Sponsors Link

Contoh Seni Budaya Nusantara dan Mancanegara

Seni dan budaya itu merupakan dua kata yang saling berkaitan, dan tidak terpisahkan. Karena dalam setiap seni dipastikan mempunyai kebudayaan yang khas. Sebaliknya pun tidak jauh berbeda, bahwa pada setiap kebudayaan dipastikan mempunyai nilai seni yang indah dan tidak ternilai harganya. Seni budaya adalah segala sesuatu yang telah diciptakan oleh manusia tentang bagaimana cara hidup berkembang secara bersama di suatu kelompok yang memiliki unsur estetika secara turun temurun.

ads

Secara umum Seni dapat diartikan sebagai segala sesuatu buatan manusia yang mempunyai unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang. Pengertian tersebut merupakan kumpulan dari beberapa pengertian seni menurut para Ahli seperti Aristoteles, Ki Hajar Dewantara, Hillary Bel, Sudarmiji. (Baca juga: Pengertian Seni Menurut Para Ahli). Lalu bagaimana dengan pengertian budaya ? Budaya diartikan sebagai cara hidup yang dapat berkembang secara dinamis pada sebuah kelompok orang dengan cara turun-temurun.

Seni budaya dapat kita artikan sebagai suatu keahlian dari sebuah ide-ide serta pemikiran indah, dalam mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan sebuah suasana, benda atau karya yang dapat memunculkan rasa indah sehingga menciptakan memunculkan hal yang baru dan memajukan. Selain itu pengertian lain dari M. Toyibhi menyatakan bahwa seni merupakan perwujudan rasa seni yang telah membudaya, dan termasuk dalam aspek kebudayaan. Selain itu sudah bisa dirasakan oleh orang banyak dalam kurun waktu perjalanan sejarah peradaban manusia.

Namun juga ada beberapa seni budaya asing dan jarang dimunculkan sebagai salah satu warisan dan kekayaan bangsa. Budaya sebenarnya terbentuk dari berbagai unsur yang rumit dan cukup sulit diuraikan. Unsur-unsur kebudayaan tersebut diantaranya ada agama, politik, adat istiadat, bahasa, ataupun cabang-cabang seni lain.

Contoh Seni Budaya Nusantara

1. Budaya Potong Jari

Budaya yang dimiliki oleh Yakuza di daerah Papua yang dilakukan ketika mereka kehilangan anggota keluarganya, dan Yakuza yang akan memotong jari ketika gagal dalam melaksanakan misi. Memang tradisi ini extreme, tetapi  mempunyai makna yang luar biasa, dan menjadikan orang untuk berhasil dalam melaksanakan sebuah misi. Jika keluarga dari salah satu masyarakat, maka hilang juga hari dari keluarga tersebut.

2. Seni Budaya Sundu

NTT merupakan sebuah propinsi yang memiliki banyak kesenian dan tradisi khas layak di muncul dalam publik. Salah satunya adalah senjata tradisional yang disebut Sedu. Bentuk yang menyerupai keris dan berbentuk lurus sedangkan pegangannya menyerupai bentuk sayap burung. Penduduk setempat menyebutnya sebagai senjata yang keramat. (Baca juga : kebudayaan Nusa tenggara Timur )

Sponsors Link

3. Seni Budaya Rumah Betang

Rumah adat dapat dijadikan salah satu bentuk seni budaya terutama yang berada di provinsi kalimantan. Disana banyak terdapat rumah adat yang disebut sebagai rumah Betang yang dihuni oleh Suku Dayak. Uniknya bentuk dari rumah ini mempunyai desain yang memanjang dan bagian hulunya searah dengan matahari terbit,  sedangkan bagian bekalang atau ekornya menghadap matahari tenggelam.

ads

4. Seni Budaya Balia Tampilangi

Pembukaan ladang baru dikemas dalam sebuah upacara yang menjadi budaya dari Sulawesi Tengah. Tradisi khas tersebut dilakukan agar tani masyarakat kabupaten Buol atau Toli-toli berhasil dan tanahnya subur. Komunikasi dengan penguasa yang mereka percaya merupakan inti dari kegiatan upacara tersebut, Banyak sekali tahapan atau tata cara pelaksanannya diantaranya :

