Sponsors Link

Pakaian Adat Jawa Timur dan Penjelasannya

Negara kita Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan perbedaan. Namun dengan adanya perbedaan tersebutlah yang menjadikan negara kita menjadi lebih kaya. Kenapa demikian? Karena perbedaan tersebut ternyata menjadi salah satu keunggulan karena perbedaan dari daerah yang  satu ke daerah yang lainnya tergolong menjadi salah satu kekayaan dari setiap daerah tersebut.

ads

Meski berbeda suku, agama, ras, warna kulit, bahasa baju adat dan yang lainnya, namun justru hal tersebut merupakan hal yang membuat satu dengan yang lainnya menjadi saling melengkapi. Nah sobat, adapun salah satu hal yang akan kita bahas dari beberapa contoh seni budaya nusantara yang kita miliki tersebut adalah mengenai pakaian adat Jawa Timur. Untuk mengetahui ulasan selengkapnya mengenai pakaian adat Jawa Timur dan penjelasannya tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Nah sobat, langsung saja kita simak ulasan mengenai pakaian adat Jawa Timur dan penjelasannya berikut ini.

1. Odheng Santapan

Yang pertama adalah Ondheng Santapan.  Adapun Ondheng Santapan ini bisa juga kita kategorikan sebagai perlengkapan dari pakaian adat Jawa Timur pada pria, karena sering digunakan pada kepala kaum pria. Material bahan yang digunakan adalah seperti bahan batik dengan motif yang sangat detail dan juga terkenal yakni seperti motif telaga biru atau yang sering disebut dengan strojoan. Bentuknya sendiri adalah segitiga dengan ukuran yag disesuaikan dengan ukuran masing-masing kepala yang menggunakannya.

2. Odheng Tapoghan

Yang kedua adalah Odheng Tapoghan.  Tidak jauh berbeda dari Ondheng Santapan sobat, Odheng Tapoghan ini juga merupakan salah satu unsur pakaia adat Jawa Timur yang digunakan di kepala khususnya mereka kaum pria. Salah satu bagian dari pakaian adat Jawa Timur ini terkenal memiliki ikon bunga atau yang biasa disebut dengan soga. Soga sendiri dikenal sebagai lidah api yang memiliki warna merah menyala sehingga akan  lebih cerah.

3. Sarong Bahan

Yang ketiga adalah sarong bahan. Mungkin sobat semua sering melihat ya soabt bahwasanya salah satu pakaian adat dari Jawa Timur yang sering kita lihat adalah seperti sarong bahan. Sesuai dengan namanya, tentunya pakaian adat yang satu ini materialnya terbuat dari bahan kain.

Kain yang digunakan tersebut merupakan kain sutra dan sarung pada bagian plekatnya menggunakan kain katun yang tak kalah bagusnya. Jenis kain yang dipilih untuk sarong bahan ini tentunya adalah jenis kain yang memiliki kualitas yang baik dan juga nyaman untuk digunakan.

4. Baju Pesaan Khas Madura

Yang keempat adalah baju pesaan khas Madura. Adapun baju pesaan ini sebetulnya merupakan baju keseharian yang biasanya digunakan oleh orang Madura di bagian wilayah pesisir utara jawa Timur. Namun meski demikain sobat, karena keunikan dan ciri khas yang dimiliki oleh baju pesaan tersbebut, maka baju ini menjadi salah satu ikon dari Jawa timur yang cukup terkenal.

5. Baju Cak Ning

Yang kelima adalah bajuk Cak Ning. Baju yang satu ini  berasal dari daerah Jawa Timur yaitu Surabaya yang digunakan sebagai pakaian adat pada saat pemilihan gadis dan pria untuk daerah tersebut.

Nah sobat semua, itulah pakaian adat Jawa Timur dan penjelsannya yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Salam hangat dari penulis dan salam budaya.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya