamatan dan juga tentunya untuk ritual yan berbau mistis. Pada tarian pembuka, maka seni reog ini akan dibawakan oleh 8 orang pemuda yang menggunakan baju serba hitam dengan muka yang dipoles serba hitam dan menggambarkan sosok singa yang pemberani.

Semantara itu untut tarian inti, dipertunjukkan sesuai dengan kebutuhan pertunjukan tersebut. Apakah untuk adegan percintaan, adegan pendekar, adegan khajatan dan yang lainnya tergantung dari tema acara tersebut.


Dan yang terakhir sobat adalah tarian penutup yang mana pemain dari reog tersebut menggunakan topeng berbentuk kepala singa yang beratnya bisa mencapai 50 hingga 60 kg. Namun meski demikian, topeng singa inilah yahng dipercaya bisa melihat hal yang gaib atau mistis.

Itulah inti sari reog ponorogo asal  Jawa Timur tersebut yang bisa penulis sajikan untuk anda sobat. Semoga ulasan tersebut bisa menambah informasi anda mengenai budaya Indonesia. Salam budaya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya