Sponsors Link

Inti Sari Jaranan Asal Jawa Timur dan Penjelasannya

Masih membahas mengenai budaya dan kesenian yang ada di negaa kita tercinta Indonesia ini ya sobat, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, negara kita tercinta ini sangat kaya akna budaya dan seni tersebut.

ads

Selain itu budaya dan seni tersebut sudah diakui oleh negara negara yang lainnya, sehingga hal tersebut tentunya adalah hal yang sangat membanggakan untuk kita. 

Adapun budaya dan kesenian tersebut merupakan warisan dari nenek moyang kita sejak dari terdahulu, untuk itulah merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk melestarikan  budaya tersebut agar tak lekang oleh waktu. Anda juga tentunya demikian ya sobat.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu dari budaya atau kesenian tersebut yakni mengenai jaranan asal Jawa Timur beserta inti sari  jaranan asal Jawa timur tersebut. Untuk ulasan selanjutnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1.Apa Itu Jaranan Asal Jawa Timur

Bagi sobat semua yang memang kebetulan berasal dari Jawa Timur tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “ jaranan  Jawa Timur “ tersbeut. Namun tak ada salahnya jika penulis akan mengulasnya untuk anda simak kembali. Adapun jaranan Jawa Timur tersebut merupakan salah satu seni tradisional yang cukup tersebar di Provinsi Jawa Timur. 

Terdapat sekitar 34 daerah di Jawa Timur yang memiliki seni jaranan yang mana berbeda beda satu dengan yang lainnya. Sebut saja dari segi nama, bentuk dan juga fungsi pertunjukan tersebut memiliki persamaan dan juga perbedaan tergantung dari daerah khas asli jaranan tersebut. Namun perbedaan dan persamaan tersebut akan selalu selaras dengan karasteristik budaya masyarakat dimana kesenian tersebut hidup dan berkembang.

Berikut ini adalah beberapa jenis  jaranan Jawa Timur tersebut, antara lain :

  • tari jaranan buto
  • Kuda Lumping
  • Jaranan Jur
  • Jaran Kepang
  • Jaran Dor
  • Jaranan Senterewe
  • Jathilan

Serta ada berbagai jenis jarana yang lainnya yang tentunya juga tak terlepas dari perbedaan atau persamaan dari masing masing jaranan tersebut.

2. Inti Sari Jaranan Asal Jawa Timur

Kesenian jaranan tersebut merupakan salah satu seni yang paling mengutamakan keseragaman gerak. Pada tarian ini, pola gerak serta komposisi pola lantai telah ditata sedemiakin rupa dengan pertimbangan yang sangat matang.

Dari keseragaman tersebut, maka hal ini diharapkan bisa terwujud dalam kehidupan bermasyarakat setiap harinya. Artinya dalam kehidupan bermasyarat diharapkan bisa saling membantu dan seia sekata agar tercapainya kehidupan masyarakat yang rukun dan damai. 

Itulah salah satu ini sari dari pertunjukan atau hiburan jaranan Jawa Timur tersebut.  Namun selain itu sobat, jaranan asal jawa Timur ini sering juga digunakan sebagai sarana ritual dan dilakuan dengan m ngelilingi desa sekitar.

Ritual tersebut didalmnya sudah pasti terdapat seni jaranan  yang biasanya digunakan untuk selamatan acara bersih desa  atau yamg sering disebut “ pageblug “  yang dimaknai segala marabahaya atau penggangu desa. Sehingga diharapkan setelah adanya ritual jaranan Jawa Timur tersebut maka seluruh desa akan terbebas dari segala marabahaya tersebut.


Itulah sobat salah satu budaya masyarakat yang berasal dari Jawa Timur tersebut yang tentunya merupakan salah satu budaya yang bisa kita banggakan. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaaf untuk anda yang sudah membacanya. Sampai jumpa, salam.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya