Sponsors Link

Pakaian Adat Jawa Tengah dan Penjelasannya

Sobat semua tentunya sudah mengetahui ya sobat bahwasanya negara kita tercinta Indonesia ini memiliki beribu pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dengan keadaan seperti ini sobat tentunya kita juga memiliki berbagai budaya yang berbeda dari setiap pulau tersebut.

ads

Sebut saja salah satunya seperti contoh seni budaya nusantara dari Jawa Tengah, tentunya ada begitu banyak budaya yang berasal dari Jawa Tengah tersebut dan salah satu contohnya adalah seperti pakaian adat Jawa Tengah. Setiap daerah tentunya memiliki pakaian adat yang berbeda dari satu daerah ke daerah yang lainnya, namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pakaian adat Jawa Tengah dan penjelasannya. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda sobat.

Berikut ini adalah beberapa pakaian adat Jawa Tengah dan penjelasannya untuk anda, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Blangkon

Blangkon merupakan salah satu pakaianan adat yang tidak boleh dilewatkan dalam pakaian adat jawa. Pada umumnya blankon ini digunakan oleh mereka kaum pria yang digunakan sebagai penutup kepala. Meski daerah Yogyakarta juga menggunaan blankon ini, namun ada perbedaan antara blankon Jawa Tengah dan juga Yogkakarta.

Adapun  perbedaanya terletak pada terletak pada Mandolannya. Dimana pada blankon jawa Tengah berbentuk pipih atau kempes, sedangkan balnkon untuk daerah Yogyakarta cenderung mempunyai mandolin yang menonjol dan agark besar namun fungsinya tetap sama.

2. Beskap

Dalam pakaian adat Jawa Tengah  Beskap juga merupakan salah satu pakaian adat yang sangat penting. Beskap ini merupakan pakaian yang di design seperti jas orang zaman dahulu. Beskap ini sendiri tergolong baju atau jas yang unik dan klasik, sehingga menambah kentalnya unsur budaya yang terdapat pada daerah tersebut. Keunikan beskap ini terletak pada kancing jas tersebut yang terletak disamping dan bukan di tengah seperti kancing baju atau jas pada umumnya.

3. Keris

Meski bukan tergolong sebagai pakaian, namun keris ini juga termasuk kedalam salah satu unsur pakaian adat dari Jawa Tengah. Meski beberapa daerah di Indonesia memiliki keris, namun tentu saja ada perbedaan dari setiap daerahnya. Untuk daerah Jawa Tengah sendiri, keris tersebut bernama Ladrang yang mempunyai bilah atau saung keris yang lebih ramping dan tidak terllau banyak hiasan sehingga terlihat lebih sederhana.

4. Jarik

Adapun pakaian adat Jarik ini lebih cederung digunakan untuk menggambarkan status sosial. Jarik ini biasa digunakan oleh sesepuh orang jawa untuk kesehariannya. Adapun makna yang terkandung dalam jarik tersebut adalah sebagai gambaran tingkat hidup. Namun seiring bergulirya waktu, pemakaia jarik untuk saat ini lebih ke gaya hidup dan selera busana saja yang memang model dan bentuknya pun sudah di design semoderen mungkin.

5. Jawi Tangkep

Jika kebaya dipakai khusus oleh wanita, maka Jawi tangkep ini dipakai oleh kaum pria. Pakaian tradisional ini juga tergolong sebagia pakaian adat yang merupakan seperangkat pakaian Jawa pria yang terdiri dari baju Beskap dengan motif kembang-kembang , destar atau balnkon yang mereka gunakan pada bagian kepala.

Memang indah ya sobat budaya yang ada di negara kita tercinta Indonesia ini. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita sebagai bangsa Indonesia melestarikan budaya tersebut agar tidak lekang oleh waktu. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi sobat semua yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa, salam hangat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya