Sponsors Link

Makna Seni di Balik Kain Songket

Jika kita berbicara mengenai  kebudayaan, sudah pasti kita juga akan berbicara mengenai kebudayaan. Kebudayaan yang ada di negara kita tercinta Indonesia ini juga tentunya ada banyak alias beragam seperti contoh budaya daerah Indonesia yang seperti kita ketahui tersebar dari Sabang hingga Merauke.

ads

Seperti tersebarnya pulau dari Sabang hingga Merauke tersebut, maka begitu pula budaya kita banyaknya. Meski berbeda-beda misalnya perbedaan ciri batik antar daerah Jawa Tengah, namun budaya tersebut tentunya menjadi kekayaan yang tak ternilai harganya bagi kebudayaan kita. Dan sobat, apabila kita berbicara mengenai budaya tersebut pasti kita juga akan berbicara mengenai pakaian adat

dari suatu daerah tersebut. Nah sobat, salah satu pakaian adat yang berasal dari berbagai daerah di negara kita Indonesia ini adalah seperti kain songket yang memiliki makna ketenangan jiwa dapat diraih dengan karya seni. Kain songket ini sendiri cukup banyak memiliki makna seni tersendiri. Untuk ulasan selengkapnya mengenai Makna Seni di Balik Kain Songket tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Sejarah Kain Songket

Sejak zaman prasejarah, nenek moyang kita sudah mengenal teknik menenun tersebut. Dan salah satu  kain yang ditenun atau hasil karya dari tenunan tersebut adalah seperti kain songket. Sobat semua tentunya mengenal kain songket ini ya sobat

yang seyogianya banyak digunakan sebagai pakaian adat atau pada saat ada acara  budaya yang lainnya. Kian songket ini juga merupakan sebagai warisan budaya. Pada umumnya, masyarakat yang seing menggunakan songket sebagai pakaian adatanya adalah seperti masyarakat dari Sumatera.

Untuk itulah sobat, hingga kini kain songket tersebut masih diletarikan. Namun meski demikian, kain songket ini sendiri sempat mengalami pasang surut oleh karena pembuatan dan bahan pembuatan dari kain songket itu sendiri bukanlah hal yang mudah. Butuh perjuangan untuk membuat sebuah kain songket tersebut.

2. Macam Kain Songket

Kain songket sendiri ada banyak jenis atau motifnya. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Songket Lepus

Songjet lepus ini aritnya adalah songket yang berperan untuk menutupi. Songket ini sendiri memiliki benang emas yang hampir menutupi seluruh bagian kain dari kain songket tersebut.

  • Songket Tawur

Songket tawur ini sendiri memiliki arti yang kurang lebih seperti bertaburan atau menyebar. Songket tawur ini sendiri memiliki motif yang tidak menutupi seluruh permukaan kain, tetapi memiliki motif yang berkelompok dan menyebar.

  • Songket Tretes

Pada kain songket tretes ini umumnya tidak dijumpai motif atau pola pada bagian tengah kain tersebut. Motifnya hanya terdapat pada keuda ujung  pangkalan dan juga pada pinggir-pinggir kain sonkter tretes tersebut.

3. Makna Seni Dibalik Kain Songket

Kain songket itu sendiri memiliki berbagai makna seni yang terkandung di dalamnya. Dalam kain songket itu sendiri terdapat berbagai jenis motif yang mana motif tersebut juga memiliki artinay tersendiri. Selain tu sobat, setiap warna dalam kain songket tersebut juga memiliki makna tersendiri yang menunjukkan status dan juga keadaan sosial si pemakianya.

Sponsors Link

Adapun kuning sebagai lambang emas yang berarti emwarnai kebesaran dan keangungan yang bukan hanya sebagai status kekayaan dan juga keagungan, namun juga hal ini menunjukkan status sosial.  Warna merah sebagai warna terang yang menunjukkan seseorang yang hendak menikah.

Negara kita memang memiliki beragam karya seni yang tersimpan dalam setiap budaya kita. Semoga setelah membaca ulasan tersebut diatas penulis semkain cinta akan budaya kita ya  sobat. Salam cinta budaya selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya
Search

Artikel Terbaru

Recent