  • Motengge Ntalu atau memecahkan telur
  • Mogane Ridayo atau membaca mantra-mantra dikuburkan yang dianggap keramat.
  • Setelah itu dilanjutkan dengan Nantalu atau penebangan hutan
  • Nolili Bane atau upacara mengelilingi benih padi
  • Nobalia merupakan upacara lain setelah mengelilingi benih padi di mana orang-orang kesurupan mahluk halus.
  • Notuda atau menanam benih padi
  • No unja Bosu dilakukan ketika padi telah berisi. Para petugas berkumpul untuk kemudian melakukan upacara kembali.
  • Nomparaya atau upacara penyembelihan sesajen. Ayam yang disebelih diambil drahnya kemudian dibubuhkan pada padi yang tumbuh dari benih yang pertama di tanam.
  • Mondindi atau upacara puji-pujian
  • No Kato upacara yang dilakukan ketika memetik padi
  • Nopinji
  • Nanjolon atau pesta selametan panen
  • No Wunja pesta selametan selesai panen

5. Seni Budaya Festival Bandeng

Kesenian yang khas ini merupakan budaya di Jawa Timur yang diterapkan dalam bentuk festival Bandeng. Hal tersebut kerap diselenggarakan setiap tahunnya dengan mengusung pendidikan karakter merupakan salah satu cara untuk mengenalka kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut juga digadang menjadi salah satu ikon kota Sidoarjo. Adanya bermacam wahana bermain dan edukasi untuk anak-anak dan orang dewasa merupakan hal yang menarik. Selain itu hal lain yang merupkan salah satu yang paling unik adalah Griya edukasi bandeng. Festival ini membuat semua orang yang datang dapat mendapatkan manfaat belajar seni sekaligus menedukasi karakter.

6. Seni Budaya Pakaian Adat Keraton Yogyakarta

Langeran merupakan seperangkat pakaian batik namun bukan yang berbahan laken hitam dan kemeha putih model kerah berdiri. Kerisnya merupakan keris model ladrangan dan dipakai di pinggang sebelah kanan. Dilengkapi dengan dasi kupu-kupu dan sepatu selop warna hitam. Apresiasi kebudayaan lain meski sejarah wayang kulit sangat menarik perhatian.

Termasuk kedalam salah satu jajaran kebudayaan suku jawa yang khas dalam Keraton Yogyakarta. Mereka memiliki pakaian khas masing-masing dan memiliki makna serta fungsi yang berbeda. Seluruh pegawai atau karyawan keraton memiliki pakaian atau seragam yang terdiri dari dua macam, yakni Sikep Alit dan Langenarjan. Sikep Alit merupakan kain batik sawitan dan baju hitam yang terbuat dari bahan laken. Kancingnya terbuat dari kuningan yang dibubuhi emas dan terdiri dari 7 – 9 buah.

Sponsors Link

7. Seni Budaya Sintren

Jawa Barat merupakan propinsi yang mempunya seni budaya dalam bentuk tari sintren, tepatnya di Cirebon. Jenis seni tari ini memiliki unsur magis selain memiiki unsur-unsur seni tari. Pertunjukan tari ini biasanya menampilkan beberapa penari. Salah satu penari akan diikat lehernya sampai dengan kaki setelah itu dimasukkan ke dalam sebuah kurungan yang ditutup dengan kain. Kekuatan magis yang disebut-sebut mampu membuat penari tersebut lepas dari ikatan. Sedikit mirip atraksi sulap namun tidak lepas dari unsur-unsur seni tari pada umumnya.

Ketujuh hal tersebut merupakan contoh seni budaya sekaligus diawali dengan pengertian seni dan budaya menurut beberapa ahli. Selain itu dalam setiap seni budaya memang mempunyai ciri masing-masing yang khas. Dalam ketujuh contoh tersebut merupakan seni budaya yang terkenal di Indonesia.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya