Sponsors Link

4 Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Tidak usah ditanyakan lagi ya sobat, bahwasanya negara kita  tercinta Indonesia ini terkenal akan budaya dan adat istiadatnya atau macam macam kesenian daerah di Indonesia. Hal ini jelas saja , karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, Indonesia memiliki beribu pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke

ads

yang tentunya setiap pulau tersebut memiliki budaya yang berbeda beda satu dengan yang lainnya. Dan yang lebih uniknya sobat, perbedaan tersebut bukanlah menjadi atau pemisah diantara kita sebagai rakyat Indoensia, namun kebalikannya,  perbedaan tersebut justru sebagia alat untuk memperkaya budaya di negara kita.

Nah sobat, salah satu budaya yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah mengenai budaya yang berasal dari Kalimantan Tengah yang memiliki alat musik tradisional KalimanTengah. Pada umumnya, masyararakat Kalimantan Tengah adalah asli suku Dayak yang memiliki beberapa sub etnis yang salah satunya adalah seeprti suku Dayak Ngaju

yang merupakan suku terbesar di Kalimantan Tengah tersebut. Nah untuk mengetahui lebh jelasnya mengenai Pakaian Adat Kalimantan Tengah dan penjelasannya tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasam berikut ini.Adapun beberapa pakaian adat Kalimantan Tengah antara lain adalah sebagia berikut :

  • Baju Pawang

Baju pawing merupakan salah satu pakaian adat yang berasal dari Kalimantan Tengah yang sering digunakan dalam jenis jenis tarian Kalimantan Tengah. Baju Pawang ini sendiri terbuat dari serat kayu atau serat tumbuhan khsusus yang dipercaya oleh masyarakat Kalimantan Tengah tersebut memiliki ilmu magis.

Bjau pawing ini dihiasi dengan manik-manik dna juga rumbai benang yang indah. Pada umumnya Baju Pawang ini sendiri dipakai oleh para ulama yang ketika memanjatkan doa untuk mendatangkan hujan, meminta perlindungan jika ada roh jahat dan juga menyembuhkan orang sakit.

  • Baju Berantai

Baju berantai ini juga merupakan salah satu baju yang berasal dari suku Dayak. Baju berantai ini sendiri terbuat dari besi-besi, namun meski demikain baju yang satu  ini sudah banyak tercampur dengan pengaruh budaya luar, karena menhingat baju perang

yang terbuat dari besi biasanya adalah baju perang pada zaman dahulu. Namun sekarang seiring perkembangan zaman baju ini  sudah di modifikasi namun tak menghilangkan identitas aslinya. Baju Pawang ini berfungsi untuk berperang pada zaman dahulu, untuk  itulah baju ini sangat tinggi nilai historinya.

  • Baju Sangkrut

Baju sangkrut juge merupakan salah satu baju yang digunakan untuk berperang oleh suku Dayak pada zaman dahulu. Baju sengkarat ini sendiri terbuat dari serat daun nenas, serat daun lemba, dan njuag serat nyamu. Selain itu sobat, baju sangkrut ini juga dihiasi sulau atau kulit kerang,

yang pada akhirnya banyka orang yang menyebutnya baju sangkrut atau baju sulau.  Karena baju ini merupakan baju perang pada zaman dahulu oleh suku Dayak, makaa baju ini tergolong baju yang cukup melegenda. Namun sekarang baju sangkrut ini sudah digunaan sebagai baju adat pernikahan oleh masyarakat Kalimantan Tengah tersebut.

Sponsors Link

  • Baju Tenunan

Baju tenun yang satu ini, menunjukkan bahwasanya di daerah Kalimantan Tengah juga terdapat kerajian tenun ynag berbeda dari tenunan yang lainnya. Baju tenun ini digunakan sebagai baju adat atau baju sehari-hari oleh masyarat Kalimantan Tengah tersebut.

Itulah sobat ulasan selengkanya mengenai pakaian adat Kalimantan Tengah dan penjelasanya yang bisa penulis share buat anda pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai budaya negara kita. Sampai jumpa, salam cinta budaya.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya
Search

Artikel Terbaru

Recent